in ,

Nasi Khas Sumatra, Biar Makin Banyak Referensi Kulinermu

Inilah Ragam Nasi Khas Sumatra, Jelajah Nggak Hanya Padang Saja

nasi khas Sumatra
nasi khas Sumatra

Nama Tanboy Kun sebagai salah satu food vlogger kondang Indonesia sudah tidak perlu diragukan lagi. Pada 29 Juni 2019, ia mengunggah video makan 4 bungkus nasi padang jumbo sekaligus. Video tersebut viral di Youtube dan banyak orang penasaran olahraga apa yang dilakukan pemilik nama asli Bara Ilham ini. Namun kita nggak membahas olahraganya ya, melainkan olahan nasi khas Sumatra. Supaya makin banyak referensi kulinermu ya.

Baca juga : 4 Pantai dengan Laguna Alami, Keren Semua!

Nasi Padang

Nasi padang, via Instagram/masakjajan
Nasi padang, via Instagram/masakjajan

Tak boleh terlewatkan saat berada di Sumatra tentu saja nasi padang yang disantap Tanboy Kun. Kuliner memang banyak tersedia di berbagai tempat. Meskipun begitu, dari kota asalnya akan lebih nikmat. Nasi padang sendiri dihidangkan dengan beragam lauk yang berbeda. Mulai dari rendang sampai dengan ayam pop. Biasanya menu nasi padang ini dipanjang di etalase.

Nasi Kapau

Gulai Tambusu, via Instagram/bulekulineran
Gulai Tambusu, via Instagram/bulekulineran

Nasi padang dan kapau sekilas memang terlihat sama, namun jika ditelisik lebih jauh akan berbeda. Nasi kapau merupakan hidangan yang berasa dari desa bernama Kapau di Agam, Sumatra Barat. Dibandingkan dengan padang, nasi kapau memiliki lebih banyak menu.

Ada menu yang membedakannya dengan nasi padang, yakni gulai kapau yang memiliki bahan dasar kol, nangka, dan juga kacang panjang. Warnannya kuning dan citarasanya sedikit asam. Untuk pemilihan menu, jika nasi padang bisa langsung memilih dari etalase kaca, nasi kapau perlu untuk masuk ke restorannya dahulu untuk memilih menu.

Nasi Minyak

Nasi minyak, via Instagram/pariwisata.palembang
Nasi minyak, via Instagram/pariwisata.palembang

Selanjutnya ada nasi minyak yang ternyata dahulunya adalah makanannya Keluarga Sultan. Nasi minyak merupakan kuliner khas Sumatra Selatan. Jika dilihat sekilas, olahan ini akan mirip dengan nasi kebuli. Tapi bedanya, nasi minyak tidak dicampur dengan daging, disajikan secara terpisah. Untuk nasi minyak sendiri, ini merupakan beras yang diolah bersama dengan minyak samin, tak lupa berbagai rempah di dalamnya.

Nasi Sala

Nasi sala, via Instagram/ilacitra
Nasi sala, via Instagram/ilacitra

Dari Pariaman, Sumatra Barat ada yang namanya nasi sala. Ini merupakan nasi yang disajikan dengan ikan bertepung dan tak ketinggalan sambal. Sala sendiri dalam bahasa setempat memiliki artian sebagai digoreng. Ciri khas nasi sala ini adalah ikan dengan baluran tepung yang menyelimutinya. Untuk jenis ikannya sendiri ada kembung atau gembung. Jangan lupa mencoba kuliner ini jika sedang jalan-jalan ke Pariaman ya.

Itulah nasi khas Sumatra, supaya makin banyak referensi kulinermu ya Teman Traveler. Biar makan, nggak hanya nasi padang. Gimana, apakah kuliner lainnya juga menarik? Next

ramadan
jenis ikan asin

Ini Jenis Ikan Asin yang Kondang di Indonesia, Mana Favoritmu?

Hotel Maroko Milik Cristiano Ronaldo

The Pestana CR7, Hotel Maroko Milik Cristiano Ronaldo