in , ,

Pantai Pangumbahan, Indahnya Alam Sukabumi yang Bikin Terpukau

Liburan ke Pantai Pangumbahan, Sekalian Belajar Mengenal Hewan Langka Dilindungi

Pantai Pangumbahan
Pantai Pangumbahan

Selain Ujung Genting dan Pelabuhan Ratu, ada banyak destinasi wisata cantik di Sukabumi, Jawa Barat. Salah satunya Pantai Pangumbahan dengan keindahan pasir berwarna putih. Tak hanya itu, kawasan ini juga dikenal sebagai penangkaran Penyu Hijau (Chelonia Mydas) yang kini mulai punah. Seperti apa menariknya tempat ini? Yuk, simak ulasan dari Kontributor Travelingyuk, Mohammad Guruh.

Baca juga : Warung Nasi Ibu Imas yang Tersohor di Bandung, Sudah Dirintis Sejak 1980-an

Pusat Konservasi Penyu Hijau

Melihat langsung Penyu di pusat konservasi IG @zee_adn
Melihat langsung Penyu di pusat konservasi via [email protected]_adn

Selain untuk wisata, Pantai Pangumbahan juga merupakan destinasi edukasi. Di area ini terdapat pusat konservasi penyu hijau yang masih menjadi bagian dari Geopark Ciletuh – Pelabuhan Ratu. Setiap sore, Teman Traveler bisa melihat atau ikut terlibat melepaskan tukik (bayi penyu) ke laut. Di sini kalian juga bisa melihat lokasi penetasan telur penyu hijau dari pusat konservasi sebelum dilepas ke laut lepas.

Karakteristik Pasir yang Unik

Keindahan pasir pantai Pangumbuhan IG @riswansusanto
Keindahan pasir pantai Pangumbuhan via [email protected]

Tempat wisata di Sukabumi ini terbilang unik karena memiliki hamparan pasir Silika yang putih dan bersih. Umumnya, pasir tersebut dimanfaatkan untuk bahan baku kaca dan keramik. Kandungan silika di sekitar Pangumbuhan sangat tinggi, disebabkan kondisi geografis sepanjang pantai yang merupakan bagian dari komplek batuan tertua di Jawa Barat. Keindahannya tak perlu diragukan lagi, dijamin siapapun betah lama-lama.

Panorama Sunset yang Memukau

Menantikan sunset di pantai Pangumbuhan IG @ajengpuu
Menantikan sunset di pantai Pangumbuhan via [email protected]

Panorama alam yang ditawarkan Pangumbuhan memang menakjubkan. Apalagi ketika senja datang. Di sini juga terdapat area untuk menikmati matahari terbenam. Dengan garis pantai yang panjang, pemandangan menjadi dramatis. Pastinya suasana pun juga terasa makin romantis. Apalagi ditemani secangkir kopi dan bersama orang terkasih. Pesona keindahannya tak perlu diragukan lagi.

Fasilitas dan Tiket Masuk

Pasir putih yang menawan IG @sherlytandayu
Pasir putih yang menawan via [email protected]

Untuk tempat bermalam tak perlu khawatir, ada cukup banyak pilihan. Jika ingin merasakan sensasi berbeda, Teman Traveler bisa mendirikan kemah di sekitar pantai. Pihak pengelola takkan keberatan memberi izin, asalkan kalian menjaga kebersihan.

Tiket masuk kawasan Pantai Pangumbuhan sangat murah, hanya Rp5.000 per orang. Jika ingin melihat langsung penangkaran penyu, diharuskan membayar Rp5.000 per orang. Harga yang sangat murah dan tidak membuat kantong jebol.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai

Bayi Tukik yang di lepaskan IG @ajengpuu
Bayi Tukik yang di lepaskan via [email protected]

Pantai Pangumbuhan berada di Desa Gunung Batu, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. Teman Traveler bisa menuju sini dengan mengikuti arah Ujung Genteng. Jika berangkat dari Jakarta, rute yang dilalui adalah Ciawi – Cicurug – Cibadak – Jampang – Surade – Ujung Genteng. Sementara dari Bandung, rutenya Cianjur – Sukabumi – Jampang – Surade – Ujung Genting. Sangat disarankan membawa kendaraan pribadi karena kendaraan umum belum begitu memadai.

Jadi bagaimana? Berwisata sambil edukasi bisa Teman Traveler lakukan di Pantai Pangumbahan. Jangan lupa ajak teman dan pasangan ya! Next

ramadan

Written by Mohammad Guruh

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

Pantai Parangtritis Telan Korban, Teman Traveler Wajib Perhatikan Tips Ini

Hotel bergaya Eropa di Jogja

Hotel Bernuansa ala Eropa di Jogja, Tidur Bak Raja dan Ratu di Kota Gudeg