in , ,

Mengejar Matahari Di Pantai Batu Layar Lombok Barat

Batu Layar
Batu Layar

Lombok memiliki  banyak wisata yang eksotis. Salah satunya Batu Layar yang berlokasi di kecamatan Batu Layar, kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Tempat ini adalah salah satu tujuan wisata favorit di Lombok, pemandangannya tidak jauh berbeda dengan pantai biasa memiliki pasir berwarna hitam, juga terdapat perahu nelayan yang berjejeran di bibir pantai.

Baca juga : Bikin Geram! Sungai untuk Rafting di Wonosobo Jadi Tempat Sampah

imag51_983.jpeg

Tidak salah jika para wisatawan mengunjungi pantai Batu Layar sebagai salah satu destinasi liburan jika bertandang ke Lombok. Untuk dapat menuju ke pantai Batu Layar ini hanya menempuh kurang lebih 10 km dari pusat Kota Mataram atau sekitar 2 km sebelum pantai Senggigi jika menggunakan kendaraan pribadi roda empat maupun roda dua.

image6_Uel.jpeg

Biaya masuk ke lokasi wisata ini hanya Rp.5.000 sekaligus biaya parkir. Pada saat sampai di lokasi parkiran, para pengunjung akan disambut dengan asap ikan bakar yang menggugah selera pastinya. Terdapat juga warung makan yang berderet di pinggir pantai dengan tempat duduk yang sudah tersedia di masing-masing warung. Tempat duduk tersebuat terbuat dari bambu, ada yang berbentuk berugaq (dalam bahasa Lombok) atau gazebo dalam bahasa Indonesianya. 

image7_Jlw.jpeg

Namun ada juga yang hanya ada tempat duduk tanpa memiliki atap. Selain adanya warung makan, juga terdapat beberapa penjual mainan anak-anak maupun makanan ringan seperti cilok dan rujak. Bagi para pengunjung yang ingin berenang dan menikmati air laut, di pantai ini juga tersedia tempat penyewaan ban. Jadi, pengunjung yang tidak bisa berenang tak perlu khawatir untuk bisa menikmati dinginnya air laut.

image8_fq5.jpeg

Fasilitas yang ada di pantai Batu Layar, selain adanya warung makan juga tersedia toilet umum yang cukup sederhana. Akan tetapi, untuk bisa menggunakan wc umum ini, pengunjung harus membayar Rp.5.000/orang. 

Di hari libur, pantai Batu Layar akan dipadati oleh para pengujung baik itu dari dalam kota maupun luar kota dan bahkan mancanegara. Jadi, tidak heran mulai pagi hari hingga menjelang sore parkiran dipenuhi oleh kendaraan baik itu roda dua maupun roda empat. Menjelang sore terlihat semakin ramai pengunjung, dikarenakan mereka ingin menikmati indahnya sunset dari pantai Batu Layar.

image9_64X.jpeg

Karena memang dari pantai Batu Layar ini terlihat jelas saat matahari tenggelam tanpa ada yang menutupi, Selain matahari tenggelam juga terlihat indahnya gunung Agung yang ada di Bali.  Selain dapat menikmati indanya pantai Batu Layar, di kawasan ini juga terdapat makam Batu Layar yang selalu dipenuhi oleh masyarakat Lombok untuk berziarah. Makan tersebut dipercayai sebagai tempat peristirahatan seorang penyebar agama Islam, sehingga makan ini dikeramatkan oleh masyarakat Lombok.  Next

ramadan
Taman nasional Baluran

Menikmati Keindahan Afrika di Pulau Jawa

Toilet emas

Viral Toilet Penuh Koin dan Batangan Emas, Punya Siapa?