in , ,

Pantai Samas, Panggung Senja Tersembunyi di Selatan Jogja

Habiskan Hari dengan Antar Mentari ke Peraduannya

Foto siluet di Pantai Samas
Foto siluet di Pantai Samas (c) Andika Rochman/Travelingyuk

Pesona alam Jogjakarta seolah tak ada henti-hentinya memanjakan para wisatawan. Salah satunya bisa Teman Traveler nikmati di Pantai Samas, sebuah destinasi alam di Sogo Sanden, Desa Srigading, Kec. Sanden, Kab. Bantul. Meski jarang dijamah, nyatanya panggung senja tersembunyi ini suguhkan panorama luar biasa eksotis yang dijamin tak mengecewakan. Berikut ulasan lengkapnya.

Baca juga : Tempat Menginap Sekitar Alun-alun Utara Jogjakarta, Nggak Akan Ketinggalan Perayaan Sekaten!

Murah Namun Mewah

img_6458_GA6.JPG
Peta Pantai Samas (c) Andika Rochman/Travelingyuk

Pantai Samas berjarak kurang lebih 30 km dari pusat Jogja dan dapat ditempuh sekitar 1 jam perjalanan dengan menumpang sepeda motor. Aksesnya sendiri sangat mudah, dengan permukaan jalan yang sudah diaspal halus. Sebagai bonus, sepanjang perjalanan Teman Traveler bakal dimanjakan pemandangan sawah dan kebun bunga matahari yang luar biasa Instagenic.

Destinasi alam ini juga bisa dibilang cukup murah meriah. Tiket masuknya hanya dibanderol Rp4.000 per orang, belum termasuk biaya parkir antara Rp2.000 hingga Rp5.000. Dengan bujet segitu, kalian sudah bisa menikmati keindahan pantai sepuasnya, plus mengakses fasilitas seperti toilet, warung sederhana, mushola, dan area parkir luas. 

Jadi Tempat Ritual Adat

img_1494__1__fvp.jpeg
Pemandangan di sekitar pantai (c) Andika Rochman/Travelingyuk

Tak hanya sebagai tempat wisata, Pantai Samas juga kerap jadi saksi bisu digelarnya ritual adat Upacara kitab Tumuruning Maheso Suro dan Labuhan Sedekah Laut. Kedua tradisi ini kerap dihelat pada malam 1 Suro. Tujuannya tak lain untuk mensyukuri berkat dari Tuhan Yang Maha Kuasa, sekaligus permohonan untuk kebaikan di masa mendatang.

Dilarang Berenang

Buat Teman Traveler yang berniat datang ke sini untuk berenang, sebaiknya pikir dua kali ya. Pantai di kawasan selatan Pulau Jawa dikenal punya ombak tinggi, dengan gulungan yang cukup ganas. Samas bukan pengecualian. Oleh karena itu, pengunjung di sini dilarang berenang maupun bermain air untuk menghindari hal-hal tak diinginkan.

Namun jangan khawatir Teman Traveler, bukan berarti kalian tak bisa berbasah ria ya. Di sekitar pantai terdapat pertemuan laut dan sungai yang membentuk telaga. Kalian boleh mandi-mandi di sini, namun tetap ekstra hati-hati ya.  

Panggung Senja Memikat

img_9525_4I8.jpeg
Pemandangan senja di sekitar pantai (c) Andika Rochman/Travelingyuk

Pesona senja memang tak pernah gagal memikat siapapun. Tenggelamnya mentari di balik cakrawala kerap hadirkan nuansa syahdu yang bikin hati dan pikiran jadi tenang. Nah, di Samas para pengunjung bakal dimanja panorama sunset yang luar biasa mempesona.

Tak heran jika tempat ini lantas banyak dikunjungi anak muda dan para pemburu senja. Lokasinya memang sangat cocok untuk menikmati pemandangan mentari terbenam maupun berfoto ria. Apalagi warga dan pengelola sudah sediakan beberapa spot menarik dan unik untuk dieksplorasi. Cukup bayar seikhlasnya, Teman Traveler sudah bisa berpose sepuasnya.

Tips Berfoto

img_9541_tXW.jpeg
Foto siluet di Samas (c) Andika Rochman/Travelingyuk

Untuk mendapat foto senja yang mengagumkan, alangkah baiknya jika Teman Traveler membawa kamera profesional plus tripod. Kondisi langit yang cerah juga akan sangat membantu. Dengan kata lain, pastikan kalian berangkat terlalu mepet.

Terlepas dari agenda foto-foto, jangan lupa siapkan tubuh. Pastikan berada dalam kondisi prima agar perjalanan dan semua aktivitas terasa lebih menyenangkan. Jangan lupa istirahat cukup sebelum memulai perjalanan.

Itulah sedikit ulasan mengenai Pantai Samas, sebuah panggung senja tersembunyi di daerah Bantul. Adakah di antara Teman Traveler yang sedang liburan ke Jogja dan tertarik mampir ke sini? Next

ramadan
Pemandangan Danau Linow

Danau Linow, Nikmati Keindahan Tomohon dalam Balutan Kesejukan

9 Keunikan Kuala Lumpur yang Wajib Diketahui Sebelum Traveling ke Sana