in ,

Beragam Olahan Ikan khas Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin, Surga bagi Pecinta Seafood

4 Olahan Ikan Sekayu

Teman traveler tentu sudah tidak asing mendengar Sungai Musi yang berada di Kota Palembang. Masih satu provinsi namun beda kota, terdapat kecamatan Sekayu di Kabupaten Musi Banyuasin. Sekayu bisa dibilang sebagai surga bagi pecinta seafood, terutama ikan. Berikut beberapa olahan ikan khas Sekayu. Silahkan disimak ya!

Baca juga : Tempat Makan Sekitar Stasiun Semarang Tawang, Enak dengan Harga Terjangkau

Brengkes Tempoyak

Brengkes Tempoyak via Instagram @dapur_ceknung

Brengkes atau di Jawa disebut pepes, merupakan lauk yang biasanya terbuat dari ikan patin. Bumbu yang digunakan adalah cabai merah, bawang, sereh, gula merah, laos, dan kunyit. Selain itu, tentu tidak ketinggalan tempoyak atau durian yang sudah difermentasi. Pencampuran tempoyak pada brengkes ini menghasilkan perpaduan citarasa unik. Lidah pecinta kuliner akan dimanjakan dengan rasa gurih, pedas, manis, dan asam. Pecinta durian juga bisa mencicipi panganan unik satu ini. Jelas, olahan ikan khas Sekayu satu ini sayang dilewatkan.

Pedeh atau Rusip

Pedeh atau Rusip via Instagram @ailiehoalie74

Olahan ikan satu ini terbilang unik. Bahan utama biasanya ikan sepat yang dicuci bersih lalu diberi garam dan dimasukkan ke dalam wadah dicampur dengan nasi sangrai. Kemudian didiamkan selama satu hingga dua minggu. Jika sudah cukup proses fermentasinya, pedeh biasanya diolah menjadi pepes atau ditumis dengan cabai rawit. Wah jadi penasaran ingin mencoba olahan ikan khas Sekayu dengan proses fermentasi ini.

Pindang Salai Ikan

Pindang Salai Ikan via Instagram @tradisikuliner

Sayur ikan satu ini memang banyak ditemui di Kabupaten Musi Banyuasin, tidak hanya di Kecamatan Sekayu. Sebenarnya bahan utama pindang salai tidak hanya baung, bisa juga ikan lais, ikan gabus, maupun patin. Keutamaan kuliner ini adalah pada proses pengawetan ikan, dengan cara diasap atau di-salai. Pecinta kuliner patut mencicip salai ikan baung kuah pindang yang bercitarasa gurih ini.

Pundang

Pundang atau Ikan Seluang via Instagram @mang_oni_

Panganan satu ini terbuat dari ikan seluang, ikan kecil seperti ikan teri yang hidup di Sungai Musi. Biasanya ikan seluang digoreng kering atau diberi tepung lalu digoreng. Pecinta kuliner bisa menyantap ikan seluang dengan nasi hangat ditambah sambal kemang, sejenis buah mangga, yang memiliki citarasa pedas asam. Sungguh menggoda untuk dicicipi!

Berniat menghabiskan liburan di Palembang? Pastikan Teman Traveler mencoba salah satu dariĀ olahan kan khas Sekayu di atas. Bagaimana, setuju kan? Next

ramadan
Nongkrong Asik dan Kekinian di SoFashionCafeId

Pecinta Warna Pink di Ibukota, Wajib Mampir ke Sofashion Cafe Jakarta

Malang Flower Carnival, Tampilkan Flora Indonesia Melalui Desain Kostum