in ,

Oleh-oleh dari Boyolali, Mulai Kuliner Khas Sampai Kekinian

Pilihan Oleh-oleh dari Boyolali yang Bisa Dibeli

Marning jagung, Via Instagram/bachtiar_exito
Marning jagung, Via Instagram/bachtiar_exito

Boyolali merupakan kabupaten yang berada di Jawa Tengah. Berbicara mengenai tempat wisata, Boyolali juga banyak menyuguhkan pilihan yang bikin segera berkunjung. Ada destinasi kekinian sampai dengan alam yang memesona. Pulang traveling dari Boyolali tanpa membawa buah tangan sepertinya kurang pas ya. Maka dari itulah, Travelingyuk akan memberikan beberapa oleh-oleh khas Boyolali yang bisa dibawakan untuk orang-orang yang sudah menunggu kedatanganmu di rumah.

Baca juga : 14 Curug Menawan Sukabumi, Keindahannya Sungguh Membekas di Hati

Lentho atau Mentho

Lentho (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk
Lentho (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Oleh-oleh lainnya yang sangat khas Jawa Tengah adalah lentho atau yang disebut juga dengan mentho. Bahan utama pembuatan oleh-oleh ini adalah singkong, kacang tolo, dan juga kelapa. Ini banyak dijajakan di pasar tradisional. Bisa juga dibawa pulang untuk oleh-oleh buat keluarga di rumah. Kuliner tradisonal berbahan dasar ketela yang begitu mengenyangkan.

Marning Aneka Rasa

Marning jagung, Via Instagram/bachtiar_exito
Marning jagung, Via Instagram/bachtiar_exito

Marning merupakan kuliner yang terbuat dari jagung kering yang digoreng dengan minyak yang panas. Marning memang ada di daerah lainnya, terutama di Jawa. Namun marning dari Boyolali cukup berbeda karena memiliki banyak pilihan rasa. Ada rasa-rasa seperti halnya gurih, asin, manis, dan juga pedas.

Ada pula yang disesuaikan dengan perkembangan zaman dengan rasa-rasa kekinian, misalnya saja keju, balado, barbeque dan lain-lain. Karena rasanya yang beda, maka dari itu jangan lupa untuk membawa pulang marning setelah traveling dan bersenang-senang di Boyolali ya Teman Traveler.

Aneka Olahan Jeroan Sapi

Paru goreng, Via Instagram/byresepmama
Paru goreng, Via Instagram/byresepmama

Selanjutnya jangan lupa juga untuk membeli aneka olahan jeroan yang memiliki rasa nikmat yang sadis. Contohnya saja kerupuk rambak sapi, dendeng sapi, paru goreng sampai dengan abon sapi. Olahan-olahan seperti ini akan sangat mudah kamu temui di Boyolali. Karena memang di sana merupakan salah satu sentra atau tempat peternakan sapi. Jadi, tidak hanya diambil susunya saja, bagian yang lainnya juga dimanfaatkan.

Keju Boyolali

Keju Indrakila, Via Instagram/mde_ayu
Keju Indrakila, Via Instagram/mde_ayu

Jalan-jalan ke Boyolali jangan lupa untuk membeli keju. Ini merupakan produk buatan lokal yang bisa banget dibawa pulang untuk oleh-oleh keluarga di rumah. Bahan dasarnya merupakan susu sapi segar yang berasal dari warga setempat. Untuk produsen keju khas Boyolali ada dua tempatnya, yakni yang berada di Selo dan Indrakila.

Untuk yang berada di Selo, ini merupakan keju yang dimiliki oleh warga Belanda yang sudah lama menetap di Indonesia dan ingin mengembangkan potensi susu sapi di Selo, namanya adalah Keju Meneer

Dodol Susu

Dodol susu, Foto Istimewa
Dodol susu, Foto Istimewa

Produksi susu yang melimpah di Boyolali membuat masyarakat setempat memutar otak untuk memanfaatkannya. Dan setelah sebelumnya dibuat keju, juga dimanfaatkan untuk dodol susu. Oleh-oleh khas Boyolali ini dibuat dengan campuran susu sapi segar. Karena terbuat dari bahan yang berkualitas inilah, rasanya jadi manis, kenyal, dan creamy. Cocok sekali untuk oleh-oleh, terutama yang memiliki anak, adik, ataupun juga keponakan.

Jelajah Boyolali jangan lupa untuk membawa pulang salah satu oleh-oleh yang disebutkan di atas ya. Terutama buat kamu yang suka dengan olahan susu sapi, jangan malas untuk membeli keju ataupun juga dodol. Next

ramadan
Via Instagram/twicetagram

Destinasi Liburan Personel TWICE, Kenali Lebih Dalam Member Favoritmu

Wisata dengan Outbond di Medan

Deretan Tempat Outbound di Medan, Rekreasi Bersama Keluarga di Alam Terbuka