in , , , ,

Nikmati Senja di Pantai Kuri Sulawesi yang Menawan

Keindahan Sunset di Sulawesi Selatan yang Masih Asri di Pantai Kuri Maros

Pantai Kuri (c) Saadduddin/Travelingyuk

Selain Rammang-rammang dan Bantimurung, Maros juga punya Pantai Kuri. Berpasir putih yang dihiasi dengan gugusan batu unik dan eksotik. Mau ke sini?

Baca juga : Filosofi Kopi, Berawal dari Film Menjadi Bisnis Kedai Kopi yang Menjanjikan

1. Pantai Berlempengan

Keindahan Senja (c) Saadduddin/Travelingyuk

Kota Maros, Sulawesi Selatan punya objek wisata pantai yang sangat indah. Tidak hanya hamparan pasir putih, bentangan bebatuan yang tepat berada di bibir pantai menjadikan objek wisata ini berbeda dari yang lainnya.

Pantai Kuri terletak di Dusun Kuri Caddi, Desa Nisombalia, Kecamatan Marusu, Maros, Sulawesi Selatan. Di pantai ini, Teman Traveler bisa melihat gemerlap Kota Makassar dari jauh karena memiliki laut yang berbatasan langsung dengan wilayah Makassar. 

Tidak banyak yang tahu, bagaimana lempengan bebatuan di bibir pantai itu ada, padahal pegunungan sangat jauh dari lokasi wisata ini. Namun, diyakini jika bebatuan itu berasal dari magma gunung merapi dan telah ada sejak ribuan tahun silam. Saat air surut, gundukan batu sangat jelas terlihat hingga ke pantai.

2. Pemandangan Asri & Instagramable

Pohon di Tengah Pantai (c) Saadduddin/Travelingyuk

Wisata ini merupakan salah satu spot foto andalan fotografer lanscape di Makassar karena memiliki POI (Point off Interest) berbeda dan unik yang tidak di miliki oleh pantai lain. Seperti pohon jomblo yang tumbuh di antara terumbu karang. Batuan yang rapi dan alami serta sunset yang tidak terhalang apapun membuat pantai ini wajib dikunjungi.

Selain itu, masyarakat lokal menggunakan alat yang ramah lingkungan dan menjaga lingkungan pantai agar tetap asri. Meskipun tidak jarang sampah plastik dari Makassar datang membanjiri lokasi itu.

Lokasi ini paling cocok digunakan untuk ngecamp karena saat sore dan pagi, Teman Traveler bisa menikmati pemandangan yang memukau. Masuk ke wilayah ini masih gratis sehingga cukup bawa makanan saja.

3. Dekat Kota Makassar

Lingkuran Pantai yang Asri (c) Saadduddin/Travelingyuk

Perjalanan ke pantai ini, terbilang cukup mudah karena jaraknya dekat dari Kota Makassar dan Kota Maros. Jika dari jalan Tol Ir Sutami, Teman Traveler bisa masuk ke Jalan Poros Pattene. Dari situ, jaraknya hanya sekitar 7 kilometer. Hanya saja, ada sekitar 1 kilometer jalan yang masih sempit dan rusak.

Tahun ini, Pemerintah Kabupaten Maros telah menganggarkan lanjutan pembangunan jalan beton sampai ke objek wisata itu. Hal itu di lakukan agar wisatawan lebih mudah mengakses jalan dan bisa menjadikan wisata ini lebih dikenal.  Next

ramadan

5 Wisata Alam Ini Dianggap Paling Angker di Indonesia, Berani Masuk?

4D3N Di Jepang, 10 Hal Seru yang Bisa Dilakukan Di Nagoya