in ,

Museum Santet di Surabaya, Wisata Berbau Mistis yang Menyengat

Museum Santet di Surabaya

Ada jimat penangkal santet, Via Instagram museum_kesehatan

Meskipun dijuluki sebagai Kota Pahlawan, Surabaya memiliki banyak daya pikat selain wisata sejarah. Kisah perjuangan arek-arek Suroboyo untuk merebut kemerdekaan Indonesia memang bikin bangga, namun ada sebuah museum yang sangat nyeleneh. Bukan museum perjuangan, namun malah museum yang berhubungan dengan ilmu hitam, yakni Museum Santet.

Baca juga : Hangatkan Diri dengan Santap Bakso Kekinian di Malang, Unik dan Menggugah Selera

Mendengar nama Museum Santet saja sudah bikin bulu kuduk berdiri ya. Tapi memang benar-benar ada Museum Santet yang jadi tempat wisata di Surabaya yang lokasinya berada di Jl. Indrapura, No. 17, Krembangan.

1. Banyak Koleksi Mistis di Dalamnya

Dua boneka santet yang bikin merinding, Via Instagram rdaisyann

Seperti namanya, Museum Santet ini memiliki aura mistis yang sangat kuat, bagaimana tidak, di dalamnya banyak koleksi mistis yang bikin kamu terbayang-bayang dan nggak bisa tidur. Koleksi mistis ini misalnya saja tali pocong, susuk, tanah kuburan, sampai dengan peralatan lainnya yang berhubungan dengan santet.

Ada jimat penangkal santet, Via Instagram museum_kesehatan

Ada juga dua boneka jelangkung dengan mengenakan baju tidur warna putih, ijuk, serta paku bengkok yang konon katanya dikeluarkan dari tubuh manusia. Selain itu ada pula foto-foto mengerikan mengenai kondisi korban yang terkena santet sampai boneka yang ditusuk dengan jarum. Buat kamu yang tidak terlalu menyukai hal mistis, disarankan untuk tidak ke sini, bisa-bisa malah tidak bisa tidur saat malam harinya.

2. Satu Lokasi dengan Museum Kesehatan

Lokasi yang sama dengan Museum Kesehatan, Via Instagram museum_kesehatan

Sebelum menjadi Museum Santet seperti sekarang ini, ternyata bangunannya dahulu adalah Museum Kesehatan yang berganti nama menjadi Museum Dr. Adhytma. Sebagai museum kesehatan, tentu saja banyak koleksi mengenai hal-hal berkaitan dengan dunia medis. Mulai dari alat-alat medis sampai dengan berbagai boneka yang digunakan untuk praktek.

Museum Kesehatan, Via Instagram meliyantina

Museum ini awalnya didirikan oleh Dr. dr. Harijadi Soeparto DOR M.Sc yang mendirikan bangunan tersebut dengan mengambil nama dari Menteri Kesehatan di tahun 1988 sampai 1993 yang bernama Dr Adhytma MPH.

3. Ada Pintu “Dunia Lain” Pengunjung Dilarang Masuk

Ini ruangan yang menjadi salah satu magnet wisatawan untuk datang ke Museum Santet, ada sebuah pintu yang bertuliskan “Dunia Lain”. Meskipun hanya terlihat pintu dari luar, banyak orang pensaran dengan isi yang terdapat di dalamnya, pasalnya para pengunjung sangat dilarang untuk memasuki area tersebut. Plus, area tersebut juga selalu dikunci rapat. Tidak sembarang orang diizinkan untuk masuk ke dalam ruangan tersebut.

Pintu masuk “dunia lain” di Museum Santet, Via Instagram museum_kesehatan

Jikalau diizinkan masuk, harus ditemani oleh sesepuh yang ada museum tersebut. Sangat misterius sekali bukan? Menurut kabar yang beredar, ruangan tersebut merupakan lokasi berkumpulnya para genderuwo dan banyak makhluk halus lainnyal dikhawatirkan jika ada pengunjung yang masuk, nanti bisa terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Satu lagi yang bikin makin bergidik, ruangan tersebut selalu diberi sesajen.

Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk mengunjungi Museum Santet yang terdapat di Surabaya? Wisata sembari uji nyali yang bikin jantung berdegub kencang. Next

ramadan

Rally Parangtritis-Dakar, Berburu Lembayung Senja di Bibir Pantai

Menjajal Mesin Waktu Kuliner Bantul di Kampoeng Mataraman