in , ,

Naik Gondola Melewati Jurang di Dusun Girpasang Klaten

Fi dusun girpasang klaten

Teman Traveler jika mengunjungi Jawa Tengah bisa mampir ke Dusun Girpasang Klaten untuk mencoba naik gondola melewati jurang. Wisata baru yang masih alami di desa terpencil daerah Gunung Merapi. Yuk simak ulasan di bawah ini.

Baca juga : Lebaran Datang, 10 Kue Tradisional Ini Bisa Jadi Rekomendasi Sajian Istimewamu

Naik Gondola di Atas Jurang

Naik gondola di atas jurang
Ilustrasi via instagram girpasang_

Dusun Girpasang di Kabupaten Klaten ini menjadi destinasi baru yang bisa dijadikan alternatif wisata saat ke Jawa Tengah atau Jogja. Daya tariknya yaitu naik gondola di atas jurang dengan ketinggian 150 meter dan panjang 130 meter, sambil melihat pemandangan alam sekitar yang masih alami.

Dahulu gondola ini sebagai alat pengangkut barang kebutuhan sehari-hari warga dusun yang memang terbatas. Saat ini telah diperbaiki menjadi pengangkut orang sekaligus sebagai daya tarik wisatawan.

Desa Terpencil di Gunung Merapi

Desa terpencil di Gunung Merapi
Ilustrasi via instagram girpasang_

Dusun Girpasang ini adalah desa terpencil di Gunung Merapi, jauh dari hiruk-pikuk kota dan terpisah dari dusun lainnya. Berada pada tengah lingkaran jurang Sungai Pakis sehingga akses menuju dusun terbatas. Jumlah penduduknya hanya 12 kepala keluarga.

Untuk menuju desa ini masyarakat harus melewati jalan setapak atau 1001 tangga dan gondola sebagai alat penyebrangan antar dusun Girpasang dan Dusun Ngringin.

Menjadi Objek Wisata

Menjadi objek wisata
Ilustrasi via instagram danarsibolang_

Kemudian saat ini dusun Girpasang telah menjadi objek wisata yang hits. Selain naik gondola, pemandangan alam serta view Gunung Merapi juga tak kalah indahnya. Apalagi sambil menikmati kudapan di warung kopi sekitar desa, membuat pikiran refreshing sejenak.

Bagi Teman Traveler yang tertarik bisa mencoba naik gondola dengan biaya Rp 60.000 untuk kapasitas 4 orang, bisa patungan bersama teman atau keluarga. Durasi menyebrang sekitar 5 menit perjalanan, gondola ini juga tampak menarik dengan warna jingga menyala.

Dusun ini termasuk dalam Desa Wisata Tegalmulyo, cukup membayar biaya retribusi Rp 2.000 di balai desa. Teman Traveler sudah bisa menjelajahi desa wisata sampai ke jalur pendakian Gunung Merapi di Sapu Angin.

Demikian ulasan Dusun Girpasang Klaten yang mempunyai daya tarik gondola untuk menyebrang di atas jurang. Bisa dijadikan referensi liburan Teman Traveler, selalu patuhi protokol kesehatannya ya. Next

ramadan
Fi gormeteria

Gormeteria di Bandung, Resto Dengan Tema Berbeda Setiap Seasonnya yang Instagramable

Baduy Dalam

Menikmati Alam di Baduy Dalam