in , , , , , , , , ,

4 Hal Tentang Nusa Lembongan yang Harus Diketahui, Dari Wisata hingga Akomodasi

Ketahui dan Persiapkan dengan Matang Sebelum Berlibur

Pernahkah Teman Traveler mendengar nama Nusa Lembongan? Pulau ini merupakan sebuah pulau kecil yang masih menjadi bagian dari Bali. Belakangan ini memang pariwisata di Bali bukan hanya berpusat di Pulau Bali namun juga pulau pulau kecil di sampingnya termasuk Pulau Nusa Lembongan ini. Bagi Teman Traveler yang berencana mengujungi Pulau Nusa Lembongan ini, mari simak hal hal yang harus Teman Traveler ketahui sebelum mengunjungi pulau ini.

Baca juga : Super Nyaman! Perjalanan Darat Surabaya Jakarta dengan Sleeper Bus

1. Menuju Pulau Nusa Lembongan

lem_6_1Kf.JPG
Menaiki Fastboat (c) Helga Christina/Travelingyuk

Untuk mengunjungi pulau nusa lembongan ini Teman Traveler bisa menyeberang menggunakan fastboat dari Sanur (dari pantai matahari terbit hingga ke mertasari ada banyak operator fastboat menuju Nusa Lembongan). Perjalanan ke Nusa Lembongan dari sanur ini memakan waktu sekitar 30 menit perjalanan. Nah untuk harga tiket, lebih baik Teman Traveler beli online karena akan sangat murah dari pada harus nego di pelabuhan.

lem_5_N4v.JPG
Pelabuhan Jungutbatu (c) Helga Christina/Travelingyuk

Yang perlu Teman Traveler ketahui adalah Nusa Lembongan sendiri memiliki 2 pelabuhan utama dari dan menuju sanur yaitu Pelabuhan Jungutbatu dan Mushroom Bay, jadi perlu Teman Traveler ketahui dulu operator fastboat yang akan Teman Traveler gunakan dan stop di pelabuhan yang mana, karena jarak antar kedua pelabuhan ini cukup jauh. 

2. Transportasi di Pulau Nusa Lembongan

lem_3_ogp.JPG
Buggy (c) Helga Christina/Travelingyuk

Untuk Teman Travaler yang ingin mengitari pulau ini, ada beberapa pilihan transportasi yang bisa digunakan yaitu sepeda, motor, buggy, atau mobil pick up. Pulau Nusa Lembongan sendiri memang tidak terlalu besar sekitar 6,15 km². Sehingga seharian saja sudah cukup untuk mengunjungi objek wisata yang penting di sini.

Untuk menyewa sepeda biasanya mulai dari Rp25.000 – Rp50.000, untuk menyewa motor sistemnya agak berbeda dengan Pulau Bali, jika di Bali menyewa motor 1 hari = 24 jam, maka di nusa lembongan ini 1 hari artinya dari pagi hingga sore bukan 24 jam sehingga lebih mahal. Harga sewa motor 1 hari itu biasanya sekitar Rp85.000.  

lem_4_WeO.JPG
Transportasi Jenis Mobil Pick Up (c) Helga Christina/Travelingyuk

Untuk Teman Traveler yang bepergian lebih dari 2 orang, bisa juga menyewa buggy disini, kendaraan jenis buggy ini memang cukup lazim digunakan untuk turis yang ingin mengelilingi nusa lembongan. Tapi ada juga kendaraan untuk beramai-ramai lebih dari 4 orang.

Sebaiknya jika tidak ingin ribet Teman Traveler bisa menyewa mobil pick up yang sudah dimodifikasi menjadi mobil tumpangan. Untuk tarif biasanya bisa nego dengan pemilik mobil untuk melakukan tour berkeliling Nusa Lembongan.

3. Akomodasi & Makanan

lem_8_vUE.JPG
Bungalaw (c) Helga Christina/Travelingyuk

Untuk akomodasi di Nusa Lembongan ini jika Teman Traveler merupakan solo backpacker, bisa menginap di penginapan jenis dorm dengan harga kisan Rp100.000/malam. Jika berdua dengan budget rendah, Teman Traveler bisa menginap di homestay standar dengan tarif mulai dari Rp170.000 – Rp250.000.

lem_9_fUn.JPG
Kolam Berenang (c) Helga Christina/Travelingyuk

Jika ingin memiliki privasi lebih, Teman Traveler bisa menginap di akomodasi jenis villa. Memang sih untuk akomodasi di Pulau Nusa Lembongan ini sedikit lebih mahal dari Pulau Bali. 

lem_7_nNB.JPG
Menu Makanan Warung Made (c) Helga Christina/Travelingyuk

Untuk makanan, harga di pulau ini memang lebih mahal. Tapi ada juga kok tempat makan ala warung yang memiliki budget backpacker dan bisa Teman Traveler pilih. 

4. Atraksi Wisata

lem_1_MdI.JPG
Laut yang Jernih (c) Helga Christina/Travelingyuk

Di Nusa Lembongan ini enaknya memang rata-rata tempat wisata gratis tiket masuk tanpa biaya parkir. Untuk tempat tempat wisata kebanyakan pantai karena destinasi ini masih bersih dan indah sehingga Teman Traveler bisa menikmati keindahan bawah lautnya yang masih bagus dan asri.

lem_2_PTC.JPG
Pantai Pasir Putih (c) Helga Christina/Travelingyuk

Selain pantai, di sini juga ada wisata sejarah dan budaya seperti si gale-gale, ataupun Teman Traceler bisa juga mencoba mengelilingi hutan mangrove. Untuk mengelilingi hutan ini tipsnya adalah langsung nego dengan yang membawa sampan, biasanya 1 sampan itu bisa didapatkan dengan harga Rp100.000, dari pada ikut tour mangrove harganya bisa 2 x lipat loh.

Nah itulah beberapa hal yang bisa Teman Traveler persiapkan sebelum berkunjung ke Nusa Lembongan ini. Persiapkan lebih awal agar liburan maksimal dan tidak teeganggu. Next

ramadan

Written by Helga Christina

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

Deretan Pantai Menawan di Semenanjung Malaya

Berburu Spot Instagramable di Panorama Bukit Pabangbon Leuwiliang Bogor