in , , , , ,

Nikmatya Cheese Cake Olahan Sendiri Ala Rumahan

Pagi yang cerah penuh keceriaan, sebelum beraktifitas memang nikmat minum teh sambil ditemani cake lezat cheese cake. Namun buatan sendiri itu nikmatnya berkali kali lipat dibanding pergi ke toko roti. Cheese cake memang belakangan ini sedang populer di Indonesia. Sesuai dengan namanya, cheese cake adalah suguhan cake yang terbuat dari bahan keju. Untuk membuat cake ini setidaknya dibutuhkan beberapa jenis keju seperti krim cheese termasuk jenis keju muda (soft cheese) dan lelehan keju termasuk jenis keju segar (fresh cheese).

Baca juga : Tari Tradisional Samarindah, Mulai dari Luwes Hingga Picu Adrenalin

Cheesecake Japanese, simpel dan elegan. foto via youtube.com

Dilihat dari sejarahnya, makanan pencuci mulut ini berasal dari zaman peradaban Yunani kuno. Dimana cheese cake menjadi hidangan bagi para atlet olimpiade pertama yakni tahun 776 sebelum masehi. Proses pengolahan serta bahan-bahan pertama kali diperkenalkan 230 masehi. Dan mulai diperkenalkan oleh tentara Romawi yang berhasil menaklukkan Yunani ke wilayah Inggris dan menyebar begitu cepat ke hampir seluruh wilayah Eropa.

Cheese cake dengan topping strowberry yang cantik. Foto via coockingclasy.com

Cheese cake lumer adalah salah satu cake yang lembut dan didalamnya diberi semacam cheese cream. Sehingga waktu dipotong tekstur cake seakan akan seperti gabus yang sungguh lembut dimulut ketika digigit. Untuk toppingnya cheese cake bisa bermacam macam mulai dari coklat, keju tabur, green tea dan masih banyak lainnya sesuai selera.

Meskipun membuat cake itu gampang gampang susah tetapi jika sesuai urutan akan menghasilkan tekstur yang lembut. Berbagai macam cara dilakukan terutama feeling dalam pencampuran bahan dan waktu panggang. Berikut cara membuat cheese cake ala rumahan.

bahan bahan yang diperlukan untuk pembuatan cheesecake. foto via watonsinau.work

Bahan Cheese cake

40 gram tepung kue

65 gram gula pasir

130 gram krim cheese

40 gram mentega

50 gram susu

3 kuning telur

3 putih telur

10 gram pasta lemon

Cara membuat cheese cake

Ada dua adonan terlebih dahulu yang dibuat secara terpisah. Next

  1. Adonan pertama menyampurkan bahan mentega, krim cheese, dan susu yang dilarutkan diatas air yang mendidih. Setelah ketiga bahan larut menjadi satu, dapat ditambahkan tiga kuning telur dan siap di kocok. Setelah telur menjadi satu dapat ditambahkan pasta lemon, tepung dan gula kemudian kocok dengan mixer hingga bahan tercampur sempurna.
  2. Adonan kedua dengan mengkocok putih telur dengan mencampurkan gula secara bertahap sebanyak 3 kali hingga adonan berkilauan membentuk jambul.
  3. Adonan pertama dan kedua dicampur menjadi satu, dan jangan lupa untuk memanaskan oven selama 5 menit sebelum adonan siap dipanggang.
  4. Adonan dipanggang diatas air dengan dua kali pengovenan. untuk panggangan pertama dengan suhu oven 150 derajat selsius selama 30 menit. Selang 30 detik dapat menyalakan lagi oven dengan suhu 110 derajat selsius selama 30 menit.
ramadan
fi kuliner khas madura

Kuliner Khas Madura, Ada Nasi Serpang dan Lorjuk yang Nikmat Untuk Sarapan Atau Makan Siang

fi akomodasi glamping di bali

Akomodasi Glamping di Bali, Suasana Penginapan Menyatu Dengan Alam Mulai Rp 600 Ribuan