in , , , , , ,

Pantai Kuta Lombok, Tujuan Favorit Wisatawan

Nikmati Liburan dengan Suguhan Alam Terbaik dari Lombok di Pantai Kuta Mandalika

Foto dari Atas Bukit (c) Khairunnas Mauliah/Travelingyuk

Lombok merupakan salah satu destinasi wisata yang bisa dibilang sudah mendunia. Tidak heran kenapa banyak orang ingin berlibur ke Pulau Eksotik ini. Selain alamnya yang sangat indah, banyak pantai menakjubkan yang tidak kalah indahnya dengan pantai di daerah lain.

Baca juga : Chinatown Bandung, Secuil Tiongkok di Kota Kembang

1. Kisah di Balik Nama Mandalika

Ikon Kuta Mandalika (c) Khairunnas Mauliah/Travelingyuk

Salah satunya adalah Pantai Kuta yang berlokasi di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Wisata ini memiliki garis pantai kurang lebih sepanjang 7,2 kilometer. Di sebelah barat pantai terdapat sebuah bukit yang dinamai Bukit Mandalika. Nama ini diambil dari cerita rakyat masyarakat setempat tentang seorang putri bernama Mandalika yang memiliki wajah sangat cantik, sehingga banyak laki-laki yang ingin mempersuntingnya. Namun, untuk menghindari perselisihan dan sakit hati, Putri Mandalika akhirnya memilih untuk menerjunkan dirinya ke laut dan berubah menjadi “Nyale”.¬†

Nah, jika berada di puncak Bukit Mandalika, Teman Traveler akan melihat pemandangan Pantai Kuta yang terbentang indah, dengan air laut yang bening, bahkan indahnya terumbu karang pun terlihat.

2. Aktivitas dan Keunikan Pantai

Pantai Pasir Putih (c) Khairunnas Mauliah/Travelingyuk

Jarak Pantai Kuta Lombok dengan Kota Mataram sekitar 72 Kilometer atau sekitar 1,5 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat. 

Selain menikmati deburan ombak dan indahnya pemandangan laut pantai Kuta, Teman Traveler juga bisa melakukan aktivitas wisata lainnya seperti menyelam, berselancar, atau berenang karena ombak tidak terlalu besar. Keunikan yang ada di pantai Kuta Lombok ini adalah pasir pantainya yang relatif besar dan berbentuk seperti merica. 

3. Fasilitas

Ada Beberapa Batu di Pantai (c) Khairunnas Mauliah/Travelingyuk

Fasilitas yang ada di kawasan pantai Kuta terbilang sangat lengkap, mulai dari toilet umum, tempat bermain anak, pusat perbelanjaan, hotel, restaurant, dan masjid juga ada. Tidak jauh dari pantai terdapat pusat oleh-oleh sehingga Teman Traveler bisa membeli berbagai macam jenis kerajinan khas Lombok seperti gelang, kalung, gantungan kunci, tas, baju, topi, kain sarung, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Selain itu, Pantai Kuta juga memiliki fasilitas penyewaan sepeda. Sehingga Teman Traveler bisa mengelilingi dan menyusuri kawasan Mandalika. Sensasi menggunakan sepeda di pinggir pantai lebih indah dibanding keliling menggunakan motor.

4. Spot Foto Keren

Terdapat Beberapa Perahu Nelayan (c) Khairunnas Mauliah/Travelingyuk

Spot foto di wisata ini juga cukup bervariasi. Teman Traveler bisa mengabadikan moment di atas bukit Mandalika, atau di bebatuan yang menyatu dengan laut. Selain itu, terdapat gedung yang bentuknya cukup unik. Bangunan ini menjadi daya tarik pengunjung untuk berfoto dan sekaligus menjadi icon Pantai Kuta Lombok.

Itulah sejarah singkat dan beberapa yang bisa Teman Traveler lakukan di Pantai Kuta Lombok. Tertarik? Yuk masukkan ke list liburan Teman Traveler tahun ini. Next

ramadan

4 Minuman Warna Biru di Pasar Inis, Tampilannya Bikin Gemes

Museum Pendidikan Surabaya, Mengulik Sejarah Tentang Sekolah