in , , ,

Jangan Lupa Bawa Oleh-oleh Makana Khas Labuan Bajo, Ada Pia Bajo Yang Lezat

Kompiang menjadi camilan paling terkenla ditanah Bajo
Kompiang menjadi camilan paling terkenla ditanah Bajo

Traveling ke Timur Indonesia menjadi rencana paling indah ketika liburan. Bagaimana tidak, panorama alamnya sungguh luar biasa. Mulai dari wisata lautan hingga wisata pegunungan akan membuat mata para traveler terpana. Salah satunya berlibur ke Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Rasanya kurang lengkap ketika menikmati indahnya labuhan bajo tanpa mencicipi makanan khas daerahnya. Nah, berikut kami rangkum makanan khas yang bisa dibawa pulang untuk oleh-oleh keluarga dan sahabat dirumah.

Baca juga : Eksotisme Karang Tajam di Pantai Gigi Hiu Lampung

Kopi

Kopi Robusta dari tanah Manggarai menjadi oleh-oleh terpopuler labuhan bajo
Kopi Robusta dari tanah Manggarai menjadi oleh-oleh terpopuler labuan bajo. Foto via detik.com

Salah satu yang terkenal di Labuan Bajo adalah kopi. Kopi ini bahkan dikelan oleh mancanegara hingga Eropa lantaran rasa dan kualitasnya yang bisa dibilang premium. Kopi paling terkenal adalah kopi arabika dan kopi robusta. Meski kedua kopi ini berasal dari tanah Manggarai namun di area Labuan Bajo akan berjejer rapih kedua kopi ini dalam berbagai kemasan. Harga berkisar mulai dari Rp. 15.000 hingga Rp. 85.000 untuk ukuran 200 gram.

Kompiang

Kompiang menjadi camilan paling terkenla ditanah Bajo
Kompiang menjadi camilan paling terkenla ditanah Bajo. Foto via jpnn.com

Hampir menyerupai roti namun bertekstur lebih padat dan cita rasa yang manis. Uniknya, sisi atas kompiang ditaburi dengan biji wijen dan ditengah kompiang tersedia berbagai macam aneka selai seperti blueberry, coklat, keju, dan aneka selai lainnya. Kompiang menjadi kue oleh-oleh paling populer di tanah Flores yang biasa dibanderol dengan harga mulai Rp. 1.000 hingga Rp. 9.000 per biji sesuai dengan jenis rasanya.

Pia Bajo

Pia Bajo dengan tiga varian isi yang lezat
Pia Bajo dengan tiga varian isi yang lezat. Foto via travelkompas.com

Pia Bajo memiliki rasa yang terpadu dari pia khas Bali dan pia khas Malang. Tekstur lapisan luar berasa renyah dan tekstur isinya sangat lembut. Varian rasa yang biasa dijual adalah keju, kacang hijau dan coklat, namun banyak traveler lebih memilih pia Bajo dengan varian rasa coklat sebagai oleh-oleh. Harga pia Bajo ini bervariasi tergantung rasa dibandrol mulai dari Rp. 50.000 hingga Rp. 75.000 dengan berat 700 gram.

Madu Hutan

Madu Hutan khas Bajo yang sangat berkhasiat
Madu Hutan khas Bajo yang sangat berkhasiat. Foto via smartcu.com

Madu memang berkhasiat baik untuk tubuh. Keberadaan madu hutan khas Bajo ini menjadi pilihan bagi traveler luar negeri untuk oleh-oleh. Meski harganya sangat fantastis dengan ukuran 300 mililiter dipatok dengan harga Rp. 150.000 namun konsumen madu hutan sangat tinggi, apalagi ketika pandemi covid-19 lalu lintas madu hutan Bajo ini meningkat tajam. Ada satu merek madu hutan paling premium adalah Mbojo Honey.

Gula Rebok

Gula rebok dari pohon aren yang bertekstur bubuk
Gula rebok dari pohon aren yang bertekstur bubuk. Foto via shopee.com

Di Jawa gula ini bernama gula merah, namun di Bajo gula merah ini terbuat dari air pohon enau atau biasa disebut aren untuk warga pulau Jawa. Cara pengolahannya pun sama, hanya saja berbeda ketika penyajiannya. Gula Rebok disajikan dalam bentuk bubuk layaknya pasir, namun bagi traveler yang ingin membelinya bisa juga dalam bentuk bongkahan balok ataupun setengah lingkaran. Untuk harga satu bungkus gula rebok ini dipatok dengan harga Rp. 50.000 dengan bungkus daun anau yang dikeringkan.

Jamu dan Rempah

Jamu dan Rempah khas Bajo yang  berkhasiat
Jamu dan Rempah khas Bajo yang berkhasiat. Foto via kompas.com

Jamu dan rempah-rempah pilihan dari tanah Flores ini dapat dijadikan oleh-oleh untuk kebutuhan kesehatan keluarga. Berbagai jenis rempah rempah bubuk hingga bijian dapat kamu beli mulai dai Rp. 50.000 hingga Rp. 80.000 dalam satu pack varian jamu.

Olahan Ikan

Lezatnya olahan ikan seperti sambal teri khas Bajo
Lezatnya olahan ikan seperti sambal teri khas Bajo. Foto via lifestyleokezone.com

Labuan bajo merukapan dataran yang sangat berdekatan dengan lautan. Tak heran banyak mata pencaharian warga Bajo ataupun Flores sebagai nelayan. Untuk urusan kuliner, pastinya menu berbahan dasar ikan menjadi bahan utama, seperti abon, se’i, dan aneka sambal. Harga berbagai sambal ikan ini dapat kamu nikmati dengan harga Rp. 25.000 untuk kemasan 150 gram seperti sambal ikan asap cakalang. Kemudian abon ikan dijual mulai dari Rp. 30.000 hingga Rp. 50.000 per 250 gram kemasan. Next

ramadan

Bingung Pilih Tempat Tidur Hotel? Simak Perbedaan Single Bed, Double Bed, Hingga King Bed

Labuan Bajo Akan Menggelar Festival Maritim di kawasan Taman Marina Labuan bajo

Labuan Bajo Akan Menggelar Festival Maritim Dibulan Oktober 2022