in ,

Oleh-oleh Kuliner Madura dengan Kenikmatan yang Menggugah Selera

Oleh-oleh Kuliner Madura

Oleh-oleh Madura
Oleh-oleh Madura

Madura juga handal dalam hal kuliner, selain budaya dan orang-orangnya yang terkenal. Kalau kamu liburan di pulau penghasil garam ini, jangan lupa bawa pulang oleh-oleh khas madura. Beberapa dibuat dengan bumbu khusus, sehingga kamu hanya akan mendapatkan rasa jika beli langsung di Madura. Apa saja ya? Simak ulasannya di bawah ini.

Baca juga : Kampung Batik Laweyan, Sarana Edukasi dan Promosi Batik Terbaik di Solo

1. Petis Madura

Petis Madura
Petis Madura via carokmadura.wordpress.com

Petis adalah olahan yang dibuat dari udang atau ikan dan biasanya digunakan sebagai bumbu rujak atau sambal. Beberapa kota memiliki petis khasnya masing-masing, termasuk Madura. Warnanya coklat muda dengan rasa gurih asin dan segar. Berbeda jauh dengan petis Jawa yang gelap dan rasanya manis. Di toko oleh-oleh, biasanya sudah ada petis dalam bentuk kemasan kecil. Bawa pulang, lalu santap dengan gorengan atau buah-buahan.

Rujak Iris
Rujak Iris dengan bumbu petis Madura via Travelibgyuk/febri

2. Rengginang Lorjuk

Rengginang Lorjuk
Rengginang Lorjuk via Rumah Maya Tatit

Rengginang cukup populer sebagai camilan, terutama saat lebaran. Di Madura, ada rengginang Lorjuk yang memiliki bentuk unik seperti gelas kecil. Rasanya juga nikmat karena memang menggunakan ikan-ikan yang melimpah. Satu kemasan berukuran besar biasanya dihargai sekitar Rp20.000. Macamnya juga banyak, ada yang berwarna merah hingga hitam.

Rengginang khas Madura
Rengginang khas Madura via rengginangmadura4

3. Terasi Madura

terasi madura
terasi madura via pusat grosir terasi

Madura memang tempatnya kuliner serba olahan laut. Selain petis dan rengginang, kamu juga bisa membawa buah tangan berupa terasi. Udang-udang yang terkumpul dari para nelayan, diolah menjadi terasi dengan rasa khas. Saat ditambahkan ke sambal bisa menambah kenikmatannya. Jika kamu ingin melihat langsung bagaimana pengolahannya, bisa menuju ke Desa Macajah di Kabupaten Bangkalan. Tempat ini terkenal sebagai sentra produsen terasi Madura.

terasi madura
terasi madura via jembersaja

4. Teri Krispi

Teri Krispi
Teri Krispi via terikrispimadura

Teri krispi tergolong kuliner buruan wisatawan. Ikan kecil-kecil itu dimasak dengan bumbu ala Madura dan dibubuhi tepung lalu digoreng kering. Biasanya camilan ini dbungkus dalam toples-toples mini. Sekarang ini tersedia banyak varian rasa dan ukuran. Kamu bisa memilih sesuai selera dan membawa pulang sebanyak-banyaknya.

Teri
Teri Krispi Via IndonesiaKaya.com

5. Kerupuk Ikan

Kerupuk Ikan Madura
Kerupuk Ikan Madura via Oleh Madura

Ada banyak merek kerupuk ikan khas Madura. Kamu mungkin akan dibuat bingung untuk menentukan pilihan. Tak perlu risau hamper semuanya enak-enak karena dibuat dengan ikan yang banyak. Salah satu yang terkenal adalah kerupuk yang bentuknya seperti kepangan rambut. Satu bungkus besar harganya sekitar Rp50.000.

Kerupuk ikan
Kerupuk ikan via Bukalapak

Itulah beberapa oleh-oleh Madura yang bisa kamu bawa pulang untuk keluarga di rumah. Kamu punya pilihan lain yang tidak kalah mantap? Coba sebutkan di kolom komentar ya. Next

ramadan
Tempat Menginap di Kepulauan Mentawai

Tempat Menginap di Kepulauan Mentawai, Indahnya Bak di Surga

Pilihan Tempat Wisata Terbaik Bulan Mei Rekomendasi Travelingyuk