in , ,

Pantai Baron, Mutiara Gunungkidul Jogja yang Tawarkan Pesona Alam Paripurna

Menelusuri pesona Jogja dari pinggir laut

Pantai adalah salah satu obyek wisata alam yang digemari oleh para wisatawan baik dalam negeri maupun luar negeri. Di Gunungkidul, Jogja sendiri, terdapat beberapa obyek wisata pantai yang sangat terkenal. Salah satunya adalah Pantai Baron. Apa sih yang istimewa dari destinasi bahari ini? Yuk simak ulasan berikut ini!

Baca juga : Eksplorasi Wisata Alam di Ogan Ilir, Indah di Kala Hujan Maupun Kemarau

Bagaimana Cara Menuju Lokasi?

img_20190822_183603_resize_93_nqa.jpg
Keindahan Pantai Baron di Balik Bukit Karangnya (c) Atmakhati/Travelingyuk

Pantai Baron berlokasi di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjung Sari, Gunungkidul. Untuk mencapai pantai ini harus menempuh jarak 40 kilometer dari pusat kota Jogja dan dapat dijangkau kurang lebih 2-2,5 jam. Terdapat beberapa rute yang dapat ditempuh untuk menuju pantai ini, yaitu melalui jalur Piyungan dan juga jalur Imogiri.

c360_2016_11_07_22_51_50_375_sX9.jpg
Pesona Pantai Baron Gunung Kidul Yogyakarta (c) Atmakhati/Travelingyuk

Untuk jalur yang lebih mudah, Teman Traveler bisa melalui jalur Imogiri. Kalian nanti akan melewati jalur Panggang kemudian Jalan Saptosari, Tepus, selanjutnya mengikuti arah ke Pantai Baron. Teman Traveler tidak perlu khawatir karena di sepanjang perjalanan akan menemukan banyak petunjuk arah menuju destinasi favorit tersebut.

Pesona Keindahan Alam Paripurna

img_20190822_183547_resize_48_g1z.jpg
Laut Biru beradu dengan Karang Pantai Baron (c) Atmakhati/Travelingyuk

Pantai ini sangat unik karena bentuknya yang menyerupai cekungan. Dengan deretan kapal nelayan yang berjejeran di pesisir menambah cantiknya pantai ini. Pantai Baron menawarkan pesona keindahan laut yang biru dengan dikelilingi perbukitan hijau dan juga bukit-bukit karang.

c360_2016_11_07_22_54_36_666_QVO.jpg
Pantai yang Masih Asri dan Alami (c) Atmakhati/Travelingyuk

Pantai ini memiliki ombak yang tidak begitu besar. Itu sebabnya destinasi ini banyak digemari wisatawan. Dibandingkan dengan yang lain, pantai ini masih sangat bersih dan asri. Keunikan lainnya adalah pasir di sini yang bukan berwarna putih melainkan coklat kehitaman. Pasir tersebut akan berkelap-kelip apabila terkena Matahari. Hal ini dikarenakan kandungannya yang dominan pasir besi. Menarik bukan?

Terdapat Kolam Alami

img_20190822_183520_resize_50_t6Z.jpg
Aliran Sungai yang Membentuk Kolam Alami (c) Atmakhati/Travelingyuk

Tidak hanya panorama alamnya yang indah. Pantai ini juga memiliki keunikan yang menakjubkan, yaitu adanya sungai bawah tanah yang mengalir cukup deras. Aliran ini membentuk kolam pemandian alami yang kemudian mengalir ke laut. Uniknya, sungai bawah tanah ini memiliki rasa air tawar meskipun berada sangat dekat dengan laut.

20161105_114324_15J.jpg
Panorama alam indahnya Pantai Baron Gunung Kidul Yogyakarta (c) Atmakhati/Travelingyuk

Ada mitos yang berkembang di sini. Konon, apabila ada dua insan yang berbeda status atau golongan mendatangi lokasi pertemuan air tawar dan air laut di Pantai Baron tersebut, maka keduanya dapat bersatu. Sangat unik bukan?

Berapa Harga Tiket Masuknya?

20161105_121311_k2r.jpg
Pantai yang sangat menakjubkan (c) Atmakhati/Travelingyuk

Untuk dapat menikmati keindahan Pantai Baron, Teman Traveler cukup membayar tiket masuk dengan harga yang cukup murah, yaitu sebesar Rp5.000 saja. Sedangkan untuk biaya parkir kendaraan, pengelola mematuk harga Rp2.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil. Cukup murah bukan?

Itulah tadi ulasan singkat tentang eksotisme destinasi bahari yang satu ini. Kesimpulannya, Pantai Baron sangatlah tepat untuk mengisi liburan Teman Traveler di Jogja. Next

ramadan

4 Pantai Indah di Gunungkidul, Cocok untuk Rayakan Tahun Baru

Deretan Bukit Indah di Kalimantan Selatan, Hamparan Hijau yang Segarkan Mata