in , ,

Pesona Kutabawa dengan Taman Bunganya, Bikin Betah!

Sebuah ulasan di balik indahnya desa Kutabawa

Berada tepat di kaki Gunung Slamet bagian timur menjadikan desa Kutabawa di kecamatan Karangreja, Purbalingga memiliki suasana yang sangat sejuk. Sejauh mata memandang, Teman Traveler bakal dimanjakan dengan pesona Kutabawa yang luar biasa indah. Perkebunan sayur milik warga dan padatnya pepohonan di kanan kiri, ditambah turunnya kabut di sore hari membuat Kutabawa terlihat magis.

Baca juga : Rekomendasi Tempat Makan di Solo, Makanan Khasnya Manjakan Lidah

img_20190921_155405_wv0.jpg
Perkebunan sayur penduduk Kutabawa (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Selain terkenal sebagai salah satu pintu masuk pendakian Gunung Slamet, kini desa Kutabawa makin menarik dengan adanya wisata andalannya, yaitu Kutabawa Flower dan Rainbow Garden. Usianya yang baru seumur jagung tak membuat taman bunga tersebut sepi peminat. Simak yuk ulasan pesona Kutabawa berikut!

Dua Jenis Taman

img_20190921_161301_1_W5c.jpg
Kutabawa Flower Garden berusia lebih tua (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Hal yang perlu Teman Traveler tahu, Kutabawa Flower dan Rainbow Garden merupakan dua taman yang berbeda. Yang berusia lebih tua adalah Kutabawa Flower Garden, sedangkan Kutabawa Rainbow Garden menyusul setelahnya. Kedua obyek wisata ini mengusung tema yang sama, yaitu taman bunga. Lokasinya pun bersebelahan, hanya dipisahkan oleh pagar dan pohon-pohon pisang.

img_20190921_161136_1_uBo.jpg
Pintu masuk Kutabawa Flower Garden (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Meskipun begitu, loket masuk keduanya berbeda. Jadi, jika kamu ingin mengunjungi kedua wisata tersebut, mau tidak mau kamu harus membeli dua buah tiket. Harga tiketnya sendiri sama, yaitu Rp11.500. Adanya dua jenis taman bunga ini membuat Kutabawa makin semarak oleh para pengunjung.

img_20190921_162146_0fA.jpg
Kutabawa Rainbow Garden dari kejauhan (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Sayangnya saya hanya sempat memasuki Flower Garden saja lantaran jam kunjung wisatawan sudah hampir habis. Saya hanya sempat mengintip keindahan Rainbow Garden dari bagian atas Flower Garden.

Berkunjung Saat Pagi atau Sore Hari

img_20190921_161724_iQ3.jpg
Suasana saat sore hari, teduh banget (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Walaupun berada di ketinggian lebih dari 1.500 mdpl dan berhawa sejuk, teriknya matahari siang tetap saja ampuh membakar kulitmu. Karena itulah, berkunjung ke taman bunga di Kutabawa ini baiknya sebelum jam 10 pagi atau setelah jam 3 sore. Tapi, kendala datang saat sore hari, biasanya kabut sudah mulai turun sehingga akan sedikit menghalangi pemandangan taman. Yang jelas, hindari berkunjung antara jam 10.00-15.00, karena jika cuaca cerah, panasnya sinar matahari ampun-ampunan deh.

Beragam Jenis Bunga

img_20190921_161806_7Tk.jpg
Salah satu koleksi bunga (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Mengusung wisata taman bunga, tentu saja Teman Traveler bakal menjumpai aneka jenis bunga di lokasi ini. Sebutlah bunga celosia, bunga cosmos, bunga geranium, bunga dianthus, dan masih banyak lagi. Semua ditanam dan ditata sedemikian rupa sehingga tampak rapi dan indah. Ditambah dengan adanya spot-spot instagenic di beberapa titik, membuat area taman bunga makin menarik dan menjadikan pesona Kutawibawa ini makin cantik.

img_20190921_162055_v4F.jpg
Bunganya sedang tidak begitu lebat (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Seribu sayang, saat kunjungan saya ke Kutabawa Flower Garden, kondisi beberapa bunga sedang dalam masa pembibitan ulang, sehingga warna-warni bunganya kurang begitu meriah. Momen kunjungan saya juga bertepatan dengan musim kemarau. Alhasil tanah di komplek taman tampak kering dan sedikit berdebu.

Wahana di Kutabawa Flower Garden

img_20190921_163340_7d9.jpg
Taman Kelinci dan kursi kayu (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Dengan semakin berkembangnya dan bertambahnya wisatawan di Kutabawa Flower Garden, pengelola menambah beberapa wahana menarik yang bisa Teman Traveler nikmati tanpa dipungut biaya lagi. Sebutlah mini roller coaster, Taman Kelinci, ayunan, spot selfie, dan deretan kursi-kursi kayu dengan sebuah panggung kecil di salah satu sudutnya. Semua wahana baru tadi membuktikan kalau kompleks taman bunga di Kutabawa memang sukses menyihir para wisatawan untuk berkunjung dan tentunya bikin betah.

Sayur dan Buah Segar sebagai Buah Tangan

img_20190921_161055_XiS.jpg
Deretan penjual sayur dan buah segar (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Nah, sebelum beranjak pulang, Teman Traveler bisa menyempatkan membeli oleh-oleh berupa sayuran dan buah-buahan yang dijual di sekitar area parkir Kutabawa Flower Garden. Beberapa diantaranya yaitu kubis, wortel, kentang, tomat, sawi, jeruk, dan nanas madu. Semuanya merupakan hasil dari kebun-kebun warga Kutabawa. Kondisinya dijamin masih segar dan harganya juga terjangkau.

img_20190921_162627_VQQ.jpg
Bikin betah kan? (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Bagaimana, lumayan meracuni Teman Traveler untuk segera gendong ransel lagi kan? Ayo, buruan bikin rencana berwisata ke Purbalingga. Jangan sampai melewatkan untuk berkunjung ke pesona Kutabawa ya! Next

ramadan
Siomay Telkom Kotabaru

Siomay Telkom Kotabaru, Paling Enak di Jogja!

Golden Hour di Pancer Dorr

Pantai Pancer Dorr, Liburan Tipis-tipis nan Manis di Pacitan