in ,

5 “Negeri Atas Awan” di Pulau Jawa, Serasa Kahyangan

Dieng [image source]

Indonesia yang memiliki banyak sekali daerah pegunungan tentu menyimpan tempat indah di segala penjuru. Ada pantai untuk santai hingga negeri diatas awan yang penuh ketenangan. Seperti 5 tempat di ketinggian berikut ini. Saking indahnya, kamu bisa memberikan julukan sebagai kahyangan.

Baca juga : Satu Arah Coffee di Muntilan, Kafe Dengan Suasana Pantai

1. P-29

Pemandangan Sekitar Gunung Bromo [image source]
Memang kamu dapat menikmati pemandangan kabut ala “Negeri diatas Awan” Bromo yang menyelimuti lembah-lembah di sekitaran gunung, khususnya di Penanjakan. Namun akan menjadi satu pengalaman berbeda jika kamu menikmatinya dari P-29.

Pemandangan Sekitar Gunung Bromo [image source]
Dari puncak P-29 yang berada di Dusun Pundak lembu, Kecamatan Sumber, Kabupaten Probolinggo ini, pandangan mata kamu tidak akan terbentur dengan bukit atau gunung lain karena di tempat ini sangat tepat untuk menikmati pemandangan. Sayangnya, untuk mengunjungi negeri diatas awan ini, dibutuhkan tenaga ekstra karena medan yang dilalui dapat menguras energi.

2. B-29

B29 [image source]
Selain dari puncak P-29, kamu juga dapat menikmati pemandangan berupa hamparan awan nan eksotis dari suatu tempat yang berada di Desa Argosari, Kecamatan Senduro, sekitar 40 kilometer dari Lumajang, yaitu sang “Negeri diatas Awan” B29.

B29 [image source]
Seperti halnya ke puncak P-29, untuk menuju titik B-29, kamu diharuskan memiliki stamina ekstra karena akan ada banyak jalanan berliku sepanjang lereng Gunung Semeru dari arah Kecamatan Senduro. Setelah itu, kamu masih harus menempuh perjalanan yang cukup jauh dan menantang ke Desa Argosari. Dari desa tersebut, maka jalanan beraspal akan membawamu ke puncak B-29.

3. B-30

B30 [image source]
Masih di kawasan yang sama, yaitu Desa Argosari, Kecamatan Senduro, kamu juga dapat menikmati pesona alam hamparan putih awan dari atas puncak B30. Untuk menuju tempat ini, kamu hanya perlu mengendarai sepeda motor dari arah puncak B-29 dengan waktu sekitar 15 menit saja.

B30 [image source]
Jika lapar atau haus, kamu dapat membeli makanan atau minuman yang dijual di warung-warung yang didirikan oleh penduduk sekitar di areal “Negeri diatas Awan” Lumajang ini. Tentu saja, dikarenakan tidak ada tempat menjual makanan dan minuman lainnya, harga yang ditawarkan akan sedikit mahal dibandingkan dengan umumnya.

4. Dieng 

Dieng [image source]
Dieng memang terkenal dengan segala keeksotisan alam yang memikat para pengunjungnya. Ada banyak pesona alam yang disediakan oleh alam Dieng, salah satunya adalah hamparan awan yang seperti terpecah oleh sinar matahari yang menyelimuti daratan jika kamu melihat dari atas.

Dieng [image source]
Selain pemandangan “Negeri diatas Awan” Dieng Wonosobo ini, kamu juga dapat menikmati pesona alam lain seperti Golden Sunrise atau cahaya matahari terbit dari Bukit Sikunir sampai dengan mengunjungi komplek Candi Arjuna.

5. Bukit Mbanyon

Bukit Banyon [image source]
Berada di ketinggian sekitar 1.175 dpl, ketika berada di Bukit Mbanyon, pemandangan berupa hamparan awan yang menutupi daratan akan kamu dapatkan. Bukit Mbanyon yang terletak di Desa Widoro, Kecamatan, Gandusari, Kabupaten Trenggalek dan juga dikenal dengan nama Bukit Cinta ini dapat dijadikan spot tepat ketika kamu ingin menikmati sunrise atau sunset.

Bukit Banyon [image source]
Untuk menuju tempat satu ini, kamu tidak perlu lagi bersusah payah atau berjalan kaki karena sudah ada akses yang dapat dilewati sepeda motor. Bahkan ‘Negeri diatas Awan” Gandusari Trenggalek yang sudah diresmikan sebagai destinasi wisata oleh pemerintah daerah setempat ini dapat dimasuki secara bebas tanpa pungutan biaya masuk alias gratis.

Jika kamu beranggapan bahwa pemandangan “Negeri diatas Awan” hanya dapat ditemui di luar negeri saja, maka ubah pemikiran tersebut karena Indonesia juga memiliki banyak sekali destinasi wisata yang tak kalah menarik dari pesona alam eksotis yang ditawarkan oleh negara-negara lain. Next

ramadan

Written by Alfri

Aku orangnya suka traveling terutama menjelajahi tempat-tempat yang belum banyak dijamah para turis.

Toko Oen, Restoran Zaman Kolonial yang Masih Eksis Hingga Sekarang

Amerika? Bukan, Patung Liberty Ini Ada di Prancis