in , , ,

Objek Wisata Alam di Kupang NTT, Keindahan Nyata yang Menawan

Fi objek wisata alam kupang

Menjelajahi sisi Indonesia bagian tengah dengan pelesir di 4 objek wisata alam di Kupang, NTT. Keindahannya nyata bak negeri dongeng yang menawan, cocok dijadikan lokasi petualangan setelah PPKM. Yuk simak ulasan di bawah ini.

Baca juga : Wisata Alam Lembah Hijau Rumbia, Liburan Asyik di Kampung Bambu

1. Gua Kristal

Gua kristal
Ilustrasi via instagram sepcya

Pertama ada objek wisata seru yaitu Gua Kristal, mempunyai keindahan air di dalam gua yang bening berwarna biru seperti kristal. Teman Traveler dapat menyusuri gua sekaligus menikmati kesegaran airnya dengan berenang. Jangan lupa membawa senter sebagai penerangan dan berhati-hati sebab banyak batuan terjal serta licin ketika akan masuk ke dalam gua. Kolam alaminya memiliki panjang sekitar 10 meter dengan lebar 3 meter dan kedalaman 8 meter.

Gua Kristal berlokasi di Desa Bolok, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur. Dari pusat kota dapat ditempuh sekitar 25 menit perjalanan. Sebelum sampai gua, Teman Traveler harus trekking sejauh 150 meter menuju mulut gua. Harga tiket membayar seikhlasnya begitu juga untuk pemandu lokal. Jam operasional wisata buka selama 24 jam setiap hari.

2. Air Terjun Oenesu

Air terjun oenesu
Ilustrasi via instagram claudianajib

Selanjutnya ada wisata air lainnya, Air Terjun Oenesu yang tidak pernah kering, keindahan alamnya sangat mempesona. Dikelilingi pepohonan rimbun membuat tempat ini sejuk dan menenangkan, kolam alaminya juga bening. Teman Traveler dapat bermain air pada kolam, berfoto pada latar panoramanya atau menikmati alam dengan bersantai. Jarak trekking menuju air terjun mudah dan tidak jauh dari parkiran.

Fasilitas wisata ada area parkir, toilet, ruang ganti, gazebo dan lainnya. Harga tiket masuk Rp 5.000 per orang, biaya parkir motor Rp 5.000 dan mobil Rp 10.000. Harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu. Air Terjun Oenesu berlokasi di Desa Oenesu, Kecamatan Kupang Barat, Kupang, Nusa Tenggara Timur. Jam operasional wisata pukul 08.00-18.00 WITA, buka setiap hari.

3. Gunung Fatuleu

Gunung fatuleu
Ilustrasi via instagram trijuliandi_malay

Kemudian ada Gunung Fatuleu yang memiliki pemandangan indah alam Kupang dari ketinggian serta diliputi mitos mistis. Konon dahulu menjadi lokasi upacara adat lalu tidak boleh ada orang sembarangan menaiki gunung ini, jika tidak ingin hilang dan tak kembali. Namun kini telah dijadikan objek wisata, memiliki ketinggian 875 meter dengan jalur trekking mudah dilalui yaitu sebuah tangga. Panorama dari atas sangat indah cocok dijadikan latar foto instagenic.

Fasilitas wisata ada area parkir, toilet, lopo atau gezebo, warung makanan serta minuman dan lainnya. Harga tiket masuk seikhlasnya begitu juga dengan pemandu lokal. Gunung Fatuleu berlokasi di Desa Nunsaen, Kecamatan Fatuleu Tengah, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur. Dapat ditempuh selama 2 jam perjalanan dari pusat Kabupaten Kupang. Jam operasional wisata buka selama 24 jam setiap hari.

4. Pantai Tablolong

Pantai tablolong
Ilustrasi via instagram asefhidayat

Berikutnya ada Pantai Tablolong salah satu destinasi populer, memiliki pantai luas, air jernih kebiruan, dengan ombak tenang. Banyak aktivitas yang dapat dilakukan seperti renang, memancing, diving, menikmati suasana sambil bersantai di gazebo atau bermain ATV menyusuri pantai. Jangan lupa mengabadikan momen saat sunset karena viewnya sangat cantik.

Fasilitas wisata ada area parkir, toilet, kamar ganti, warung makanan serta minuman, gazebo, penyewaan ATV dan lainnya. Harga tiket masuk Rp 5.000 per orang, harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu. Pantai Tablolong berlokasi di Desa Tablolong, Kecamatan Kupang Barat, Kupang, Nusa Tenggara Timur. Jam operasional wisata buka selama 24 jam setiap hari.

Demikian ulasan 4 objek wisata alam di Kupang, Nusa Tenggara Timur. Bisa dijadikan referensi liburan Teman Traveler saat PPKM selesai. Jangan lupa selalu menerapkan protokol kesehatan. Next

ramadan
fi kafe instagramable di jogja

4 Kafe Instagramable di Jogja, Tempat Nongkrong Seru Bersama Teman

fi tempat wisata masih ditutup

PPKM Masih Berlanjut, Tempat Wisata Masih Akan Tutup di Jawa dan Bali