in , , , , ,

Deburan Ombak Sangar Pantai Sanggar yang siap Menyambar

Saksikan Amukan Ombak dari Pantai Sanggar Tulungagung

Bibir Pantai Sanggar (c) Ilham Ageng/Travelingyuk

Sebagai kabupaten yang berbatasan dengan Samudera Indonesia, Tulungagung memiliki banyak pantai potensial untuk dijadikan destinasi wisata. Salah satunya adalah Pantai Sanggar di Desa Jengglungharjo, Kecamatan Tanggunggunung. Saking indahnya, kawasan ini sampai kerap dijuluki ‘The Dreamland of Tulungagung’ lho. Yuk, simak ulasan lengkapnya.

Baca juga : Kumpulan Gereja di Hakodate, Tampil Lebih Indah dan Mempesona Setelah Kebakaran Melanda

Dekat Banyak Pantai

Bermain di Pantai saat Senja (c) Ilham Ageng/Travelingyuk

Pantai Sanggar berada tak jauh dari Pantai Sine. Keduanya terpisah jarak kira-kira 3 km. Secara lokasi, Sanggar memang berdekatan dengan banyak pantai keren di Tulungagung. Salah satunya adalah Pantai Pathok Gebang di sisi barat. Kawasan ini memiliki fenomena ombak menabrak karang, dengan tinggi menjulang antara 15-20 m. Selain itu masih ada juga Pantai Sine yang jaraknya kurang lebih 2,5 km.

Menuju Sanggar

Ombak Menabrak Karang (c) Ilham Ageng/Travelingyuk

Jalan menuju Sanggar hampir sama seperti pantai-pantai lain di Kecamatan Tanggunggunung. Dari pusat kota, Teman Traveler bisa arahkan kendaraan ke Kecamatan Campurdarat. Begitu sampai di pertigaan pasar, langsung belok kiri ke arah Pantai Popoh.

Setelah kurang lebih 7 km, Teman Traveler akan menemukan pertigaan SMAN 1 Campurdarat. Dari sini ambil lajur kiri dan ikuti terus jalan paling lebar hingga sampai di Pasar Tanggunggunung. Berikutnya, lurus hingga SMPN 1. Tak lama setelah menemukan pertigaan, ambil arah kanan.

Setelah menempuh perjalanan panjang, Teman Traveler akan sampai di kampung terakhir yang ditandai dengan gapura bertuliskan Pantai Sanggar. Setelah sampai di gapura, terus saja hingga menemukan mushola di kanan jalan. Gang ke Pantai Sanggar berada di samping mushola karena jalan sempit dan terjal. Oleh karena itu, hanya sepeda motor yang bisa masuk.

Tips Sebelum Masuk ke Pantai

Menikmati Senja (c) Ilham Ageng/Travelingyuk

Untuk mencapai pantai ada dua pilihan, pertama memarkir sepeda motor di warung setelah masuk gang, yang kedua adalah membawa sepeda motor sampai bibir pantai. Kalau cuaca cerah, pengunjung bisa memarkir sepeda motor ke pantai, tetapi jalannya cukup terjal dan sulit.

Ketika tanah basah setelah diguyur hujan, lebih dianjurkan untuk memarkir kendaraan di warung walaupun jalan menuju pantai masih jauh. Salah satu alasan Pantai ini jarang dikunjungi yaitu akses jalan untuk sampai di lokasi cukup terjal walau jalan sudah beraspal. Tak hanya itu saja, bila datang ke Pantai Sanggar, Teman Traveler tak dapat membawa kendaraan yang beroda lebih dari dua. Melewati akses jalan yang disediakan hanya dapat memakai kendaraan roda dua seperti motor saja, itu pun harus berhati-hati.

Nah itulah beberapa informasi terkait Pantai Sanggar The Dreamland of Tulungagung. Semoga bisa menjadi referensi wisata pantai untuk Teman Traveler yang akan berlibur di Tulungagung. Next

ramadan

Pahawang, Lambang Keindahan Bawah Laut Dunia di Lampung

Laba-laba Kuning Halal yang Bikin Ketagihan