in ,

5 Museum Wayang di Indonesia, Tapaki Jejak Seni Bertutur Tanah Jawa

Kapan lagi melihat warisan budaya yang sangat lengkap

Budaya Indonesia memang tak pernah ada habisnya apabila diperbincangkan. Seperti wayang yang keberadaannya tidak luntur sampai saat ini. Terbukti dengan adanya museum yang menyimpan koleksi wayang di beberapa daerah. Oleh karena itu, Travelingyuk akan membahas museum wayang terindah yang ada di Indonesia. Kalau kalian ingin tahu lebih jelasnya, simak ulasan di bawah ini. 

Baca juga : Adiwana Bee House, Penginapan Unik dengan Desain Instagenic

1. Museum Wayang, Jakarta  

museum wayang terindah
Museum Wayang via twitter/JakartaTourism

Pertama, ada Museum Wayang yang berlokasi di Jalan Pintu Besar Utara Nomor 27, Jakarta Barat. Berdiri sejak tahun 1975, museum ini memiliki koleksi yang cukup lengkap, baik dari jenis atau pun daerahnya.

Seperti Wayang Kulit, Wayang Golek, topeng, wayang kaca, wayang seng, lukisan dan boneka-boneka dari mancanegara seperti seperti India, Cina, Belanda Malaysia, Thailand, Suriname, Vietnam, dan Kamboja. Sampai saat ini, koleksi wayang yang ada di museum tersebut berjumlah sekitar 5000 buah.  

2. Rumah Topeng dan Wayang Setiadarma, Bali 

museum wayang terindah
Rumah Topeng dan Wayang Setiadarma via instagram/jepunsari

Bali juga mempunyai tempat koleksi serupa bernama Rumah Topeng dan Wayang Setiadarma. Bangunan museum ini memiliki karakteristik rumah joglo dengan berbagai ornamen Bali, sehingga unsur budaya sangat terasa kental. Jumlah koleksi yang dimiliki museum yang berdiri sejak 1998 ini mencapai 1.300 topeng dan 5.700 wayang.  

Koleksi wayangnya tak hanya berasal dari Indonesia, ada juga yang berasal dari Malaysia, Jepang, India dan banyak lagi. Bahkan koleksi wayang dari Bali sendiri ada sekitar 8 macam. Kalau kalian ingin berkunjung, datang saja ke Jalan Tegal Bingin, Gianyar, Bali. 

3. Museum Wayang Indonesia, Wonogiri  

Museum Wayang Indonesia via twitter/akbarbinpandi

Teman Traveler bisa juga melihat warisan budaya ini di Museum Wayang Indonesia. Bertempat di Jl. Raya Wuryantoro, Ngebel, Wuryantoro, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, museum ini diresmikan pada tahun 2004. Untuk koleksinya, bangunan satu ini menyimpan sekitar 400 wayang. 

Seluruh koleksi wayang tersebut terdiri atas Wayang Kulit Purwa, Wayang Beber, Wayang Golek, Wayang Bali, Wayang Klithik, Wayang Suket, Wayang Kumpeni, Wayang Topeng, dan Wayang Wahyu. Koleksi tertua milik Museum Wayang Indonesia adalah wayang Semar yang dibuat pada tahun 1716.   

4. Museum Gubug Wayang, Mojokerto 

Museum Gubug Wayang via instagram/farafeb22

Selanjutnya, ada Museum Gubug Wayang yang sudah ada sejak tahun 2015. Ada berbagai jenis wayang yang bisa Teman Traveler temukan di sini. Seperti wayang kulit, wayang golek, atau wayang potehi.

Menariknya, kalian bisa menjumpai karakter wayang yang hadir dalam bentuk tokoh terkemuka. Mulai dari Lady Diana, Mahatma Gandhi sampai dengan Joko Widodo. Tertarik? Datang langsung ke lokasinya yang berada di Jalan R.A Kartini No.23, Kota Mojokerto, Jawa Timur. 

5. Galeri Wayang Purwakarta 

Galeri Wayang Purwakarta via twitter/fitritash

Terakhir, ada Galeri Wayang Purwakarta. Sesuai namanya, beragam koleksi wayang dari berbagai wilayah di nusantara dapat dijumpai di galeri ini. Sebut saja Wayang Cepak dari Cirebon, Wayang Santri yang dikembangkan oleh Ki Entus dari Tegal, Wayang Betawi dari Jakarta, hingga Wayang Klithik dari Surabaya. Ada pula Wayang Kulit Babad Cirebon, Wayang Bambu dan Wayang Suket. 

Selain melihat koleksi wayang nusantara, para pengunjung juga dapat mengetahui berbagai sejarah dan informasi lainnya terkait wayang tersebut. Namun, yang paling istimewa, ada sebuah spot yang terbuat dari bahan tertentu dan didesain sedemikan rupa sehingga menghasilkan relief berupa ornamen yang indah. Kalian bisa melihat keindahan museum yang berdiri sejak 2016 ini di Jalan Ganda Negara, Purwakarta. 

Itulah deretan museum wayang terindah di Indonesia. Semuanya menawarkan informasi yang dihadirkan dengan cara menarik. Jadi, tak ada alasan untuk kita malas berkunjung ke museum yang menyimpan warisan budaya ini. Bagaimana, sudah siap mampir ke museum mana nih? Next

ramadan

Keliling Semarang dengan Bujet Super Hemat, Ke Mana Saja?

Hadapi Bencana Alam Saat Sedang Traveling, Apa yang Harus Kamu Lakukan?