in , , ,

Museum Rudana, Tempat Terbaik Bagi Pecinta Koleksi Seni Lukis dan Seni Patung di Ubud

Bali memang salah satu tempat terbaik bagi para pecinta traveling. Mereka tidaklah pernah bosan bila mengisi liburan di pulau seribu pura ini. Berbagai macam wisata di Bali sangat layak untuk kamu jadikan tempat refreshing sekaligus dapat mengulik kisah pulau ini dalam sisi sejarah, sisi agama, bahkan kulinernya.

Baca juga : 5 Alasan yang Membuat Aceh Layak untuk Dikunjungi

interior museum rudana yang menampilkan berbagai macam koleksi dari tangan seniman. Foto via brisik.id

Sejarah dan budaya Bali memang sangat kental dan tak bisa dipisahkan begitu saja. Bila berkunjung ke Bali, cobalah untuk berkunjung ke sebuah museum yang berisi dengan berbagai seni lukis dan pahatan patung khas Bali. Gianyar sendiri merupakan salah satu kota di Bali menjadi pusat seni ukiran yang sangat terkenal, hingga terbangunnya satu museum dengan nama Museum Rudana. Museum ini tak berbeda jauh dari museum-museum lainnya namun disini menyimpan berbagai kesenian dan hasil tangan dari para seniman khususnya pada bidang seni lukis dan seni patung.

pintu masuk ke ruanagn utama museum rudana. Foto via goodnewsfromindonesia.com

Museum yang didirikan oleh seorang kolektor lukisan asal Bali yaitu Nyoman Rudana ini memiliki luas bangunan 500 meter persegi diatas lahan seluas 2.500 meter persegi. Berbagai macam hasil karya seniman terbaik berasal dari Bali juga luar Bali akan selalu mengisi museum ini. Terlebih ketika memasuki lantai satu museum kamu akan menemukan koleksi lukisan modern Indonesia dari seniman ternama yaitu Affandi, Basuki Abdullah, Nyoman Gunarsa, Made Wianta dan Soepono lalu naik ke lantai 2 isinya tak jauh berbeda karena masih merupakan area lukisan modern Indonesia. Dan dilantai dua kamu akan menemukan lukisan Bali klasik.

Plakat museum Rudana yang ditandatangani oleh presiden suharto. Foto via wikipedia.com

Pada dasarnya, Museum & Galeri Seni Rudana Di museum ini kamu akan melihat lukisan dan patung dari tangan berbagai seniman baik yang berasal asli dari Bali, seniman dari luar Bali bahkan seniman asing yang pernah hidup di Bali. Ketika tiba di museum ini kamu akan disambut dengan beberapa bongkahan batu yang sudah di tandatangani oleh para petinggi negara dan juga para pejabat dari luar negeri sebagai bukti bahwa mereka sudah pernah mengunjungi museum ini.

Diluar museum kamu akan disuguhkan dengan rindangnya pepohonan membuat suasana semakin sejuk. Sisi lainkamu bisa menikmati kolam teratai yang menambah elok halaman luar museum. Bila kamu masih memiliki banyak waktu luang sempatkan juga untuk mengunjungi Galeri Seni Rudana yang masih berada pada lahan museum ini untuk melihat lukisan dari seniman asing yang sempat tinggal di Bali seperti Arie Smith dan Rudolf Bonnet.

museum rudana bali dengan tampilan interior yang klasik. Foto via baliberkarya.com

Museum ini berada tepat di pinggir Jalan Cok Rai Pudak, Peliatan, Ubud, Kabupaten Gianyar tak jauh dari wisata Goa Gajah dan juga Hutan Monyet Ubud yaitu hanya sekitar 2,5 km atau setara dengan 5 menit berkendara dari Goa Gajah ke arah barat dan sekitar 5 km atau setara dengan 10 menit berkendara dari Hutan Monyet Ubud. Nah, untuk kamu yang penasaran, jangan sampai tidak mampir ke museum ini ya. Next

ramadan

Lezatnya Sajian Babi Guling Slingsing Bali, Nikmatnya Bikin Nagih!

Berburu Barang Antik di Pasar Triwindu Surakarta, Tempat Belanja Barang Kuno nan Instagenic