in , , , ,

Mengeksplor Ngobaran Yogjakarta, Pantai dengan Suguhan Pura Eksotik Layaknya Bali

Pantai Penghasil Indah dengan Pemandangan Rumput Laut di Jogja

Pantai Ngobaran Yogyakarta (c) Alviani Suwoko/Travelingyuk
Pantai Ngobaran Yogyakarta (c) Alviani Suwoko/Travelingyuk

Bila membahas pantai-pantai indah di Yogyakarta, sepertinya tidak akan ada habisnya. Satu lagi wisata pantai di Daerah Jogja yang sangat unik. Pantai tersebut ialah Ngobaran yang begitu menarik, karena di wisata ini terdapat pura yang menjadi tempat ibadah umat Hindu, sedangkan di dekat pura juga terdapat juga mushola yang digunakan untuk tempat beribadah umat Islam.

Baca juga : Spot Wisata Instagenic di Tulungagung, Nggak Perlu Bingung Kalo Mau Photoshoot

Keunikan Pantai Ngobaran

Pura di Dalam Pantai Ngobaran (c) Alviani Suwoko/Travelingyuk
Pura di Dalam Pantai Ngobaran (c) Alviani Suwoko/Travelingyuk

Hal yang unik dari mushola ini adalah menghadap kearah Selatan, namun para penduduk tetap melakukan ibadah sholat dengan menghadap ke kiblat. Sebelahnya juga sering dipergunakan
untuk upacara ritual penganut aliran kejawen. Bila Teman Traveler mengambil kesimpulan, Pantai Ngobaran mempunyai simbol toleransi yang begitu kuat. Wisata ini juga merupakan salah satu pantai yang begitu eksotik, bila air laut sedang surut, Teman Traveler bisa melihat hamparan rumput laut yang sangat cantik, mulai dari warna cokelat hingga hijau.

Hamparan Alga yang Tumbuh di Sela Karang (c) Alviani Suwoko/Travelingyuk
Hamparan Alga yang Tumbuh di Sela Karang (c) Alviani Suwoko/Travelingyuk

Hamparan alga yang tumbuh di sela karang juga terlihat seperti sawah yang berada di wilayah padat penduduk. Teman Traveler bisa melihat keindahan ini ketika naik di atas bukit. Puluhan binatang laut juga nampak di sela karang, bukan hanya satu atau dua, namun ada begitu banyak macam binatang laut yang lain. Teman Traveler bisa menemukan landak laut, kerang, dan masih banyak lagi yang lainnya. Dijamin Teman Traveler akan betah menghabiskan waktu seharian di Pantai Ngobaran.

Pintu Masuk Kawasan Pantai Ngobaran (c) Alviani Suwoko/Travelingyuk
Pintu Masuk Kawasan Pantai Ngobaran (c) Alviani Suwoko/Travelingyuk

Ketika tiba di kawasan Pantai Ngobaran, Teman Traveler akan disambut dengan suasana mistis di pantai. Ada begitu banyak abu menyan serta wewangian yang kadang melintasi hidung. Hal ini sebenarnya wajar karena banyak bangunan yang dipergunakan untuk bersemedi, bertirakat hingga bersembahyang. Saat berjalanan di tepi pantai, Teman Traveler akan melewati sebuah gapura yang terdiri dari tembok yang melingkar, mirip dengan bangunan pura.

Arca Syiwa, Ganesha, Wisnu (c) Alviani Suwoko/Travelingyuk
Arca Syiwa, Ganesha, Wisnu (c) Alviani Suwoko/Travelingyuk

Di bagian dalam terdapat patung serta arca yang disusun dengan membentuk formasi. Beberapa arca mungkin tidak asing lagi bagi Teman Traveler karena bentuknya sangat mirip dengan arca Syiwa, Ganesha, Wisnu, dan yang lainnya.

Menelusuri Keindahan Pantai Ngobaran

Keindahan Pantai Ngobaran (c) Alviani Suwoko/Travelingyuk
Keindahan Pantai Ngobaran (c) Alviani Suwoko/Travelingyuk

Posisi bangunan kejawen yang berada di tepi pantai serta atas tebing memang mengingatkan Teman Traveler pada Pura Uluwatu yang berada di Bali. Sehingga, kawasan sekitar Pantai Ngobaran sering disebut Balinya Jogja. Jika sampai di Pantai ngobaran saat siang hari, Teman Traveler bisa menikmati segarnya es kelapa muda yang banyak dijual di pinggir Pantai Ngobaran sambil menikmati suasana dan pemandangan indah di sini.

Lokasi dan Harga Tiket

Spot Foto Instagenic (c) Alviani Suwoko/Travelingyuk
Spot Foto Instagenic (c) Alviani Suwoko/Travelingyuk

Lokasi Pantai Ngobaran berada di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Untuk masuk ke area Pantai Ngobaran, Teman Traveler tidak perlu membayar mahal. Tiket masuknya hanya dibanderol dengan harga Rp5.000 per orang. Harga tiket masuk ini tidak termasuk biaya parkir untuk motor yakni sebesar Rp2.000 dan mobil Rp10.000.

Kuliner Pantai Ngobaran

Spot Foto di Luar Pura (c) Alviani Suwoko/Travelingyuk
Spot Foto di Luar Pura (c) Alviani Suwoko/Travelingyuk

Kuliner khas dari Pantai Ngobaran adalah peyek undur-undur laut dan peyek ikan yang sangat renyah dan lezat. Peyek ini dijual dengan harga Rp2.000 per bungkus. Bila sampai di Pantai Ngobaran pada pagi hari, Teman Traveler akan melihat masyarakat sekitar memanen rumput laut. Biasanya, mereka akan menjual rumput laut tersebut di tengkulak dengan harga Rp1.000 hingga Rp1.500 per kilo.

Nah, itulah sedikit ulasan tentang wisata yang mirip dengan salah satu pantai di Bali ini. Tertarik untuk mengeksplor Pantai Ngobaran? Yuk segera atur schedule Teman Traveler. Nikmati keindahan pantainya yang tak kalah cantik dengan Pantai di Bali. Selamat berlibur! Next

ramadan

Wajib Coba! 7 Streetfood Legendaris yang Lezat dan Recommended di Yogyakarta

5 Jembatan Instagenic, Buat Feeds Instagrammu Makin Keren di Spot Menarik Mojokerto