in , ,

Pantai Pancer Dorr, Liburan Tipis-tipis nan Manis di Pacitan

Pesona Alam Memikat di Pantai Pancer Dorr Pacitan

Golden Hour di Pancer Dorr
Golden Hour di Pancer Dorr via Instagram.com/nurulek

Tak punya banyak waktu untuk liburan tapi sudah ngebet ingin mantai? Tenang Teman Traveler, jika kalian sedang berada di Pacitan langsung saja mampir ke Pantai Pancer Dorr. Destinasi cantik ini mudah dijangkau dari pusat kota dan tawarkan banyak aktivitas menarik untuk dicoba. Yuk, simak ulasannya.

Baca juga : Ini Rekomendasi Kopi Sesuai Zodiak, Sudah Coba?

Dekat dari Pusat Kota

psx_20190814_090756_EVk.jpg
Perjalanan menuju pantai (c) Marmur/Travelingyuk

Pancer Dorr merupakan pantai terdekat dari wilayah kota, selain Teleng Ria. Kira-kira hanya butuh perjalanan sekitar sepuluh sampai lima belas menit untuk menuju sini. Teman Traveler bisa menanyakan soal petunjuk arah pada warga sekitar atau mengikuti panduan dari aplikasi Google Maps.

Senja di sekitar Pancer (c) Marmur/Travelingyuk

Tempatnya sangat mudah diakses kok. Teman Traveler bisa datang dengan menumpang motor atau mobil. Selain itu lokasi parkirnya juga cukup luas, di dekatnya ada beberapa saung sederhana yang berfungsi sebagai warung.

Lantaran sangat mudah diakses, Pancer Dorr bisa jadi alternatif tepat buat Teman Traveler yang sedang ingin liburan tipis-tipis. Cukup lakukan perjalanan singkat, kalian sudah bisa langsung nikmati ombak dan segarnya suasana pantai. Makin lengkap jika ditemani es kelapa muda segar dan mie rebus hangat.

Tidak Terlalu Ramai

11380290_1665436600335836_1858248843_n_CTR.jpg
Surfer di Pancer Dorr via Instagram.com/ekocrozher

Pancer Dorr juga cocok buat Teman Traveler yang tidak terlalu suka keramaian. Tempatnya lumayan tenang, pas untuk sejenak kabur dari rutinitas dan menghilangkan penat pikiran. Beda dengan Teleng Ria, jumlah pedagang dan pengunjung di sini relatif lebih sedikit.

Teman Traveler hanya akan melihat beberapa penduduk lokal serta turis asing yang hendak surfing. Ditambah lagi jarak pantai dengan laut agak jauh, dengan hamparan pasir yang lumayan luas. 

Ada Area Surfing

Tidak jauh dari Pancer, Teman Traveler akan temukan spot khusus untuk surfing. Biasanya ada banyak bule menguji kemampuan mereka menunggang ombak di sini. Tempatnya mudah dijangkau kok, hanya berjarak sekitar 200-300 meter dari Pancer.

Tapi ingat ya Teman Traveler, kalian jangan datang di atas pukul 16.00. Bukan apa-apa, jalan menuju spot ini lumayan sepi dan gelap. Selain itu, pada jam-jam segitu para peselancar biasanya sudah selesai latihan.

Teman Traveler tak perlu heran mengapa ada banyak surfer tertarik mampir ke sini. Di sekitar ini ada seorang dokter yang sekaligus instruktur surfing bersertifikat. Jadi banyak orang lantas menghabiskan waktunya untuk mengasah skill berselancar di sini.

Lokasi dan Rute

50593851_835888216743195_6668532805069761739_n_fdD.jpg
Menikmati senja di Pancer Dorr via Instagram.com/zidzone

Bagaimana Teman Traveler, sudah tertarik mampir? Kalian bisa langsung arahkan kendaraan ke kawasan Teleng Ria. Sebelum pintu masuk, kalian bakal menemukan jalur ke arah kiri. Ikuti jalanan tersebut hingga sampai di pintu masuk pantai.

Jauh lebih mudah jika Teman Traveler berangkat dari arah kota. Kalian bisa mengambil JLS (Jalur lintas selatan) dan lanjutkan ke arah kanan. Berikutnya silakan ikuti petunjuk yang tersedia. 

Pancer Dorr berada tepat di sisi timur Teleng Ria. Di depannya membentang luas Samudra Hindia. Tempatnya juga dekat dengan Sungai Grindulu, yang sering digunakan untuk menggelar beragam festival. 

Masih satu kawasan dengan pantai, Teman Traveler juga bisa mampir ke geopark dan bumi perkemahan. Persis sebelum masuk Pancer, kalian akan menemukan petunjuk arah menuju sana. Namun jangan terlalu sore jika ingin berkunjung karena jalanannya bakal lumayan gelap.

Pemandangan dan Fenomena Alam

47434095_1236149779880035_4241058578047866651_n_ILA.jpg
Golden Hour di Pancer via Instagram.com/nurulek

Lantaran berada di sekitar Teluk Pacitan, Teman Traveler akan menemukan banyak pemandangan ombak besar di sini. Melongok ke sisi timur, kalian bakal melihat terlihat deretan tebing yang menjadi pembatas teluk. Kehadirannya jadi panorama tersendiri jika ingin mengambil foto. Tinggal sesuaikan dengan momen dan angle.

Berada di sekitar pantai ini, Teman Traveler sesekali akan mendengar suara melengking. Tenang saja, itu bukan suara mistis kok, melainkan timbul karena ombak yang beradu dengan karang dan angin. Fenomena alam ini sering disebut sebagai Seruling Samudra, biasa terdengar saat laut pasang.

Waktu Tepat untuk Mampir

psx_20190712_070143_uD2.jpg
Jelang senja di Pancer (c) Marmur/Travelingyuk

Waktu terbaik mampir ke Pancer adalah saat sore. Teman Traveler bisa nikmati indahnya pemandangan senja dengan kawasan perbukitan dan tebing di sekelilingnya. Kamu juga bakal dimanjakan pemandangan laut lepas yang luar biasa indah. Bagaimana, tertarik menjelajah wisata Pacitan? Next

ramadan

Written by Marmur

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

Pesona Kutabawa dengan Taman Bunganya, Bikin Betah!

Pantai Boisae

Wisata Pantai Timur Tengah Selatan, Pesona Alam yang Masih Terpendam