in , ,

Nasi Telang, Makanan Berwarna Biru dari Purworejo yang Unik dan Menyehatkan

nasi telang, nasi berwarna biru dari purworejo yang kaya manfaat

telang3__1_of_1__JBf.jpg
Tampilan Nasi Telang yang Unik dan Menyehatkan (c) Sebastian Andhika Candra/Travelingyuk

Tteman Traveler tentu sudah tidak asing dengan makanan yang bernama nasi. Ya! Nasi menjadi salah satu sumber karbohidrat sehari-hari. Di Indonesia, terdapat berbagai macam olahan kuliner yang berbahan nasi, seperti nasi goreng, nasi bakar, nasi kuning, nasi rempah, nasi balap dan lain-lain. Akan tetapi, apakah apakah pernah melihat dan merasakan Nasi Telang yang berwarna biru? Kira-kira bagaimana rasa Nasi telang? Dimana kalian dapat membelinya? Mari kita simak ulasan berikut ini.

Baca juga : Bingung Transit Nanggung di Kuala Lumpur? Yuk, Belanja di Mitsui Outlet Park

Nasi Telang ada di Pasar Inis, Purworejo

telang5__1_of_1__HUZ.jpg
Nasi Telang (c) Sebastian Andhika Candra/Travelingyuk

Jika ingin merasakan kenikmatan Nasi Telang beserta lauk pauknya, bisa langsung pergi ke Pasar Inis, Purworejo. Pasar Inis tepatnya berada di Desa Brondongrejo, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Varian Makanan Bermacam-macam

telang1__1_of_1__l5p.jpg
Lauk yang bermacam-macam (c) Sebastian Andhika Candra/Travelingyuk

Nasi yang berwarna biru ini akan terasa lebih nikmat jika dimakan bersama berbagai makanan pendamping, yaitu sate telur, perkedel, tempe goreng, tahu goreng dan lain-lain. Dalam satu porsinya terdiri dari beberapa komponen, seperti nasi biru, mi goreng, sambal, dan kerupuk. Sangat nikmat dimakan ketika pagi hari sembari merasakan sejuknya udara di tepian sawah Desa Brondongrejo. 

Harga dan Rasa Nasi Telang

telang2__1_of_1__qCs.jpg
Harga nasi Telang (c) Sebastian Andhika Candra/Travelingyuk

Harga makanan ini sangat terjangkau, satu porsi Nasi Telang atau Sego Telang hanya sekitar Rp5.000. Dalam porsi tersebut pun sudah terdapat mi goreng dan sambal. Harga makanan pendampingnya pun sangat terjangkau hanya sekitar Rp1.000-Rp3.000. Rasanya cukup gurih ditambah warna biru yang memberikan kesan cita rasa tersendiri. Pokoknya Teman Traveler harus coba!

Sari Bunga Telang pada Nasi Telang memiliki Banyak Manfaat

telang4__1_of_1__Vcd.jpg
Suasana di warung nasi telang (c) Sebastian Andhika Candra/Travelingyuk

Selain rasanya yang gurih dan nikmat, nasi Telang pun memiliki berbagai macam manfaat. Warna biru ini ternyata berasal dari bunga telang, sari bunga telang memiliki manfaat atau khasiat, seperti melancarkan haid, mengobati mata merah, mengobati penyakit kulit, menghitamkan dan menguatkan rambut, bahkan bisa untuk membasmi racun dalam tubuh.  

Apakah Teman Traveler penasaran dengan Nasi Telang yang anti mainstream ini? Langsung saja datang ke Pasar Inis setiap hari Minggu, pukul 05.00 – 11.00 WIB. Next

ramadan
The Island Houses

Rasakan Keseruan Summer di The Island Houses Villa Bali

C for Cupcakes and Coffee, Gudangnya Dessert Unyu-unyu