in , ,

Kuliner Khas Madura, Ada Nasi Serpang dan Lorjuk yang Nikmat Untuk Sarapan Atau Makan Siang

fi kuliner khas madura

Selain memiliki pemandangan alam indah Pulau Garam ini juga mempunyai makanan khas lezat yang wajib dicoba. Berikut daftar kuliner khas Madura, nikmat sebagai sarapan maupun menu makan siang Teman Traveler. Yuk simak ulasan di bawah ini.

Baca juga : Wisata Kekinian di Blitar, Bikin Fotomu Makin Cetar

1. Nasi Serpang

nasi serpang
Ilustrasi via instagram adeacilless

Pertama ada Nasi Serpang yaitu berupa nasi putih dengan berbagai lauk pauk seperti cumi hitam, udang, pepes ikan tongkol, sambal goreng kerang, bihun, telur asin, serundeng dan ditambah sambal terasi serta rempeyek kacang. Cita rasi kaya bumbu sangat terasa dan porsinya sangat mengenyangkan, cocok untuk menu sarapan Teman Traveler.

Hanya dengan Rp 15.000 sudah bisa menikmati satu porsi nasinya, harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu. Warung Nasi Serpang berlokasi di Jalan Trunojoyo No.21 B, Pejagan, Kecamatan Bangkalan, Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur. Jam operasional warung pukul 05.30-09.00 WIB, buka setiap hari.

2. Bebek Songkem

bebek songkem
Ilustrasi via instagram bie_murdi

Madura terkenal dengan olahan bebeknya salah satunya yaitu Bebek Songkem, masih menggunakan cara tradisional yang membuat lemak dan kolesterol dari daging bebek ini sangat sedikit dan aman dikonsumsi. Dagingnya dimasak bersama bumbu khas, dibungkus daun pisang sehingga menghasilkan aroma serta rasa lezat nan nikmat, biasanya dikukus atau digoreng. Menu makan siang lengkap dengan nasi dan sambal mangga muda.

Rekomendasi tempat untuk mencicipinya ada Bebek Songkem Pak Salim, satu ekor bebek songkem utuh dibanderol Rp 65.000, bisa dimakan ramai-ramai bersama keluarga. Berlokasi di Jalan Trunojoyo No.9A, RW.III, Rong Tengah, Kecamatan Sampang, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur. Jam operasional warung pukul 08.00-22.00 WIB, buka setiap hari.

3. Sate Madura

sate madura
Ilustrasi via instagram sumenepfoodie

Kemudian, tentu saja tak lengkap jika tidak mencoba satenya yang sudah terkenal di penjuru nusantara. Berbahan dasar daging kambing atau ayam yang dibakar lalu disiram dengan bumbu kacang gurih dan manis, disajikan bersama lontong atau nasi. Sebagai pelengkap biasanya diberi acar bawang merah serta mentimun, tak ketinggalan sambalnya. Sangat nikmat dijadikan menu makan siang.

Rekomendasi tempat makannya ada Depot Sate 35 Bluto yang terkenal legendaris. Satu porsi sate kambing dibanderol Rp 40.000 sedangkan sate ayam Rp 30.000, harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu. Berlokasi di Jalan Raya Bluto, Tarijen, Bluto, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur. Jam operasional depot pukul 07.00-21.00 WIB, buka setiap hari.

4. Lorjuk

lorjuk
Ilustrasi via instagram renikitchen

Berikutnya menu makan siang kali ini untuk Teman Traveler pecinta seafood yaitu Lorjuk, adalah kerang bambu memiliki bentuk panjang biasanya hidup di pesisir pantai berlumpur. Lorjuk di Madura dijadikan bahan utama untuk berbagai macam masakan, ada yang ditumis, digoreng, serta campur lorjuk, masakan berkuah seperti soto yang manis dan gurih.

Teman Traveler dapat mencoba campur lorjuk di Campor Lorjuk Bu Hamidah dengan satu porsinya dibanderol Rp 12.000, harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu. Berlokasi di Dusun Sawahan, Desa Pademawu Timur, Pademawu, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur. Jam operasional warung pukul 07.00-20.00 WIB, buka setiap hari.

Demikian daftar kuliner khas Madura yang nikmat nan lezat dijadikan menu sarapan maupun makan siang Teman Traveler. Jangan lupa selalu menerapkan protokol kesehatan. Next

ramadan
fi kuliner khas semarang

Kuliner Khas Semarang, Lezat dan Nikmat Untuk Menu Makan Malam

fi akomodasi glamping di bali

Akomodasi Glamping di Bali, Suasana Penginapan Menyatu Dengan Alam Mulai Rp 600 Ribuan