in ,

Wisata Religi ke Museum Islam Indonesia K.H Hasyim Ashari, Liburan Sekaligus Tambah Wawasan Perkembangan Islam di Negeri Ini

Berkunjung ke Museum Islam Indonesia K.H Hasyim Ashari, Liburan Sekaligus Tambah Wawasan

Destinasi berwisata religi di Indonesia, semakin beragam dengan diresmikannya Museum Islam Indonesia K.H Hasyim Ashari beberapa waktu lalu oleh Presiden Joko Widodo. Teman Traveler yang ingin liburan sekaligus menambah wawasan tentang Islam, terutama mengenai perkembangannya di Indonesia, bisa berkunjung. Namun sebelum merencanakan untuk berangkat, ada baiknya untuk menyimak artikel berikut ini!

Baca juga : 7 Wisata Kuliner Es Krim Legendaris di Indonesia

1. Diresmikan Presiden RI pada 18 Desember 2018

Diresmikan Presiden Republik Indonesia Beberapa Waktu Lalu via Instagram/ nucreativemedia

Museum Islam Indonesia K.H Hasyim Ashari yang sudah digagas sejak 2010, akhirnya diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 18 Desember 2018 lalu. Dilansir dari Kompas, prosesi peresmian museum ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pemotongan pita di bagian pintu masuk. Pemotongan pita dimaksudkan sebagai simbol bahwa museum ini mulai dibuka untuk masyarakat umum. Nah, Teman Traveler yang ingin berwisata religi, sudah bisa mengunjunginya.

2. Berada di Kawasan Pesantren Tebuireng

Museum Berada di Kawasan Pesantren Tebuireng via Instagram/ nur_isna_faisa

Teman Traveler pernah mendengar nama Pesantren Tebuireng sebelumnya? Kalau begitu, mengunjungi museum ini tidak akan sulit. Sebab, ia masih berada satu kawasan dengan Pesantren Tebuireng Jombang. Berdiri di lahan seluas 4,9 hektar, bangunan berbentuk piramida ini berada di area parkir makam Alm. Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Keduanya sama-sama berada di kawasan Pesantren Tebuireng.

3. Berisi Informasi Perkembangan Islam di Indonesia

Berisi Informasi Perkembangan Islam di Indonesia via Instagram/ diniputriaprl

Begitu sampai ke museum yang disingkat MINHA ini, Teman Traveler akan melihat sebuah monumen berhiaskan 99 Asmaul Husna dengan lafadz Allah di bagian atasnya. Sebuah bangunan berbentuk segitiga terlihat kokoh di bagian belakang. Museum Islam Indonesia K.H Hasyim Ashari terdiri dari beberapa lantai. Pada lantai-lantai tersebut terdapat informasi mengenai cerita panjang masuknya Islam ke Indonesia.

Lukisan Para Pahlawan Nasional dan Ulama di MINHA via Instagram/ albaniasofyaan_

Di sini terdapat juga artefak-artefak dari Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan Indonesia bagian timur. Bukan hanya itu, lukisan para pahlawan nasional dan ulama berukuran raksasa, terutama yang memiliki hubungan dengan NU dan Muhammadiyah, juga menghiasi salah satu dinding museum.

4. Lokasi MINHA

Monumen 99 Asmaul Husna di Kawasan Museum via Instagram/ achmad_fananie

Meski masih akan terus dikembangkan dan direnovasi, Museum Islam Indonesia K.H Hasyim Ashari ini sudah bisa dikunjungi. Ia buka setiap hari kecuali Jum’at dari pukul 08:00-16:00 WIB. Lokasi museum ini ada di dalam kawasan Pesantren Tebuireng di Kwaron, Cukir, Diwek, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Berkunjung ke Museum Islam Indonesia K.H Hasyim Ashari dapat menambah pengetahuan Teman Traveler tentang perkembangan agama Islam di Indonesia sejak zaman dahulu kala. Tertarik dan penasaran dengan museum berpenampilan modern ini? Yuk agendakan untuk berkunjung! Next

ramadan
Wisata Alam Paniai

Wisata Alam di Paniai, Keindahan Papua yang Sulit Dilupakan

via Instagram/manualjakarta

Soto Betawi H. Ma’ruf di Jakarta, Manjakan Selera Pecinta Kuliner Sejak 1940