in , ,

Ngarai Sianok, Pesona Keindahan Patahan Sumatera di Bukittinggi

pesona keindahan alam di bukit tinggi, sumatera

Selain dikaruniai dengan lahan yang subur, Bukittinggi memang memiliki panorama alam yang sangat indah hampir di seluruh penjuruh daerahnya. Itu sebabnya, wisatawan tidak pernah bosan berkunjung ke tempat ini. Salah satunya bentangan alam di sekitar Ngarai Sianok yang menyuguhkan keindahan tak ada habisnya.

Baca juga : Menteri Susi Tantang Mark Zuckerberg Paddling, Enaknya Diadakan Di Mana ya?

Sejarah Terbentuknya Ngarai Sianok 

img_20200114_143040_TbH.jpg
Sisi eksotis Ngarai Sianok via instagram @erisonjkambari

Lembah Ngarai Sianok terbentuk karena adanya pergerakan patahan bumi yang memanjang dan berkelok-kelok dari selatan ngarai Koto Gadang sampai ke ngarai Sianok Anam Suku dan berakhir di Palupuh. Patahan Semangko ini membentuk dinding curam. Ngarai ini juga disebut sebagai Tabiang Takuruang (Tebing Terkurung) karena sekelilingnya diapit perbukitan.

Keindahan Alam Tiada Dua 

img_20200114_142918_kom.jpg
Keindahan Ngarai Sianok via Instagram @erisonjkambari

Keindahan panorma alam tempat ini memang tiada duanya, tidak akan ada bosan-bosannya saat Teman Traveler memutuskan untuk berlibur ke sini. Untuk menikmatinya dari ketinggian bisa dari Taman Panorama yang berada di tengah kota Bukittinggi. Tidak hanya pemandangan tebing curam, lekukan aliran Batang Sianok yang dikelilingi hijaunya hutan dan juga bisa menikmati suara burung-burung liar yang bebas terbang. Jika masih kurang, bisa melanjutkan perjalanan menuju lembah untuk melihat indahnya Ngarai dari bawah dan menikmati udara segar hutan dan suara gemercik air sungai.

Lembah Pendiam

44692996_0563_4f47_9bd4_42b836b92db7_utJ.jpeg
Berjalan di lembah Ngarai Sianok via Instagram @zikraramadoni

Kawasan ini juga memiliki sebutan lain, yakni Lembah Pendiam. Disebut Pendiam karena suasananya yang tenang dan damai. Didukung dengan udaranya yang bersih dan sejuk, diiringi latar suara kicauan burung dan gemericik air sungai, ngarai ini cocok sebagai tempat melepaskan beban pikiran dari rutinitas sehari-hari.

Spot Foto Keren

46945bbe_f2d8_433f_9c40_a6b6a48be477__1__01_ZVE.jpeg
Pemandangan dari rumah pohon via Instagram @uda_sikumbang

Keindahan Ngarai Sianok tentu saja tidak hanya menyegarkan pikiran dan memanjakan mata, tetapi juga pilihan tepat sebagai lokasi penghasil foto kece untuk feed Instagram Teman Traveler sekalian. Pengambilan view dari atas bukit dengan lembah dan tebing menjulang tinggi sebagai background.

Cocok untuk Berolahraga

5a151243_cdc2_4b45_9b8e_9eca48ab7218_01_zvb.jpeg
Jalanan berliku di tengah-tengah sawah via Instagram @zikraramadoni

Masih dalam kawasan yang sama, ada bentangan sawah nan luas untuk menambah kesejukan dan pelengkap kenikmatan liburan di Bukittinggi.  Lokasi ini juga menjadi favorit wisatawan untuk berfoto karena di tengah-tengah sawah, ada jalanan berliku yang membelah persawahan. Kapan lagi bisa berfoto di tengah-tengah sawah yang masih hijau atau tengah menguning. Banyak sekali warga sekitar yang mengisi akhir pekan mereka dengan berolahraga di sekitar ngarai ini. Olahraga yang biasa dilakukan di sini antara lain, trekking, bersepeda gunung, maupun sekedar berjalan-jalan ringan melepas kepenatan.

Bagaimana Teman Traveler? Apakah keindahan Bukittinggi sudah membuat ingin pergi kesana? Jangan lupa untuk terus berwisata di alam Indonesia! Next

ramadan

Itinerary 2D2N di Kota Jogja, Kulineran dan Bersenang-senang Sampai Khatam

6 Tips Hindari Lelah Saat Mendaki Gunung, Dijamin Tetap Bertenaga Sampai Puncak