in , ,

Pangonan Kopi, Serba 7 Ribuan dengan Panorama Lawu nan Mempesona

Santai Sambil Nikmati Pemandangan Lawu di Pangonan Kopi

Pangonan Kopi Tawangmangu
Pangonan Kopi Tawangmangu (c) Nurlaili Sholaikah/Travelingyuk

Tawangmangu adalah kota sejuk yang juga dikenal sebagai salah satu ikon wisata di ujung timur Kabupaten Karangayar. Setiap akhir pekan, kawasan mungil ini selalu jadi tujuan para wisatawan dari Solo untuk sejenak melepas penat. Salah satu tempat yang sangat recommended untuk dicoba adalah Pangonan Kopi, tempat nongkrong serba Rp7.000 dengan panorama Lawu yang mempesona.

Baca juga : Akomodasi Paling Dekat dengan Pasar Glodok, Puas Jelajah Kuliner Serba Tiongkok!

Berasal dari Nama Desa 

dscf2450_Cdz.jpg
Pangonan Kopi tampak depan (c) Nurlaili Sholaikah/Travelingyuk

Tempat ngopi ini baru buka pada pertengahan Oktober silam. Menurut cerita simbah pemiliknya, nama Pangonan terinspirasi dari desa yang dulunya menempati wilayah ini. Sayangnya, kawasan pemukiman tersebut sekarang sudah hilang akibat bencana tanah longsor puluhan tahun lalu.  

dscf2480_IsI.jpg
Deretan meja dan kursi untuk pelanggan (c) Nurlaili Sholaikah/Travelingyuk

Pangonan Kopi menawarkan konsep semi outdoor dengan fasilitas cukup lengkap. Teman Traveler akan menemukan tempat parkir luas, akses Internet WiFi, serta mushola di sini. Dijamin kalian bakal betah menghabiskan waktu berlama-lama.

Menu Serba Rp7.000

dscf2358_61A.JPG
Deretan menu yang ditawarkan (c) Nurlaili Sholaikah/Travelingyuk

Satu hal yang membuat tempat ini menarik adalah harga menunya rata-rata adalah Rp7.000 saja. Hal ini berlaku untuk makanan, camilan, hingga aneka minuman. Cocok buat Teman Traveler yang mencari tempat nongkrong nyaman sekaligus ramah kantong.

dscf2401_OV2.jpg
Beras Kencur, Wedang Uwuh, dan Tahu Krispi (c) Nurlaili Sholaikah/Travelingyuk

Saat berkunjung ke sini saya memutuskan memesan beras kencur dan wedang uwuh. Meski hanya dibanderol Rp7.000, rasanya dijamin tak mengecewakan. Apalagi wedang uwuh-nya, terasa manis dengan sedikit paduan rasa pedas. Hangat dan aroma harumnya berikan sensasi unik ketika pertama kali diseruput.

dscf2425_iqa.jpg
Semangkuk Mie Nyemek (c) Nurlaili Sholaikah/Travelingyuk

Menikmati udara sejuk memang paling enak jika ditemani semangkuk mie hangat. Oleh karena itu saya tak ragu untuk langsung memesan mie nyemek ketika mampir ke Pangonan Kopi. Seperti menu sejenis di tempat lain, seporsinya disuguhkan dengan tambahan sawi, telur, tomat, selada, dan taburan bawang merah.

Panorama Gunung Lawu

dscf2455_jUe.jpg
Berfoto dengan latar Lawu (c) Nurlaili Sholaikah/Travelingyuk

Pangonan Kopi memang mengusung konsep sederhana. Namun lokasinya yang berhadapan dengan Gunung Lawu membuat tempat ini punya daya tarik tersendiri. Tak jarang sebagian pengunjung sengaja datang untuk berfoto ria. Mereka seolah tak ingin lewatkan kesempatan mengabadikan panorama indah di sekitar kafe.

Ditambah lagi harga yang ditawarkan sangat ramah kantong. Maka tak heran jika sebagian besar pelanggannya terdiri dari anak muda.

Lokasi

dscf2404_Iol.jpg
Jalan menanjak menuju Pangonan (c) Nurlaili Sholaikah/Travelingyuk

Pangonan Kopi terletak di jalan tembus Tawangmangu-Sarangan, tepatnya di Dusun Gondosuli. Jika dari arah kota Solo, Teman Traveler bakal butuh waktu tempuh sekitar satu jam ke arah Sarangan. Jalur menuju sini cukup menanjak, jadi sebaiknya gunakan jasa pengemudi berpengalaman ya.

Oh ya, mengingat bulan-bulan ini sudah memasuki musim hujan, jangan lupa membawa mantel ya. Cuaca di kawasan pegunungan sering tidak menentu sehingga hujan bisa turun sewaktu-waktu.

Tertarik ngopi dengan pemandangan Gunung Lawu nan megah? Jangan lupa catat jam bukanya ya. Kopi Pangonan buka tiap hari, mulai pukul 13.00 hingga 19.00. Khusus akhir pekan dan hari libur, mereka buka
lebih awal pada pukul 09.00. Jangan lupa mampir jika sedang menjelajah wisata Solo ya. Next

ramadan
Ronde Titoni

Ronde Titoni, Kuliner Malang Terenak untuk Habiskan Malam

Museum NU, Wisata Sejarah Berbalut Agama yang Kental