in , , , ,

Deretan Pantai Menawan di Semenanjung Malaya

Pilih Destinasi Pantaimu Sekarang!

Secluded Malaysia Beach Perenthian Islands Island
img_0025_fMJ.JPG
Bentang Alam Malaysia (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk

Berbicara soal wisata pantai, Malaysia memang tidak memiliki tempat setenar Bali (Indonesia) ataupun Phuket (Thailand). Kebanyakan destinasi wisata utama di Malaysia menjual nilai sejarah yang tinggi maupun perkotaan modern. Namun, bukan berarti negara ini tidak memiliki pantai indah yang atraktif dan mampu mengundang wisatawan.

Baca juga : Laguna Alami di Pantai Wediombo Gunung Kidul yang Menakjubkan!

Faktanya, kawasan Malaysia bagian barat atau Semenanjung Malaya tersebut memiliki garis pantai yang panjang sehingga mempunyai banyak pantai dan juga pulau-pulau yang akan memanjakan Teman Traveler. Cari tahu lebih banyak mengenai pantai dan juga pulau-pulau cantik di Malaysia bagian barat dalam ulasan berikut.

Perhentian Islands

secluded_malaysia_beach_perenthian_islands_island_485323_Vlc.jpg
Perhentian Islands via Maxpixel

Kepulauan Perhentian adalah sekelompok pulau-pulau eksotis nan indah yang dikelilingi karang. Kepulauan yang satu ini berada di lepas pantai timur laut Malaysia di negara bagian Terengganu. Kawasan ini terletak tidak jauh dari perbatasan Thailand. Kepulauan Perhentian ini memiliki 2 pulau utama dan yang paling ramai dikunjungi. Yakni Pulau Perhentian Kecil dan juga Perhentian Besar.

Pulau Kecil menarik lebih banyak dikenal pelancong karena memiliki akomodasi yang lebih murah dan ramah backpacker. Sementara Pulau Besar sedikit lebih mahal dan eksklusif. Pulau Perhentian Besar lebih diramaikan oleh wisatawan yang sedang berbulan madu ataupun liburan keluarga.

Akses ke Kepulauan Perhentian menggunakan angkutan laut ferry menuju Kepulauan Perhentian berangkat dari Jetty Kuala Besut di Kelantan dan juga Jetty Jerteh di Kuala Terengganu. Selain ferry, di 2 jetty tersebut yang menyediakan angkutan speed boat menuju Kepulauan Perhentian. Namun biasanya hanya untuk charter-an.

Tioman Island

tioman_zWp.jpeg
Pulau Tioman via Pexels

Pulau Tioman terletak di pantai tenggara Semenanjung Malaysia dan termasuk ke dalam negara bagian Pahan. Pulau ini diam-diam memikat banyak wisatawan dari Kuala Lumpur dan juga Singapura. Pulau Tioman memiliki banyak daya tarik, terutama bagi orang yang ingin mengejar kehidupan laut untuk bersenang-senang.

Pulau Tioman memiliki garis pantai yang cukup panjang dan di sekitar pantai masih terdapat banyak hutan liar. Jangan kaget jika Teman Traveler melihat kera bahkan ular di sekitar sini. Bagi penyuka minuman beralkohol, Teman Traveler akan betah di pulau ini karena bisa mendapatkan sekaleng bir hanya dengan 50 sen. Ini dikarenakan Pulau Tioman merupakan salah satu kawasan bebas pajak yang ada di Malaysia.

Redang

redang_beach_968571_960_720_107.jpg
Kawasan Resort Redang via Pixabay

Kepulauan Redang adalah kelompok pulau kecil di Laut Cina Selatan yang terletak di sisi timur Semenanjung Malaysia. Redang merupakan bagian dari perairan yang dilindungi atau juga dikenal sebagai Taman Laut Terengganu yang terletak sekitar 45 kilometer dari lepas pantai Kota Kuala Terengganu.

Pulau ini dikelilingi oleh air jernih dan memiliki berbagai spot menarik untuk aktivitas penyelaman. Teman Traveler juga bisa snorkeling di sekitar pulau dan menyaksikan terumbu karang yang masih terjaga dengan baik. Ketika memasuki Pulau Redang Teman Traveler harus membayar RM 5 untuk biaya perawatan taman laut.

Port Dickson

img_0118_kRp.JPG
Salah Satu Pantai di Port Dickson (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk

Port Dickson merupakan kota pantai dan memiliki banyak resort pantai yang menarik. Wisata ini bisa dikatakan kota pantai terdekat dari Kuala Lumpur. Pantai dan juga resort mewah menyumbang ketenaran dan popularitas untuk kota ini. Di sini terdapat banyak pantai di satu lokasi yang sama. Dengan garis pantai sepanjang hampir 18 km, banyak pilihan pantai untuk Teman Traveler saat berkunjung ke kota yang berada tepat di tepi Selat Melaka ini.

img_0030_x8V.JPG
Jalan Menuju Port Dickson (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk

Selain terkenal sebagai kota pantai, Port Dickson juga merupakan kota pelabuhan utama di kawasan Semenanjung. Di kota ini berdiri sebuah pelabuhan yang menjadi hub utama (selain Port Klang) bagi arus ekspor-impor berbagai komoditas di Negara Malaysia.

Batu Ferringhi

20190731_182845_CMU.jpg
Batu Ferringhi (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk

Pulau Pinang atau Penang adalah salah satu destinasi wisata utama di Semenanjung Malaysia. Salah satu pantai yang paling indah dan ramai dikunjungi di Penang adalah Pantai Batu Ferringhi. Terletak sekitar 15 km dari pusat Kota Georgetown (kota di Pulau Pinang). Pantai ini merupakan objek wisata yang terdiri dari pasir putih yang begitu menawan.

Karena lokasinya yang cukup jauh dari keramaian kota, pantai yang satu ini sangat cocok untuk Teman Traveler yang ingin pergi menenangkan diri sejenak dari hiruk pikuk kota. Lingkungan pantai yang sangat bersih dan keadaan alam sekitar yang masih asri membuat Teman Traveler tidak akan ragu menghabiskan waktu seharian di sini.

Nah itulah beberapa pantai yang bisa Teman Traveler jelajahi saat berlibur di Semenanjung Malaya. Tentukan destinasi wisatamu tahun ini. Next

ramadan

Batu Raja Manitan, Wisata Air Terjun Keren nan Eksotik

4 Hal Tentang Nusa Lembongan yang Harus Diketahui, Dari Wisata hingga Akomodasi