in ,

5 Wisata Alam Ini Dianggap Paling Angker di Indonesia, Berani Masuk?

Telusuri alam Nusantara yang misterius

Indonesia terkenal karena memiliki banyak tempat mistis. Berbagai macam pantangan dan mitos menyertai destinasi tersebut. Penasaran di mana saja? Berikut Travelingyuk sajikan 5 wisata alam yang dianggap paling angker di Indonesia.

Baca juga : Gaya Foto Pakai Floaties yang Keren dan Tidak Norak

1. Alas Purwo, Banyuwangi, Jatim

Image may contain: tree, plant, sky, outdoor and nature
Alas Purwo via Instagram/adityagusetyawan

Tempat wisata alam yang berlokasi di Banyuwangi ini sejak dulu dipercaya sebagai tempat kerajaan makhluk halus yang sangat luas. Konon, siapa saja yang masuk ke dalamnya tidak akan bisa keluar lagi. Kalau pun bisa keluar, orang tersebut akan mengalami kesialan, seperti kecelakaan. 

Di samping itu, hutan ini juga punya gua yang dinamakan Gua Istana. Menurut warga sekitar, gua ini dulunya pernah digunakan Ir. Soekarno untuk bertapa. Kebiasaan tersebut diteruskan oleh beberapa orang yang ingin mencari wangsit. Biasanya, kegiatan ini dilakukan pada saat 1 Suro.

2. Gunung Bukit Raya, Kalbar

Hutan Bukit Raya
Gunung Bukit Raya via Instagram/uubed

Terletak di Kalimantan Barat, gunung ini nampak sangat menantang dan layak untuk didaki. Namun di balik pesonanya, kawasan ini menyimpan aura magis yang besar. Sudah menjadi tradisi bahwa pendaki yang ingin naik ke Bukit Raya harus mengikuti ritual Ngukuih Hajat. Tujuannya untuk memperkuat niat dan semangat agar perjalanannya lancar tanpa halangan.

Selain itu, jika mendaki ke Gunung Bukit Raya, kalian harus memperhatikan alas kaki yang dipakai. Kalau tidak, siap-siap mendapat serangan halus dari hewan pengisap darah bernama pacet. Ukurannya kecil seperti cacing, namun ia mampu menyedot darah kalian dalam jumlah besar, loh!

3. Danau Laut Tawar, Aceh

Image may contain: mountain, sky, cloud, outdoor, nature and water
Danau Laut Tawar via Instagram/yunand_argayota

Konon, danau yang cantik nan indah ini dihuni oleh dua makhluk halus. Ada Putri Ijo yang katanya menyerupai putri duyung dan Lembide sebagai makhluk penghisap darah manusia. Bahkan hampir setiap tahun selalu ada korban yang tenggelam di Danau Laut Tawar dan ditemukan kehabisan darah.

Untungnya, ada penelitian yang mengungkapkan bahwa danau ini punya kedalaman dan suhu air yang berbeda-beda. Maka dari itu, jika tidak punya pengetahuan luas tentang danau ini sangat tidak disarankan untuk berenang sembarangan.

4. Gunung Latimojong, Sulsel

Image may contain: one or more people, people standing, tree, plant, sky, outdoor and nature, wisata alam paling angker
Gunung Latimojong via Instagram/fuad2777

Gunung tertinggi di Sulawesi Selatan ini menyimpan deretan misteri menarik, termasuk yang terkenal adalah Hantu Popo. Makhluk gaib ini konon berwujud manusia yang biasanya terbang di malam hari. Biasanya, ia hinggap di rumah-rumah kaki Gunung Latimojong atau pohon-pohon yang ada di sana.

Sesekali, Hantu Popo akan mengeluarkan suara “Pok…pok…”. Suara yang semakin keras menandakan ia terjatuh dari tempat yang ia hinggap. Sebaliknya, jika suaranya mengecil, maka ia sedang berada dekat sekali dengan kita. 

5. Danau Degeli Jagali, Papua

wisata alam paling angker
Danau Degeli Jagali via Flickr

Wisata alam ini terletak di sekitar Puncak Carstensz, Jayawijaya, Papua. Destinasi ini kerap mendapat julukan ‘danau jahat’ dari warga setempat karena bisa mencelakakan orang. Jika ada orang yang berbuat tak sepantasnya ketika melewati danau, misalkan berteriak, merusak alam, tidak mengucapkan permisi, atau marah-marah, dia akan mati dalam waktu dekat.

Bisa jadi karena jatuh di gunung, terkena hujan es, atau tenggelam di danau. Maka dari itu, siapapun yang hendak melintas di danau ini harus bersikap sopan dan menjaga tutur kata serta perilakunya.

Itulah tadi sederet destinasi wisata alam yang dianggap paling angker di Indonesia. Berani masuk ke dalamnya? Next

ramadan

Paralayang Batu, Nikmati Keindahan Kota Malang yang Menawan

Nikmati Senja di Pantai Kuri Sulawesi yang Menawan