in

Omicron Masuk RI, Menkes Himbau Tidak Liburan Ke Luar Negeri

Pekerja pembersih Wisam Atlit Jakarta menjadi kasus pertama Omicron di Indonesia. tercatat ada 3 pekerja yang positif Covid, namun setelah diteliti hanya satu yang terkena Omicron. Namun pihaknya telah mengklarifikasi setelah di tes PCR kedua kalinya ketiga pekerja itu sudah tertera Negatif Covid.

Baca juga : Heboh! Selain Kalajengking di Kabin Lion Air, Hewan Mengerikan Ini Pernah “Numpang” di Pesawat!

Virus baru jenis Omicron telah masuk ke RI. Foto via tribunews.com

Menkes Budi Gunadi mnyetakan bahwa himbauan untuk tidak liburan ke luar negeri dan cukup didalam negeri saja. Indonesia negara yang jauh lebih aman dibanding negara lain di luar. Kita jaga keluarga kita, kita jaga tetangga kita dan kita jaga seluruh rakyat Indonesia dengan mengurangi perjalanan ke luar negeri kalau tidak perlu dan jalan-jalan saja di dalam negeri karena jauh relatif lebih aman.

Selain tiga kasus di Wisma Atlet Jakarta, Kemenkes juga mengecek 5 kasus virus Omicron lainnya. Dua kasus adalah warga negara Indonesia yang baru kembali dari Amerika Serikat, dan Inggris. Kedua warga negara Indonesia ini sekarang sedang diisolasi di Wisma Atlet, tiga kasus probable lainnya adalah warga negara asing dari Tiongkok yang datang ke Manado dan sekarang sedang diisolasi di karantina Manado.

Waspada Omicron lebih cepat menyebar dari covid 19. Foto via sindonews.com

Menkes Budi Gunadi juga mengutarakan kepada masyarakat wajib terinformasi, selain itu pesan dari menkes juga menyatakan bahwa masyarakat untuk tidak usah khawatir, tidak perlu panik, tetaplah hidup seperti biasa. Yang paling diutamakan adalah kewaspadaan, dan tetap menjaga protokol kesehatan, jangan pantang kendor, mengedepankan sifat disiplin, serta menjaga jarak dan tetap memakai masker saat berpergian keluar rumah.

Menkes menghimbau tetap waspada terhadap Omicron. Foto via idx.channel.com

Untuk perjalanan keuar negeri, menkes mengharap menunda kegiatan melancong atau urusan yang tidak begitu urgen. Penyebaran Omicron terbukti sangat cepat. di Inggris awalnya 10 per hari, naik 100 per hari sekarang 70 ribu per hari lebih tinggi dari puncaknya kasus Indonesia pada bulan Juli 50.000 per hari. Next

ramadan

Nikmati Kesejukan Situ Cicerem dengan Balutan Pepohonan Yang Rindang

Mbulak Wilkel, Tempat Wisata di Pleret Yang Viral Awalnya Cuma Tempat Momong Bayi