in , ,

Oden, Jajanan di Kuala Lumpur yang Enaknya Juara

oden di malaysia
oden di malaysia

Pernah traveling ke Kuala Lumpur, Malaysia? Nah kali ini saya ingin ngasih informasi tentang kuliner yang enak dan mantab. Selain itu juga gampang ditemukan di kota ini. Apa sih itu? Namanya Oden, makanan khas Negeri Sakura.

Baca juga : Kebun Bunga Begonia, Wisata Warna-warni Berhawa Sejuk di Lembang Bandung

IMG_20190715_232718_9710.jpg
Oden (c) Arfani/Travelingyuk

Oden adalah kuliner Jepang yang cara memasak bahannya dengan direbus. Kuahnya sendiri dibuat dari berbagai macam bumbu, sehingga nikmat saat disantap. Kuahnya ada dua macam yaitu pedas dan tidak. Rasanya mirip seperti tom yum.

IMG_20190715_232814_2968.jpg
Oden (c) Arfani/Travelingyuk

Sedangkan untuk kuah yang tidak pedas rasanya lebih ke asin seperti kuah yang dibuat dari ikan teri dicampur dengan bahan-bahan lain yang direbus bersama tidak terlalu kuat pas untuk semua kalangan.

IMG_20190715_232742_9246.jpg
Oden (c) Arfani/Travelingyuk

Oden ini di masak dalam tempat berbentuk kotak dan disajikan saat masih panas. Isi dari oden ini biasanya merupaka produk makanan jadi yang dijual di supermarket. Kalau di negara Jepang biasanya sangat cocok sekali makan Oden ini di musim dingin, nah kalau untuk kita cocoknya pas lagi kedingingan Aircond atau pas lagi pengen makan yang panas-panas.

IMG_20190715_232705_9584.jpg
Oden (c) Arfani/Travelingyuk

Berbagai macam pilihan isi oden ini bisa dipilih sesuai selera ada seafood tofu fish cake, crab fish cake, veggie fish cake, mini snow crab cake, king crab chunk, korean odeng fish cake, corn, daikon, chicken ball, fried fish ball, white fish ball, fish cake slice, egg dan masih banyak lagi.

IMG_20190715_232651_7826.jpg
Oden (c) Arfani/Travelingyuk

Tidak perlu repot menghafal nama-namanya ya karna untuk membelinya cukup mudah sekali kalian tinggal tunjuk jari saja dan pilih mana yang kalian suka lalu penjual akan mengambilkannya dan memasukkan ke dalam wadah. Setelah itu tinggal minta saja mau kuah banyak atau sedikit lalu bayar dikasir dan tinggal menikmati kelezatannya.

Di Kuala Lumpur oden ini dijual di gerai-gerai family mart yang tersebar luas di sana. Ternyata family mart ini merupakan jaringan waralaba yang berkantor pusat di jepang jadi tidak heran yaa ada oden yang dijajakan disini. Waktu pertama makan ini kebetulan aku makan pas lagi di bandara KLIA2 tengah malam, hawanya dingin pas banget makan oden ini untuk menghangatkan badan.

IMG_20190715_232800_5203.jpg
Oden (c) Arfani/Travelingyuk

Jam operasional Family mart ini 24 jam jadi tidak perlu khawatir kecewa karena tempat tutup. Nah Family mart sendiri banyak cabangnya kalian bisa mengunjungi yang berada di pusat kota seperti bukit bintang dengan transportasi umum bus ataupun MRT. Beli sekali malah jadi ketagihan untuk membeli terus menerus saat berlibur kesana. Menurut saya makanan ini lumayan populer di Kuala Lumpur karena saya melihat selalu ada antrian di bagian konter penjual oden ini.  Next

ramadan
Green Canyon Pangandaran

Cukang Taneuh, Green Canyon di Pangandaran, Jawa Barat

Candi Kidal

Candi Kidal, Jejak Kerajaan Singasari di Malang