in ,

4 Museum Mainan di Indonesia, Ada yang Koleksi Happy Meal dari Zaman Baheula

Ada yang koleksinya bisa dibeli nih

museum mainan

Indonesia memang terkenal dengan banyaknya museum yang tersebar di mana-mana. Bahkan, benda yang tak terfikirkan saja ada museumnya. Salah satunya mainan yang ternyata juga ada museumnya di beberapa tempat. Penasaran di mana saja lokasi dari museum mainan? Berikut daftarnya. 

Baca juga : Air Terjun Putuk Truno, Wisata Alam di Pasuruan dengan Cerita Legendanya

1. Museum McD 

museum mainan
Museum McD via twitter/Piignite

Akhir-akhir ini sedang viral di media sosial tentang Museum McD yang berada di Mall Kelapa Gading. Isinya bukan sejarah tentang resto cepat saji, melainkan mainan atau happy meal yang biasa didapatkan pada paket makanan anak-anak.

Menariknya, museum ini menghadirkan mainan yang sudah beredar sejak tahun 1980, sehingga bisa dibayangkan betapa banyak koleksinya. Sayangnya, museum ini hanya hadir sampai tanggal 17 November 2019 karena untuk memperingati hari ulang tahun happy meal yang ke-40. 

2. Museum of Toys 

museum mainan
Pameran Museum of Toys via instagram/museumoftoys

Selanjutnya ada Museum of Toys yang sudah populer di kalangan kolektor mainan dunia. Di sini ada sekitar 5000 koleksi mainan yang dapat Teman Traveler lihat. Seperti funko pop, action figure dan patung yang kebanyakan limited edition. Salah satunya yang paling menarik adalah patung Ir. Soekarno berwarna emas yang dibuat sendiri oleh pemilik dari museum. 

Kalau kalian tertarik, bisa datang ke Rukan CBD, Blok L No.1, Gondrong, Cipondoh, Tangerang. Buka setiap Hari Senin – Kamis mulai pukul 09.00 – 18.00 WIB dan Jumat – Sabtu mulai pukul 09.00 – 20.00 WIB.  Untuk bisa melihat berbagai koleksi mainan di museum ini, pengunjung harus membayar tiket Rp50.000. 

3. Zero Toys  

Zero Toys via twitter/asianbeat_id

Tidak hanya Museum of Toys, Zero Toys juga sangat terkenal di mata kolektor mainan. Berlokasi di Jalan Sunda No. 39A, Bandung, museum ini menyediakan berbagai macam mainan. Khususnya action figure dan gundam yang sudah ada dari tahun 1980-1989.

Bahkan, ada juga mainan asal Amerika dan Jepang. Uniknya lagi, museum ini juga menjual mainan tertentu agar bisa dibeli para pengunjung. Jadi, bagi para pecinta mainan yang berkunjung ke sini, harus siap-siap bawa uang lebih, ya. 

4. Museum Anak Kolong Tangga 

Koleksi Museum Anak Kolong Tangga via twitter/LPDBKUMKM

Terakhir, ada Museum Anak Kolong Tangga yang tak kalah menarik. Dinamakan seperti itu, karena museum ini berada di bawah kolong tangga Concert Hall Taman Budaya Yogyakarta. Untuk koleksinya ada lebih dari 10.000 koleksi yang terdiri dari mainan, buku cerita, poster, gambar, dan masih banyak lagi. Kerennya lagi, koleksi tersebut tidak hanya berasal dari Indonesia namun juga benua lain.

Sayangnya museum ini sekarang tidak memiliki tempat yang tetap. Sehingga hanya ada sekretariatnya yang berlokasi di Jl. Tirtodipuran 26, Yogyakarta. Namun, pihak museum kini sedang mengusahakan bangunan tetap agar tempat ini tetap bertahan. 

Itulah museum mainan yang berada di Indonesia. Semuanya memiliki koleksi unik yang pasti membuat para pecinta mainan betah berada di sana. Jadi, kalian mau berkunjung ke museum yang mana nih?  Next

ramadan

Mencicipi Nasi Jamblang Ibu Nur di Cirebon, Sampai Rela Antre!

Candi Jago, Situs Bersejarah dengan Beragam Keunikan di Setiap Sudutnya