in ,

Jelajah Objek Wisata Nias Selatan Membawamu ke Pantai Hingga Zaman Batu, Seru!

Lengkapnya Pilihan Destinasi di Nias Selatan, Jangan Cuma Jadi Khayalan!

Objek wisata Nias Selatan akan mengajak Teman Traveler menjelajah pantai hingga mengagumi peninggalan zaman megalitikum. Luar biasa? Tentu saja! Salah satu kabupaten di Sumatera Utara dengan 104 gugusan pulau besar dan kecil ini selalu bersiap menyambut para tamunya. Bagaimana? Akhir tahun ini tiba-tiba terpikir untuk liburan ke Nias Selatan? Kalau begitu simak uraian berikut ini agar lebih tergoda untuk pergi!

Baca juga : Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Mudik, Penting Untuk Disimak!

1. Pantai Baloho

Pantai Baloho dari Atas via Instagram/ djani.us

Pantai Baloho, berjarak sekitar 2,5 km dari pusat Kota Telukdalam. Air yang dimilikinya, bergradasi dengan indah sekali. Hamparan pasirnya memanjang sehingga memuaskan siapa pun untuk bermain-main di atasnya. Baloho Beach memiliki pemandangan yang masih asri. Hal tersebut menjadi daya tarik di mata para wisatawan. Tidak aneh jika jumlah pengunjung mencapai puluhan tiap harinya. Terlebih jika tiba masanya libur panjang.

2. Pantai Ladeha

Sanggup Menahan Godaan dari Batuan Karang di Pantai Ladeha? via Instagram/ adiatmanhulu

Pantai Ladeha adalah wisata Nias Selatan yang memiliki bentang alam unik. Yaitu didominasi oleh batuan karang yang kokoh dan besar. Selain itu, di sini juga ada kolam alami yang terbentuk begitu saja oleh proses alam. Untuk datang ke kawasan ini, menikmati lanskapnya, Teman Traveler perlu datang ke Desa Lolomoyo, Kecamatan Amandraya. Jarak dari ibukota Telukdalam sekitar 1 jam perjalanan menggunakan kendaraan. Meski begitu, Teman Traveler dijamin tidak akan kecewa.

3. Desa Bawomataluo

Lompat Batu, Salah Satu Budaya yang Bisa Disaksikan di Desa Bawomataluo via Instagram/ ainebro

Bagi Teman Traveler yang memiliki ketertarikan lebih terhadap budaya, Desa Bawomataluo akan jadi destinasi yang menyenangkan. Desa adat yang terletak di atas bukit ini sudah ada sejak berabad-abad lalu. Sebanyak tujuh puluh tujuh anak tangga yang terbuat dari batu alam tersusun dengan rapi sebagai jalan menuju desa. Sesampainya di sini, siapa pun akan terpesona dengan masyarakatnya yang masih teguh memegang adat warisan nenek moyang. Menghabiskan waktu satu hari di Desa Bawomataluo, rasanya akan kurang.

4. Situs Megalit Tetegewo

Pesona Situs Megalit Tetegewo yang Bikin Takjub Seketika via Instagram/ pradianceduha

Situs Megalit Tetegewo di Desa Tetegewo, Kecamatan Sidua Ori harus jadi destinasi wisata Nias Selatan selanjutnya yang dikunjungi! Berada di atas bukit, artefak-artefak peninggalan zaman megalitikum memenuhi hampir seluruh kawasan. Di sini terdapat batu tunggal, batu berbentuk tugu, batuan pipih bulat sempurna yang pada masanya digunakan sebagai alas menari. Mereka semua menebarkan aura-aura magis yang luar biasa dan membuat siapa saja terpana.

Untuk sampai ke lokasi ini, Teman Traveler harus menepuh perjalanan sekitar 1,5 jam dari Telukdalam. Selanjutnya, sambung dengan mendaki bukit secara berjalan kaki sejauh 10 km. Sebuah tantangan yang harus ditaklukkan!

5. Pantai Moale

Siap ke Pantai Moale? via Instagram/ ronicendra

Takkalah memesona dengan dua pantai sebelumnya, Pantai Moale di Kecamatan O’ou ini bisa membius Teman Traveler dengan keindahannya. Pasir di kawasan ini putih dan lembut, sehingga tidak akan menyakiti kaki bila ingin berlama-lama bermain di atasnya atau berjalan menyusuri pesisir sambil menikmati matahari sore. Mau menikmatinya sendiri atau bersama pasangan, sama-sama menyenangkan.

6. Kepulauan Batu

Sunset di Pulau Tello via Instagram/ siannierich

Secara administratif, Kepulauan Batu masih merupakan bagian dari Kabupaten Nias Selatan. Salah satu gugusan kepulauan yang ada di Nisel ini memiliki beberapa pulau yang cantik. Sebut saja Pulau Sifika, Tello, Sibaranun dan Sibolo. Pulau-pulau tersebut memiliki pantai yang luar biasa istimewa. Bahkan, kunjungan wisatawan lokal dan mancanegara ke kawasan pada 2017 lalu mencapai angka ribuan orang. Semua tentu saja karena keindahan bentang alamnya yang tidak biasa. Nggak penasaran?

Objek wisata Nias Selatan nyatanya memang selengkap ini. Dari pantai hingga peninggalan zaman megalitikum yang pesonanya nggak nyantai. Gimana? Jangan hanya jadikan Nias Selatan sebagai khayalan dong! Yuk wujudkan! Ditunggu di sini ya! Next

ramadan
Via Instagram/ygpratama

Florian Ice Cream di Semarang, Tawarkan Sensasi Rasa yang Sama Sejak 1980

Gohu Salmon, Via Instagram/chondro_kirono

Kuliner Ikan Mentah Asli Indonesia, Berani Coba?