in , , ,

Indonesia, Satu Dari Lima Negara dengan Pulau Terbanyak di Dunia

Sebagai planet yang 71% areanya dipenuhi dengan air, tak heran jika terdapat banyak negara yang memiliki banyak pulau. Faktor ini juga yang membuat beberapa sisi dunia memiliki banyak destinasi wisata dengan keindahan bahari yang luar biasa. Sebut saja seperti Maladewa, Galapagos, Great Barrier Reef, ataupun Raja Ampat. Beberapa negara memiliki ratusan pulau yang terdaftar secara administratif. Salah satunya adalah Indonesia, tapi mana ya negara dengan pulau terbanyak di dunia?

Baca juga : Pulau Lanjukang, Harta Karun Tersembunyi di Makassar

1. Swedia-267.570

Pulau kecil di perairan Swedia via shutterstock.com

Swedia menempati urutan teratas sebagai negara dengan pulau terbanyak. Meskipun berada di daratan Benua Eropa, negara ini memiliki 267.570 pulau dalam kawasannya. Seperti di Kepulauan Stockholm dan Kepulauan Smaland. Kebanyakan pulaunya tersebar di perbatasan Laut Baltik. Swedia memiliki pulau yang kebanyakan ditumbuhi oleh pepohonan yang rimbun. Namun beberapa pulau kecilnya juga terdiri dari batu-batuan. Pulau seperti ini biasanya memiliki satu mercusuar atau rumah kecil untuk menghalau kapal.

2. Finlandia-179.584

Pulau di Finlandia yang dipenuhi oleh pohon rimbun via shutterstock.com

Meskipun dikenal dengan negara yang memiliki ribuan danau, Finlandia juga mempunyai jumlah pulau yang cukup besar. Negara ini memiliki 179.584 pulau yang tersebar dalam wilayahnya. Kebanyakan pulau-pulau kecilnya berada di kawasan barat. Seperti di Kepulauan Alan dan sepanjang lepas pantai selatan di Teluk Finlandia. Sedangkan jumlah danau di Finlandia sendiri mencapai 187.888 danau.

3. Norwegia-Lebih dari 50.000

Kepulauan di Norwegia Raja Ampat Indonesia via shutterstock.com

Dengan luas negara sebesar 385.525 kilometer persegi, Norwegia memiliki ribuan pulau. Terhitung lebih dari 50.000 pulau terbentang dari Svalbard ke Pulau Bouvet. Salah satu pulau kecil di Norwegia yang hanya menjadi habitat untuk burung dan anjing laut. Negara ini dikenal juga dengan pemandangan auroranya yang memesona.

4. Kanada-Lebih dari 30.000

Pulau dengan rumah kecil di Kanada via shutterstock.com

Kanada juga termasuk negara dengan pulau terbanyak di dunia. Negara yang terletak di bagian utara Benua Amerika ini memiliki lebih dari 30.000 pulau. Meskipun jumlah persisnya belum diketahui, Kanada terdata telah memiliki lebih dari 30.000 pulau yang tersebar di wilayahnya. Sebagian besar terletak di Teluk Georgia dan Pulau Baffin adalah salah satu pulau terbesarnya. Dari jumlah tersebut hanya 129 pulau yang telah bernama, sedangkan sisanya tak berpenghuni dan belum memiliki nama.

5. Indonesia-18.307

Raja Ampat Indonesia via shutterstock.com

Sebagai negara maritim yang memiliki banyak pulau, Indonesia juga masuk dari salah satu negara dengan pulau terbanyak. Data dari NASA menyebutkan bahwa Indonesia memiliki 18.307 pulau. Meskipun begitu,  baru sebanyak 16.056 pulau yang resmi terdaftar dalam Persatuan Bangsa-Bangsa. Dari jumlah pulau tersebut, baru 9 ribu pulau yang memiliki penghuni.

Dengan lebih besarnya prosentase air yang ada, tak heran jika banyak keindahan bahari yang tersebar di segala penjuru bumi. Selain itu, pulau-pulau kecil yang belum tersentuh, masih menjadi habitat hewan-hewan yang hidup bebas di dalamnya. Next

ramadan
cara makan pizza yang baik dan benar

Cara Praktis Makan Pizza, Bikin Topping Tak Terbuang Sia-sia

Incip Tengkleng Rica-rica Pak Manto, Pedas Gurihnya Bikin Melongo