in ,

Oleh-Oleh Asli Bondowoso yang Wajib Dibeli

Terletak di tengah Jawa Timur, Bondowoso menjadi salah satu kota yang tidak memiliki pantai. Pun demikian, destinasi air terjun di sana cukup banyak dan keren. Bukan hanya itu, oleh oleh dari Bondowoso  juga banyak dilirik para traveler. Nah, bagi kamu yang tengah liburan atau lewat di Kota Tape, jangan sampai lupa untuk membeli buah tangan berikut ini!

Baca juga : Museum Gedung Sate, Romansa antara Budaya dan Heroiknya Pemuda

1. Tape Manis

Tape Manis
Tape Manis [image source]
Oleh oleh kuliner Bondowoso? Tape jawabannya. Siapa sih yang tidak kenal dengan makanan yang berasal dari singkong ini. Berbeda dengan lainnya, Tape Bondowoso terkenal manis dan bikin ketagihan. Adapun merk terkenal  yang sering diserbu para wisatawan adalah Tape Manis 82, Tape Manis 31, Tape Handayani, dan Tape Manis Tjap Enak. Sudah pernah coba belum?

Lokasi : Tape Handayani 82

Jl. PB Sudirman, Blindungan, Kec. Bondowoso, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur

2. Tape Bakar

Tape Bakar
Tape Bakar [image source]
Bukan hanya tape yang dikemas dalam besek atau anyaman bambu berbentuk kota saja. Ternyata Bondowoso juga menjual oleh-oleh lain dari singkong. Salah satunya adalah Tape Bakar yang sudah lama terjual di pusat buah tangan di kota ini. Rasanya pun tidak kalah enak dan sangat cocok diberikan kepada sanak saudara yang ada di rumah.

Lokasi : Banyak dijual di toko oleh-oleh Bondowoso

3. Pia Tape

Pia Tape
Pia Tape [image source]
Buah tangan berikutnya yang banyak dibeli para traveler saat berkunjung ke Bondowoso adalah Pia Tape. Ya, masih dari olahan fermentasi singkong, makanan ini  menjadi salah satu primadona bagi pecinta kuliner. Untuk mendapatkannya sangat mudah karena di daerah Jalan Jenderal Sudirman dan Teuku Umar atau lebih dikenal dengan daerah Pecinan terdapat banyak toko oleh-oleh penjual Pia Tape.

Lokasi : Banyak dijual di toko oleh-oleh Bondowoso

4. Suwar Suwir

Suwar Suwir
Suwar Suwir [image source]
Selain Pia Tape, ada satu lagi oleh-oleh yang banyak dibeli wisatawan saat berkunjung ke kota ini. Ialah Suwar-Suwir yang dibuat dari tape, berbentuk persegi panjang ukuran 3 sampai 4 cm. Ya, mirip seperti dodol namun terasa lebih manis dan legit di lidah. Makanan ini sebenarnya lebih dikenal sebagai oleh-oleh khas Jember. Namun karena tempatnya berdekatan tentu saja banyak toko di Bondowoso yang menjualnya.

Lokasi : Banyak dijual di toko oleh-oleh Bondowoso

5. Souvenir dari Limbah

Souvenir dari Bondowoso
Souvenir dari Bondowoso [image source]
Bukan hanya makanan saja, ternyata ada juga souvenir yang menjadi salah satu oleh-oleh paling laris di Bondowoso. Dibuat dengan mendaur ulang limbah kemudian dibentuk dan dikemas sedemikian rupa beragam aksesoris mulai dari kalung, gantung, hingga hiasan rumah lainnya terjual di kota ini. Adapun sentra penjualannya bernama Flodista. Di sana pula, wisatawan dapat melihat langsung proses pembuatan kerajinan,

Alamat : Jalan Sentawi Pinang Pas III Nomor 3, Bondowoso

Nah, sudah tahu kan apa saja yang akan dibeli saat ke kota satu ini? Menikmati objek wisata Bondowoso, rugi kalau tidak mampir di pusat oleh-olehnya. Next

ramadan
Taman Bunga

Kediri Punya Taman Bunga Seindah Ini Lho!

Hotel Berbintang di Lombok yang Terjangkau Untuk Bulan Madu