in , ,

6 Tips Hindari Lelah Saat Mendaki Gunung, Dijamin Tetap Bertenaga Sampai Puncak

Dijamin tetap bugar sampai akhir pendakian

Mendaki gunung adalah salah satu aktivitas outdoor yang banyak diminati saat ini. Namun, ada banyak risiko di baliknya yang salah satunya adalah kelelahan. Oleh karena itu, kali ini artikel akan membahas bagaimana cara hindari lelah saat mendaki gunung. Yuk deh simak ulasannya berikut ini.

Baca juga : 5 Spot Kekinian di Karanganyar, Bikin Gagal Move On

1. Olahraga Sebelum Pendakian

hindari lelah mendaki gunung
Lakukan olahraga sebelum mendaki (c) Reza Zahrotul/Travelingyuk

Tips pertama yang sangat penting untuk dilakukan sebelum melakukan pendakian adalah olahraga minimal sebulan sebelum mendaki. Olahraga diperlukan untuk melatih otot-otot dan pernafasan. Olahraga yang dilakukan tak perlu terlalu berat. Cukup dengan melakukan olahraga ringan seperti berlari, berenang, naik-turun tangga, senam, bersepeda, squat, push-up, dan lainnya.

2. Posisikan Tas Keril Senyaman Mungkin

hindari lelah mendaki gunung
Posisikan tas dan semua strap di tempat yang nyaman (c) Reza Zahrotul/Travelingyuk

Hal penting lainnya yang wajib diperhatikan sebelum memulai perjalanan adalah memposisikan tas keril senyaman mungkin. Tas keril untuk mendaki gunung adalah tas yang memang dirancang khusus dengan formula tertentu untuk membagi semua beban merata di seluruh punggung.

Selain itu, tas khusus mendaki ini dilengkapi dengan strap di pinggul yang fungsinya agar membagi beban tas tidak hanya di bahu dan punggung, akan tetapi juga di pinggul sehingga bahu tak cepat lelah. Oleh karena itu, sangat perlu untuk mengatur posisi tas dan strap senyaman mungkin agar tak cepat lelah.

3. Jangan Terlalu Sering Istirahat

hindari lelah mendaki gunung
Ilustrasi beristirahat (c) Reza Zahrotul/Travelingyuk

Istirahat sejenak setelah melakukan perjalanan adalah suatu hal yang wajar dilakukan. Tapi, jika istirahat dilakukan terlalu sering justru akan membuat tenaga semakin banyak terkuras. Hal ini disebabkan saat kita berisitirahat, maka otot-otot yang semulanya bekerja keras akan mulai relax. Dan setelah otot relax, untuk kembali memulai perjalanan lagi maka otot akan kembali bekerja keras. .

4. Atur Pernafasan 

Hal penting lainnya adalah mengatur pernafasan. Inilah salah satu alasan diperlukan olahraga sebelum mendaki agar badan menjadi terbiasa beraktivitas dan pengaturan nafas menjadi mudah. Jangan bernafas dengan mulut, karena hal ini akan membuat cepat lelah dan terengah-engah.

Usahakan selalu bernafas dengan hidung, meskipun saat mendaki hal ini akan relatif lebih sulit dilakukan. Usahakan mengambil nafas panjang yang cukup untuk 2-3 kali langkah sekali tarik nafas. Hal ini akan membuatmu tidak mudah terengah-engah dan lelah.

5. Atur Langkah

whatsapp_image_2020_01_16_at_17_dlI.jpeg
Ilustrasi melangkah (c) Reza Zahrotul/Travelingyuk

Kemudian, atur langkah saat mendaki gunung. Usahakan lebar langkah selalu stabil. Jangan melangkah terlalu lebar, karena hal ini akan membuat kaki bekerja lebih ekstra. Melangkahlah dengan ukuran secukupnya dengan tempo yang pas dan tidak tergesa.

6. Konsumsi Minuman dan Makanan Bergizi

whatsapp_image_2020_01_16_at_17_ILW.jpeg
Konsumsi makanan dan minuman bergizi (c) Reza Zahrotul/Travelingyuk

Terakhir, penuhi kebutuhan makan dan minum selama mendaki. Bawalah jumlah logistik yang sesuai dengan waktu dan porsi yang Teman Traveler butuhkan. Makanlah makanan yang bergizi dan segera konsumsi makanan saat perut sudah mulai lapar saat perjalanan.

Itulah beberapa cara untuk hindari lelah ketika mendaki gunung. Mulai dari berolahraga sebelum mendaki hingga mengkonsumsi makanan bergizi. Jadi, sudah siapkah kalian mendaki setelah ini? Next

ramadan

Ngarai Sianok, Pesona Keindahan Patahan Sumatera di Bukittinggi

Main ke Jogja? 4 Tempat Ini Wajib Kalian Kunjungi