in ,

Nasi Opor Sunggingan, Kuliner Favorit Sunan Kudus sejak Abad 15

Nasi Opor Sunggingan di Kudus, Kuliner Khas yang Citarasanya Mak Nyuss

Nasi Opor Sunggingan di Kudus
Nasi Opor Sunggingan di Kudus

Jalan-jalan ke Kudus, kuliner yang terbuat dari daging kerbau memang pantas untuk dicicipi kenikmatannya. Ada sate, gulai, bahkan rendang daging kerbau. Selain itu, wilayah yang mendapatkan julukan sebagai Kota Kretek ini juga memiliki kuliner khas lainnya, yakni opor ayam panggang. Satu-satunya tempat yang menjajakan olahan ini adalah Nasi Opor Sunggingan. Penasaran seenak apa? Yuk baca ulasannya.

Baca juga : Yogya Gamelan Festival 2019, Makin Seru di Edisi ke-24

Nasi Opor Sunggingan Telah Ada Sejak Tahun 1960-an

Pantas dijajal kelezatannya, via Instagram/ny.rempong
Pantas dijajal kelezatannya, via Instagram/ny.rempong

Tempat makan di Kudus ini telah ada sejak tahun 1966. Tempatnya tidak berubah dari zaman dahulu, rasanya enak, cita rasa masih tetap sama seperti saat pertama dibuka. Saat ini, Rumah Makan Nasi Sunggingan telah dikelola oleh generasi kedua, Pak Suroso dan Istrinya, yaitu Siti Sundari.

Nasi Opor Sunggingan, via Instagram/jajanku.smg
Nasi Opor Sunggingan, via Instagram/jajanku.smg

Awalnya, ternyata opor jenis ini hanya ada saat tradisi manakipan yang berlangsung di Menara Kudus. Mertua Sundari tidak berjualan opor, melainkan nasi kering. Namun perlahan karena lebih menjanjikan, Orang Tua Suroso yang juga mertua Sunda menjajakan opor bakar. Diberi nama Sunggingan, lantaran olahan ini hanya bisa didapatkan di sekitaran daerah Sunggingan, Kudus.

Kuliner yang Telah Ada Sejak Sunan kudus

Cabai utuh yang bikin nagih, via Instagram/jeffry_0n0
Cabai utuh yang bikin nagih, via Instagram/jeffry_0n0

Konon, resep kuliner satu ini telah ada pada zaman Sunan Kudus alias Ja’far Sodiq pada abad ke-15. Ternyata, kuliner ini juga menjadi salah satu makanan kegemaran dari Sunan Kudus. Cara pengolahannya juga cukup rumit. Daging ayam dibakar terlebih dahulu dalam bentuk utuh, tidak dipotong-potong. Ayam yang digunakan harus berumur satu sampai 2 tahun, tidak dalam fase bertelur. Pasalnya, ayam yang berusia masih muda akan akan memberikan tekstur yang terlalu lembek dan sebaliknya.

Opor Sunggingan yang bikin ketagihan, via Instagram/rendy.sugianto
Opor Sunggingan yang bikin ketagihan, via Instagram/rendy.sugianto

Setelah dibakar, ayam akan direbus selama kurang lebih empat jam. Air rebusan ini dicampur dengan berbagai macam rempah dan bumbu. Jika ayam sudah empuk kemudian ditiriskan. Proses selanjutnya adalah dibakar kembali. Untuk mempertahankan rasanya, pengelola membakarnya dengan sumber api yang berasal dari arang kayu karet. Uniknya, bukan sambal untuk membuat rasa pedasnya jadi makin menggoda, malahan cabai rebus utuh. Nantinya akan ditambah kuah yang terbuat dari santan dan beberapa bumbu.

Alamat Warung Makan Nasi Opor Sunggingan

Kuliner khas Kudus yang mak nyus, via Instagram/santi_oye
Kuliner khas Kudus yang mak nyus, via Instagram/santi_oye

Nasi Opor Sunggingan berlokasi di Jl. Niti Semito No. 9, Kudus, Jawa Tengah. Jam operasionalnya, mulai dari jam 06:30 hingga pukul 14:00 WIB. Keunikan penyajian opor bakar di sini adalah menggunakan sendok daun pisang, tapi bisa memilih sendok biasanya juga. Satu porsi opor bakar di sini akan dibanderol Rp14.000 saja.

Kudus memang menawarkan kuliner yang unik-unik, tak salah jika wilayah di Jawa Tengah ini masuk dalam salah satu list yang wajib dikunjungi. Coba berbagai masakan otentiknya dan rasakan perbedaanya dengan wilayah lainnya. Bagaimana, sudah tak sabar ingin mencobanya sendiri, bukan? Next

ramadan
Ilustrasi Festival Dolan Anak 2019

Ajak si Kecil ke Festival Dolan Anak 2019, Nostalgia dengan Permainan Jadul yang Seru

Kelas Masak di Ubud

Punya Rencana Liburan ke Bali? Coba Ikutan Kelas Masak di Ubud Ini