in , ,

Liburan Sambil Bernostalgia di Pantai Indah Popoh Tulungagung

Liburan Sambil Bernostalgia di Pantai Indah Popoh Tulungagung

dsc00798_lBo.jpg
Nuansa Pantai Popoh (c) Akbar Dedy P/Travelingyuk

Berkunjung ke selatan kota Tulungagung, provinsi Jawa Timur, memiliki beragam pantai siap menjadi tempat sempurna menghabiskan waktu di akhir pekan. Salah satu yang terbaik dari beragam pantai yang di lewati selama menyusuri jalur selatan, tentu adalah Pantai Popoh. Terletak di desa Besole, kecamatan Besuki, menjadi pantai retro yang menyajikan pemandangan eksotis.

Baca juga : Mengunjungi Tempat Ini Serasa Punya Pulau Pribadi

Pantai Jadul

dsc00801_XKp.jpg
Gugusan koral indah (c) Akbar Dedy P/Travelingyuk

Meski pantai tersebut dianggap wisata yang sedikit jadul. Bagi mereka yang lahir diantara tahun 80an atau 90an pasti masih ingat, betapa populernya pantai Popoh tersebut. Tidak hanya padat oleh kehadiran para wisatawan dari luar kota, menyaksikan turis asing menyusuri toko oleh-oleh di sekitar sana menjadi pemandangan sehari-hari.

Sedikit mengajak kita bernostalgia kembali, meluangkan waktu untuk berkunjung ke pantai yang pernah besar bersama perusahaan rokok dari kota sendiri, Minamata, tidak salah sekiranya masih menghadirkan remang pesona alam magis, menawan memunculkan kembali nostalgia tersendiri bagi penikmat alam tak kala datang akhir pekan.

Keindahan Pantai Popoh

dsc00774_9jr.jpg
keindahan pantai (c) Akbar Dedy P/Travelingyuk

Pantai yang berjaya bersama perusahaan rokok lokal Minamata ini terlihat masih dikelola dengan baik, sehingga wahana mainan anak-anak, homestay, kawasan toko aneka kuliner dan kerajinan khas pantai, sampai panggung hiburan masih berdiri kokoh. Selain fasilitas wisata, juga ada beberapa spot wisata menawan yang menjadi alternatif, salah satunya adalah Komplek Retjo Sewu. Merupakan rumah bagi 299 patung Retjo Dwarapala, ikon penjaga kota yang gagah perkasa. Di tempat itu juga terdapat kawasan palereman Kanjeng Ratu Kidul yang membuat pantai lebih khas sebagai kawasan lingkar laut selatan.

dsc01326_5Dg.jpg
taman anak (c) Akbar Dedy P/Travelingyuk

Pantai yang khas dengan bibir berupa karang berwarna hijau ini sangat istimewa. Selain terkenal dengan keindahan alamnya, destinasi Pantai Popoh turut dikenal menjadi rute utama untuk menuju destinasi wisata selatan lain yang dapat di akses melalui jalan utama yang ada di pantai ini.

dsc00774_mhO.jpg
retjo sewu (c) Akbar Dedy P/Travelingyuk

Yang dapat diakses langsung dari Pantai Popoh adalah pantai Sidem dengan bendungan Niyamanya, Pantai Coro dengan tebing Banyumulok, sampai tebing laut bebas yang biasanya dipakai sebagai tempat pelarungan abu penganut ajaran agama Hindu.

Beberapa Hal Menarik di Pantai Popoh

dsc00806_nHm.jpg
penyewaan perahu (c) Akbar Dedy P/Travelingyuk

Jika Teman Traveler bosan duduk di pantai, bisa menyewa perahu dengan membayar Rp15.000 untuk menjelajahi pesisir dengan durasi waktu 1 jam sekali perjalanan. Banyak juga pernak-pernik kerajinan tangan buatan warga sekitar yang cocok menjadi oleh-oleh.Selain itu aneka sajian kuliner bertema seafood dapat dicicipi di sini. Jangan takut mengenai harga, semua yang ada disini dijamin murah dan tidak bikin kantong bolong.

dsc01328_uCP.jpg
Penjual ikan (c) Akbar Dedy P/Travelingyuk

Keindahan pantai ini akan terus terjaga jika Teman Traveler tetap menjaga kebersihan dan semua wahana di sini. Jangan pernah merusak ataupun memnbuang sampah sembarangan di sini ya. Next

ramadan
Sunrise Terlihat dari Dalam Kereta

Serunya Melihat Sunrise dari Dalam Kereta Api Tumapel Malang Surabaya

10 Kuliner Jepang Ini Jadi Apa Ya di Indonesia?