in , , , ,

Hidden Paradise! Nikmati Keistimewaan 4 Pantai Tersembunyi Pacitan

Pacitan adalah sebuah kota yang terletak di ujung barat daya Jawa Timur dan menjadi kota dengan beragam destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Selain dikenal sebagai Kota Seribu Gua, kekayaan alam yang dimiliki Pacitan sangat banyak dan tidak terbatas.

Baca juga : Pantai Buyutan, Keindahan Menenangkan di Pacitan

Berbagai macam jenis wisata dapat Teman Traveler jumpai di kota kecil ini. Salah satu yang menarik untuk dikunjungi yaitu wisata pantai selatannya yang tidak kalah menarik dari Malang Selatan, loh! Dijamin Teman Traveler yang berkunjung akan memiliki pengalaman yang tak terlupakan kalau berkunjung ke 4 pantai ini.

1. Pantai Ngandul

Pantai Ngandul via Instagram @willyu90

Pantai Ngandul terletak di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Wisata ini berjarak sekitar 34 km dari Kota Pacitan kurang lebih memakan waktu sekitar 1 jam perjalanan. Teman Traveler harus mengambil jalur menuju Pantai Klayar. Sesampainya di sana, Teman Traveler bisa mengikuti papan petunjuk menuju Pantai Buyutan. Dari Pantai Buyutan ini, Teman Traveler harus melanjutkan perjalanan dengan tracking selama 20 menit untuk sampai di Pantai Ngandul.

Selama tracking, Teman Traveler diharapkan berhati-hari, karena jalan setapak yang dibuat adalah tebing curam yang langsung menghadap lautan. Namun perjalanan ini tidak akan terasa jauh karena Teman Traveler akan ditemani dengan birunya lautan. Selain laut, Teman Traveler juga akan menikmati pemandangan sungai kecil yang diapit oleh bebatuan karang dan diujungnya terdapat air terjun yang langsung jatuh ke laut. Tetap hati-hati ya, karena batu karang akan terasa licin saat terkena air laut.

2. Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong via Instagram @rafirss

Pantai ini terletak di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Lokasinya tidak jauh dari Pantai Ngandul yakni hanya berkendara sekitar 30 menit atau sekitar 9 km. Wisata ini juga bukan pantai berpasir melainkan tebing besar yang menjorok ke lautan. Pada tebing tersebut, terdapat lubang yang cukup besar sehingga bentuknya mirip dengan Gapura. Tebing ini tidak bisa dituruni karena sangat curam dan dibawahnya terdapat lautan biru gelap dengan ombak yang besar.

Tapi Teman Traveler jangan khawatir, banyak hal yang dapat dinikmati di Pantai Karang Bolong ini. Selain tebing yang berlubang, terdapat sabana yang berperan sebagai pengganti pasir. Selain itu, karena areanya yang luas, Teman Traveler juga bisa menikmati Sunrise dan Sunset di sini, sehingga cocok untuk para penikmat senja. Di Pantai Karang Bolong ini juga terdapat air terjun yang langsung jatuh ke laut. Tetapi air terjun ini sifatnya musiman karena hanya terlihat pada musim penghujan.

3. Pantai Kasap

image source via instagram @sdesianaa

Pantai ini menjadi salah satu pantai yang memiliki eksotika pemandangan yang luar biasa. Selain itu, tempat ini juga memiliki pemandangan yang cukup mirip dengan salah satu destinasi wisata yang sangat terkenal di dunia, yaitu Raja Ampat. Wisatawan yang datang ke Pantai Kasap ini menjulukinya sebagai Raja Ampatnya Pacitan. Untuk bisa mendapat pemandangan seperti ini, Teman Traveler bisa naik ke bukit di sebelah pantai dengan mengikuti jalan setapak.

Sesampai di atas, Teman Traveler akan dimanjakan dengan hamparan pulau kecil yang tersebar di tengah laut. Suasana di pantai ini masih alami dan belum banyak dikunjungi orang. Sehingga menciptakan suasana yang tenang dan bersih sehingga betah berlama-lama di sini. Selain itu, wisata ini juga memiliki ombak yang besar, sehingga Teman Traveler harus tetap berhati-hati ketika bermain di tepi pantai. Tampat ini terletak di Dusun Ketro, Desa Watu Karung, Kecamatan Pringkuku, Pacitan. Teman Traveler bisa melakukan perjalanan menuju Pantai Watu Karung kemudian dilanjutkan ke arah pantai ini.

4. Pantai Taman

image source via instagram @oktavianawati

Pantai ini cocok untuk Teman Traveler yang ingin main air, karena wisata ini memiliki garis pantai yang panjang dengan ombak tenang. Pantai Taman ini terletak di Desa Hadiwarno, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Banyak atraksi wisata yang dapat dinikmati seperti, kolam renang, konservasi penyu, hingga flying fox.

Jika ingin merasakan keindahan pantai ini dengan sedikit pacuan adrenaline, Teman Traveler dapat bermain flying fox terpanjang di Indonesia. Terletak di tebing tinggi sebelah barat, dengan panjang 415 meter dan tinggi 74 meter, Teman Traveler bisa menikmati wahana ini dengan harga Rp30.000 saja loh! Selain itu, Teman Traveler juga bisa melepas seekor anak penyu ke laut yang di kelola oleh Konservasi Penyu.

Nah, itulah pantai-pantai yang menjadi “Hidden Paradise” Pacitan! Dijamin Teman Traveler tidak akan menyesal setelah berkunjung ke sana. Bahkan ada yang mirip Raja Ampat! Cocok buat masuk traveling list setelah wabah ini usai. Stay home now and holiday later! Next

ramadan

Lahir Ditengah Pandemi Corona, 5 Nama Bayi Ini Bikin Geger!

Desa Tenganan Pegringsingan, Budaya Pulau Bali Bagian Timur yang Memesona