in , ,

Eksotika Pantai-Pantai di Donggala Sebelum Diterjang Tsunami

Jajaran Pantai di Donggala yang Bisa Jadi Destinasi Wisata

Pantai Seget [Via Instagram @wandy08_]

Gempa bumi dan tsunami yang mengguncang Palu, Sulawesi Tengah pada Jumat (28/9/2018) membuat banyak tempat kena imbasnya. Banyak lokasi yang terimbas gempa dan tsunami di Palu, tidak terkecuali dengan pantai di Donggala. Donggala, nama daerah ini mungkin tak lebih terkenal soal wisata dibanding Bunaken yang sudah punya pamor itu. Tak hanya tentang kotanya, tapi juga deretan pantai-pantainya yang super eksotis itu. Banyak pantai di Donggala yang bisa jadi tujuan wisata.

Baca juga : Pantai Selong Belanak Lombok dan Mitos Kutukan Kematian di Pulau Gunung Wayang

Donggala memang terletak sepanjang bagian memanjang Sulawesi tengah yang berhadapan langsung dengan Laut. Alhasil, di sini kita bisa mendapati begitu banyak pantai yang masing-masing punya keunikannya sendiri. Serius, meskipun seperti berada dalam satu jalur pantai, tapi masing-masingnya memiliki kekhasan sendiri. Berikut ini pesona pantai-pantai di Donggala sebelum diterjang tsunami.

Kaluku, Pantai yang Lagi Hits Banget di Donggala

Kaluku belakangan ramai jadi perbincangan. Kalau kamu cari di Instagram nih, #pantaikalulu akan menampilkan sebanyak 3500an lebih foto. Hal tersebut jadi bukti nggak terbantahkan kalau pantai satu ini lagi hits. Sebenarnya bukan hal mengherankan kok kenapa bisa jadi populer, pantai yang ada di Desa Limboro, Kecamatan Banawa, Kabupaten Donggala ini, memang sangat cantik.

Pantai Kaluku [Via Instagram @mhmdrfai]
Pantai Kaluku [Via Instagram @mhmdrfai]
Pantai di sini begitu bersih dengan pasirnya yang putih. Agak lebih ke dalam kamu akan menjumpai begitu banyak pohon-pohon kelapa. Airnya sendiri cukup jernih dan menyenangkan sekali untuk dipakai berenang atau snorkeling. Oh iya, biasanya nih, para wisatawan akan berkumpul di sini sampai magrib. Alasannya nggak lain karena ingin menikmati sunset cantik di Pantai Kaluku yang luar biasa menggoda itu.

Menyaksikan Potongan Surga di Pantai Labuana

Pantai Labuana mungkin cocok disebut surganya Donggala. Alasannya apa lagi kalau bukan karena di sini benar-benar menampilkan segala keindahan dan kenyamanan. Mulai dari pasir putihnya yang memukau, air beningnya yang menyegarkan, serta rerimbunan pepohonan di tepiannya. Tak hanya itu, di sini airnya begitu tenang dengan ombaknya yang kecil. Sehingga, bersantai pun bisa lebih maksimal.

Pantai Labuana [Via Instagram @dr.tanty]
Pantai Labuana [Via Instagram @dr.tanty]
Di pantai yang ada di Desa Lambogia Kecamatan Balaesang ini kita tak hanya bisa berenang atau sekedar bersantai, memancing juga jadi aktivitas yang boleh dicoba. Pantai Balaesang sendiri memiliki semacam dermaga kecil di mana kita bisa tuh mancing di situ. Ikannya sendiri jangan tanya, seseorang pernah mendapatkan Marlin katanya.

Pantai Tanjung Karang, Surga Tersembunyi yang Gampang Dicari

Lanjut ke destinasi berikutnya, kita akan mendapatkan Pantai Tanjung Karang. Pantai di Donggala satu ini juga tak kalah eksotis dengan bentangan pantai yang luas, pasir putihnya yang menggoda, serta air jernihnya yang seolah meronta untuk diselami.

Pantai Tanjung Karang [Via Instagram @jalanjalanktv]
Pantai Tanjung Karang [Via Instagram @jalanjalanktv]
Hal yang menyenangkan soal pantai ini tak hanya tentang keelokan, tapi juga jarak tempuhnya. Percaya nggak kalau pantai seindah ini ternyata bisa dicapai dalam sejam saja lho dari Palu. Dan lagi, di sini juga masih belum begitu banyak pengunjungnya jadi bisa maksimal seperti pantai pribadi.

Menikmati Eksotisme Kampung Nelayan di Pantai Boneoge

Sebenarnya tak ada bedanya antara Boneoge dan pantai-pantai lainnya di Donggala. Yang satu ini juga sangat eksotis dengan pasir putih, air bening, serta pohon-pohon kelapa di tepiannya. Tapi, di sini kita juga bisa menjumpai pemandangan kapal-kapal tertambat yang mengisyaratkan kalau Boneoge adalah pantainya para nelayan.

Pantai Boneoge [Image Source]
Pantai Boneoge [Image Source]
Meskipun pantai di donggala ini ditambati oleh kapal-kapal, namun hal tersebut justru menambah eksotisme tempat ini. Pemandangannya benar-benar beda. Di sini kita pun bisa melakukan berbagai aktivitas menyenangkan termasuk berenang dan menyelam di kedalaman. Memancing bisa, tapi untuk itu kita mungkin harus menyewa kapal milik nelayan.

Seget, Pantai Perawan yang Jarang Dijamah

Di antara pantai di Donggala lainnya di daftar ini, mungkin hanya Seget yang paling jarang dikunjungi. Posisinya yang terpencil serta jarak tempuhnya yang jauh jadi alasan utamanya. Tapi, meskipun begitu bukan berarti pantai ini biasa-biasa saja. Sebaliknya, Seget menyajikan pemandangan indah luar biasa.

Pantai Seget [Via Instagram @wandy08_]
Pantai Seget [Via Instagram @wandy08_]
Seperti pantai lainnya, di sini pasirnya begitu putih serta berair sangat jernih. Di bagian dalam pantainya juga terdapat pohon-pohon kelapa yang rimbun. Oh iya, di seberang Seget ini juga terdapat pulau kecil tanpa nama yang katanya menyajikan pemandangan surgawi. Sayangnya, untuk menuju ke sana agak susah.

Menyesapi Sunset Memesona di Pantai Talise

Pantai Talise lokasinya berada di sepanjang teluk Palu. Tepatnya berada di sepanjang Jl. Rajamoli sampai Jalan Cut Mutia, Palu. Lokasinya dekat dengan kota, sehingga menjadi salah satu primadona para wisatawan.

Pesona Pantai Talise, Via Instagram/asjunroy
Pesona Pantai Talise, Via [Instagram @asjunroy]
Pantai Talise ini memiliki pasir putih dengan ombaknya yang tenang dan memukau. Pemandangannya sangat cantik, apalagi saat sore hari, sunset yang elok, perbukitan yang memesona akan memanjakan mata para pengunjung yang datang. Banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan di sini, misalnya saja renang, menyelam, memancing, sampai dengan sky air.

Kondisi Pantai Talise terkini, Via Instagram/arimacswilander
Kondisi terkini Pantai Talise, Via Instagram/arimacswilander

Namun untuk sementara, pantai-pantai di Donggala ini perlu waktu untuk memulihkan diri. Khususnya Pantai Talise yang merupakan salah satu pusat gempa di Donggala. Kerusakan di Pantai Talise dilaporkan sangat parah. Bahkan, dilansir dari Kompas.com, banyak korban meninggal ditemukan di sekitaran Pantai Talise. Mari kita doakan bersama-sama supaya bencana di Sulawesi Tengah ini segera bisa diatasi dengan baik. Next

ramadan

Sowan ke Kerajaan Kupu-kupu di Taman Nasional Bantimurung Sulawesi Selatan

Pulau Hoga, Secuil Surga di Wakatobi yang Menawarkan Pesona Tak Terbantahkan