in

Wisata di Jogja Tidak Pernah Habis, Saatnya Datang ke AMEX Museum Sonobudoyo

AMEX Museum Sonobudoyo 2022

Semenjak pandemi mulai melandai, pariwisata Yogyakarta kembali bangkit. Selalu ada acara baru setiap bulan, terutama pada 2022.

Baca juga : Jelajah Keraton Dalem Agung Pakungwati Kasultanan Cirebon

Terbaru, Museum Sonobudoyo mengadakan Annual Museum Exhibition (AMEX) sekaligus meresmikan pembukaan gedung pameran baru. Apa saja agenda AMEX di Museum Sonobudoyo? Baca ulasan selengkapnya di bawah ini, ya.

Mengusung tema Islamic Art

Annual Museum Exhibition (AMEX) adalah kegiatan tahunan rutin yang diselenggarakan oleh Museum Sonobudoyo. Pameran yang sekaligus memperingati ulang tahun ke-87 Museum Sonobudoyo ini, diselenggarakan pada 7 November sampai 30 Desember 2022. Lokasi pameran yang gratis ini di Gedung Pameran Temporer, Jalan Pangurakan Nomor 4 Yogyakarta, pada pukul 09.00 hingga 21.00 WIB.

Foto via Instagram

AMEX 2022 mengusung tema besar Islamic Art dengan tajuk STAR & MOON : Apa yang Dibawa dan Disatukan oleh Lautan. Pameran berfokus pada pengaruh Islam dalam berbagai macam praktik seni di Indonesia. Teman Traveler dapat menyaksikan beragam karya seni seperti Al-Qur’an lawas, kaligrafi, sampai seni ukiran bernuansa Islam. Pameran juga dilengkapi dengan media interaktif dan pertunjukan cahaya.

Bukan cuma pameran, ada workshop dan kuratorial

Rangkaian agenda AMEX 2022 bukan cuma pameran karya seni melainkan juga seminar, workshop kaligrafi, dan kuratorial. Workshop kaligrafi dilaksanakan dua kali, yaitu pada 15 November 2022 dan 12 Desember 2022. Sementara itu, kuratorial diselenggarakan pada 8 November 2022, 7 Desember 2022, dan 12 Desember 2022. Sementara, seminar dapat diikuti pada 29 November 2022.

Foto via Instagram

Kuratorial pertama yang sudah dilaksanakan pada 8 November 2022 bertemakan Mengenal Aksara Pegon. Narasumber acara ini adalah Ketua Departemen Sejarah UGM, Dosen Pengampu Mata Kuliah Melayu Klasik Dr. Abdul Wahid, M.Hum., M.Phil.

Foto via Instagram

Peserta yang ingin mengikuti rangkaian acara tersebut cukup mendaftar melalui kode QR atau tautan yang tersedia pada Instagram @sonobudoyo. Kuota setiap workshop 50 orang, sedangkan kuratorial 25 orang.

Peresmian gedung baru

Museum Sonobudoyo sekaligus meresmikan Gedung Pamer Baru yang telah dipersiapkan selama dua sampai tiga tahun belakangan. Teman Traveler bisa melihat pameran di gedung tersebut setelah menikmati AMEX.

Foto via Instagram

Walaupun AMEX yang diselenggarakan di Gedung Pameran Temporer gratis, tetapi kalau mau berkunjung ke gedung lain dikenakan biaya Rp5.000 untuk anak-anak dan Rp10.000 untuk dewasa. Sebagai informasi, gedung lain yang dimaksud adalah Pameran Tetap, Gedung Pamer Baru, dan Bioskop Museum Sonobudoyo.

Foto via Instagram

Sementara, jam kunjung Museum Sonobudoyo buka setiap Selasa sampai Minggu pukul 09.00 sampai 21.00 WIB. Jadwal ini berlaku mulai 9 November 2022 sampai 30 Desember 2022.

Teman Traveler yang tertarik melihat AMEX, bisa segera datang sebelum akhir tahun 2022. Jangan lupa segera mendaftarkan diri jika ingin ikut kuratorial dan workshop. Teman Traveler dapat mengetahui kode QR pendaftaran pada postingan Instagram Museum Sonobudoyo. Next

ramadan

Art Cafe Bumbu Bali, Tempat ‘Nongkrong’ PM Inggris dan Kanada Saat KTT G20 di Bali

pulo cinta gorontalo

10 Potret Romantisnya Pulo Cinta Gorontalo, Cocok untuk Bulan Madu