in ,

Jelajah Pantai di Pulau Madura

Pantai Lombang [image source]

Ya, saat mendatangi objek wisata Madura kamu bisa merasakan serunya jelajah pantai yang memanjakan mata. Suasananya tak kalah indahnya dengan yang ada di pulau Jawa maupun Bali. Yuk, simak informasi lengkapnya!

Baca juga : 4 Pantai di Indonesia dengan Nama Warna, Sesuai Julukannya Ngak Ya?

1. Pantai Lombang

Pantai Lombang [image source]
Pantai cantik ini terletak di Kabupaten Sumenep, tepatnya di desa Lombang Kecamatan Batang-batang. Hanya berlokasi sekitar 25 kilometer dari kota Sumenep, banyak dikunjungi karena keindahan alamnya yang luar biasa. Dengan pasir putih yang lembut dan air laut biru yang tidak terlalu berombak, lokasi ini cocok sekali dijadikan tujuan wisata bersama keluarga.

Pantai Lombang [image source]
Lombang terkenal karena adanya vegetasi tanaman endemic yaitu pohon Cemara Udang yang bisa dijumpai di sepanjang pantai. Adanya pohon Cemara Udang ini juga menjadikan pantai Lombang jadi tempat favorit untuk berfoto. Sayangnya meski terkenal dan banyak dikunjungi, belum tersedia penginapan di sekitar pantai untuk para pengunjung.

Lokasi :  Lombang, Batang Batang, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur

2. Pantai Slopeng

Pantai Slopeng [image source]
Berbeda dengan pantai Lombang yang cenderung minim fasilitas, di pantai Slopeng kamu bisa menikmati berbagai fasilitas seperti kamar mandi, gazebo untuk duduk dan berteduh, hingga taman bermain. Pantai sepanjang 6 kilometer ini terletak di Kecamatan Dasuk, sekitar 21 kilometer dari pusat kota Sumenep.

Pantai Slopeng [image source]
Pantai Slopeng memiliki hamparan pasir putih yang cantik dan membentuk bukit-bukit landai yang unik. Di pantai ini kamu juga bisa menikmati keindahan pepohonan Cemara Udang dan pohon siwalan. Bagi yang suka berenang, pantai ini menyuguhkan ombak yang tenang sehingga cocok untuk sekedar berenang santai.

Lokasi : Jalan Raya Ambunten No.34, Ambunten, Sema”an, Dasuk, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur

3. Pantai Badur

Pantai Badur [image source]
Kalau kamu ingin berkunjung ke pantai yang masih sepi, maka datanglah ke pantai Badur. Pantai yang terletak di desa Badur, Kecamatan Batu Putih, Sumenep ini disebut-sebut sebagai perpaduan pantai Lombang dan Pantai Slopeng. Dengan pasir berbukit seperti di Pantai Slopeng, Pantai Badur juga memiliki bagian tengah yang landai layaknya pantai Slopeng. Pantai satu ini memiliki pasir halus berwarna kecokelatan.

Pantai Badur [image source]
Pantai ini belum terlalu banyak dikunjungi karena aksesnya yang masih sulit. Namun, kamu tak akan menyesal saat berkunjung ke pantai ini karena keindahannya yang luar biasa. Tak hanya itu, di sebelah barat pantai Badur ada sungai air tawar yang menyejukkan mata.

Lokasi :  Sergang, Batuputih, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur

4. Pantai Rongkang

Pantai Rongkang [image source]

Di daerah Bangkalan, tepatnya di kecamatan Kwanyar terdapat sebuah pantai yang masih jarang dikunjungi bernama Rongkang. Meski tidak memiliki pasir yang putih dan juga tidak seluas pantai Lombang, namun Rongkang juga sangat terkenal di kalangan pecinta laut. Bahkan kabarnya pantai ini menjadi favorit para traveler dari Malang dan Surabaya.

Pantai Rongkang [image source]
https://www.instagram.com/p/BB1mYTaDdjH/

Namun, akses ke pantai ini cukup sulit karena harus melalui jalanan yang rusak. Tapi di sisi lain hal ini seolah menjadi berkah karena pantai Rongkang jadi sepi pengunjung dan terjaga keindahan serta kebersihannya. Kamu pun bisa menikmati sensasi berenang di pantai privat yang sepi dari pengunjung. Saat berada di pantai ini, di kejauhan kamu bisa melihat jembatan Suramadu yang terbentang dengan gagahnya.

Lokasi : Desa Kwanyar Barat, Kecamatan Kwanyar, Bangkalan, Jawa Timur

5. Pantai Siring Kemuning

Siring Kemuning [image source]
Jelajah pantai selanjutnya akan membawa kamu ke Pantai Siring Kemuning yang terletak di desa Macajah, kecamatan Tanjung Bumi, kabupaten Bangkalan. Nama pantai ini memang belum cukup terkenal di kalangan para wisatawan luar pulau, namun menjadi salah satu pantai favorit masyarakat Madura. Pantai yang berjarak sekitar 41 kilometer dari utara Bangkalan ini memiliki pemandangan indah yang tak kalah dengan pantai lainnya. Sayangnya, meski sangat menjanjikan sebagai objek wisata terbaik di Bangkalan bahkan Madura, pantai Siring Kemuning tampak tak terurus dan masih minim fasilitas.

Siring Kemuning [image source]
Nah, menarik sekali kan, berbagai wisata pantai yang ada di Pulau Madura? Sebelum melakukan jelajah pantai, pastikan kamu melakukan berbagai persiapan terlebih dahulu. Pertama, siapkan fisik karena biasanya pantai terletak cukup jauh dari pusat kota sehingga perjalanan akan menguras tenaga. Belum lagi kalau akses jalan menuju pantai masih belum diperbaiki.

Ke dua, gunakan pakaian yang nyaman dan menyerap keringat. Udara pantai yang panas akan membuat kamu kegerahan sehingga tidak tepat jika menggunakan pakaian yang ribet dan bertumpuk. Jangan lupa juga siapkan topi dan kacamata hitam untuk menghalangi sinar matahari langsung terkena ke kulit. Ke tiga, sediakan selalu air putih botolan untuk diminum sewaktu-waktu. Jangan sampai tubuh kekurangan cairan dan mengalami dehidrasi. Membawa bekal makanan juga perlu dilakukan karena tak semua pantai memiliki fasilitas toko dan restoran.

Lokasi : Desa Mecajah di Kecamatan Tanjung Bumi

Terakhir, jaga selalu keselamatan dengan tidak nekat berenang saat ombak tinggi. Jaga juga kebersihan pantai dengan tidak meninggalkan sampah atau merusak ekosistem di sekitarnya. Next

ramadan

Written by andi

andi

Tidak Hanya Tugu Khatulistiwa, Pontianak Juga Punya Banyak Objek Wisata

Mau Liburanmu Direkam oleh Kameramen James Bond? Bisaaaa, Tapi Harganya Bikin Pingsan