in , ,

Museum Karmawibhangga, Tempat Sempurna untuk Belajar Jadi Arkeolog Artefak Jawa

Wisata dan Belajar Artefak di Museum Karmawibhangga, Borobudur

Museum Karmawibhangga
Museum Karmawibhangga (c)Jeffri Ardianto/Travelingyuk

Ada rencana untuk liburan ke Candi Borobudur? Tak jauh dari destinasi wisata bersejarah di Magelang ini, Teman traveler dapat sekalian berkunjung ke Museum Karmawibhangga. Letaknya sekitar 450 meter atau 6 menit perjalanan dengan jalan kaki. Apa istimewanya tempat ini? Berikut penuturan dari Kontributor Travelingyuk, Jeffri Ardiyanto.

Baca juga : Indahnya Bukit Pamoyanan, Negeri di Atas Awannya Tanah Pasundan

Serasa jadi Arkeolog Dadakan

Pendopo Museum Karmawibhangga
Pendopo Museum Karmawibhangga(c) Jeffri Ardianto/Travelingyuk

Museum ini dibangun menggunakan gaya arsitektur tradisional Jawa. Teman Traveler juga akan menemukan berbagai macam artefak temuan para arkeolog yang bersumber dari sekitar Candi Borobudur. Bahkan juga beberapa artefak yang ditemukan di Jawa Tengah. Saat memasukinya, kamu bakalan serasa berada di masa kejayaan Nusantara. Tak perlu takut soal biaya masuk, karena tiket sudah satu paket dengan wisata Candi Borobudur.

Blok Batu Borobudur yang Menawan

blok batu
Blok batu(c) Jeffri Ardianto/Travelingyuk

Ribuan bebatuan yang berasal dari candi disimpan di komplek terbuka museum. Batu-batuan ini adalah bagian batu yang terlepas dari struktur bangunan Candi. Salah satu bagian penting yang disimpan disini adalah chattra, payung susun tiga dari batu yang menjadi kemuncak atau mastaka stupa utama Borobudur. Museum Borobudur ini menarik bukan?

kolam ikan
Kolam ikan(c) Jeffri Ardianto/Travelingyuk

Di sudut lain juga terdapat taman cantik yang dilengkapi dengan kolam ikan. Nah, kolam ini disebut sekar kedaton yang artinya Putri Raja. Saat di sini, jangan lupa mengabadikan momen dengan berswafoto.

Pendopo Museum dengan Alat Musiknya

gamelan
Gamelan(c) Jeffri Ardianto/Travelingyuk

Museum Karmawibhangga memiliki banyak hal menarik yang bisa dijelajahi. Termasuk pendopo yang dilengkapi dengan satu perangkat gamelan Jawa. Ada Saron, Bonang, Gong, dan lain sebagainya.

Candi Borobudur
Candi Borobudur(c) Jeffri Ardianto/Travelingyuk

Relief Karmawibhangga di Dalam Museum

relief
Relief(c) Jeffri Ardianto/Travelingyuk

Di museum ini, Teman Traveler juga bisa melihat relief berupa ukiran berbentuk 3 dimensi di atas batu. Relief di museum ini menggambarkan kisah Mahakarmawibhangga atau singkatnya Karmawibhangga yang melambangkan manusia yang masih terikat hawa nafsu dan tunduk pada hukum karma.

Purbakala
Purbakala (c) Jeffri Ardianto/Travelingyuk

Museum Karmawibhangga juga memiliki tempat yang menawarkan berbagai artefak purbakala. Tersimpan rapi di dalamnya, Teman Traveler bisa sekalian belajar mengenai sejarah dengan membaca detail setiap artefak. Tentunya bakal membuat pengetahuan bertambah.

Makin tertarik untuk mengunjungi Museum Karmawibhangga? Tidak hanya mengenai keindahan Candi Bobobudur, Teman Traveler juga bisa menjelajahi tempat anti-mainstream yang sering terlewatkan ini. Jadi, kapan nih liburan ke Magelang. Next

ramadan

Written by Jeffri Ardiyanto

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

Hotel Murah dekat Stasiun Bogor

Pilihan Tempat Menginap Dekat Stasiun Bogor 200 Ribuan, Nggak Khawatir Ketinggalan Kereta!

Pilihan Wisata Air di Biak, Cocok untuk Destinasi Akhir Pekan Bareng Sahabat