in , , , , ,

Pahawang, Lambang Keindahan Bawah Laut Dunia di Lampung

Liburan Ala Luar Negeri di Pulau Pahawang Lampung

Pesona Bawah Laut (c) Arif Hasbullah/Travelingyuk

Lampung belakangan banyak menjadi perbincangan di social media karena keindahan bawah lautnya yang masih asri layaknya Raja Ampat Sumatra. Pulau Pahawang menjadi destinasi favorit kalangan anak muda maupun keluarga untuk berlibur, khususnya untuk diving karena Teman Traveler bisa melihat keindahan batu karang dan ikan-ikan yang bertebaran sambil ber selfie ria.

Baca juga : Bakso Kikil dan Urat Srengat Indah Blitar, Gurihnya Nagih Banget

Pulau ini dibagi menjadi 2 bagian, yaitu Pulau Pahawang Kecil dan Pulau Pahawang Besar. Puau pahawang kecil hanya diperuntukkan untuk relaksasi para pengunjung yang ingin berjemur ditemani desiran ombak. Sedangkan Pulau Pahawang Besar memiiki fasilitas lebih lengkap dengan spot diving yang keten tentunya.

Lokasi Pulau Pahawang

Cottage in Pahawang Island via Shutterstock

Pulau Pahawang adalah nama desa sekaligus pulau di Kecamatan Marga Punduh, Kabupaten Pesawaran, Lampung, Indonesia. Pulau ini memiliki sejuta pesona yang tidak kalah menarik dengan obyek wisata lainnya. Beberapa tahun belakangan, wisata ini mulai sering dilirik untuk dimasukkan dalam setiap penawaran paket wisata yang ada di Lampung. Paket wisata ke tempat ini menjamur dengan berbagai varian harga dan fasilitas yang disediakan, ditawarkan oleh biro perjalanan wisata yang memanfaatkan pesona bawah laut sebagai daya jual kepada customers.

Rute Menuju Pulau Pahawang

Snorkeling (c) Arif Hasbullah/Travelingyuk

Banyak rute yang biasa Teman Traveler lalui untuk menuju pulau ini, mulai dari Transit Pantai Mutun, Sariringgung, ataupun Dermaga Ketapang.

Berikut rute menuju Pulau Pahawang dengan Transit di Pantai Sariringgung. Dari Kota Bandar Lampung, Teman Traveler bisa menggunakan kendaraan pribadi menuju Pantai Sariringgung, dengan estimasi waktu 2-3 jam tergantung seberapa padat jalanannya.

Setelah sampai di Pantai Sariringgung, Teman Traveler harus memarkirkan kendaraan. Kemudian mencari perahu untuk menyebrang ke Pulau Pahawang. Pantai Sariringgung buka 24 jam, jadi Teman Traveler tidak perlu khawatir tentang kendaraan yang diparkirkan. Jangan lupa untuk membawa semua barang yang dibutuhkan ke pulau pahawang. Jarak Pulau Pahawang dari Pantai Sariringgung cukup jauh.

Fasilitas dan Prasarana

Bawah Laut Pahawang (c) Arif Hasbullah/Travelingyuk

Beberapa fasilitas yang bisa Teman Traveler nikmati di pulau ini adalah musholla, foodcourt, banana boat, donat boat, paket snorkeling, toilet, dan puluhan cottage yang disewakan untuk Teman Traveler yang ingin menginap.

Wisata Weekend

Pahawang Island via Shutterstock

Menginap di Pulau Pahawang tentu ha yang menarik dan spesial. Pulau yang berpenghuni ini menawarkan suasana yang menenangkan. Teman Traveler bisa menyewa penginapan di Pahawang, atau bisa juga menginap di penginapan milik warga yang biasanya dibandrol dengan harga yang
relatif lebih murah. Semuanya berada di Pulau Pahawang besar, karena menurut rumor yang beredar pemiik Pahawang kecil adalah orang asing, jadi Teman Traveler tidak bisa sembarang masuk, selain hanya sekedar bersantai di pantainya.

Penginapan di Pulau Pahwang ini memiliki space yang bervariasi, mulai dari 6-11 orang tergantung seberapa besar ruangannya. Jadi, pintar-pintar Teman Traveler dalam mengatur keperluan berdasarkan jumlah teman yang ikut.

Kisaran Biaya

Biaya parkir/penitipan kendaraan di Pantai Sariringgung : Rp10.000/motor dan Rp30.000/mobil

Biaya Sewa Perahu PP Pantai Sariringgung-Pulau Pahawang : Rp500.000/kapal dengan daya tampung 10-11 orang

Biaya Masuk : Rp30.000 hingga Rp50.000/orang

Sewa Snorkeing : Rp50.000/paket

Penyewaan Penginapan : Rp500.000 hingga Rp1.000.000/unit , dengan daya tampung hingga 9 orang

Banana Boat : Rp200.000/unit, dengan kapasitas 6 orang

Berwisata ke Pulau Pahawang  dengan durasi lebih dari 24 jam, mungkin ini bisa menjadi salah satu pilihan liburan Teman Traveler berikutnya. Teman Traveler akan dibawa untuk menyaksikan keindahan bawah laut yang menakjubkan dan suasana pantai yang masih asri. Setelah itu, Teman Traveler beristirahat sambil menikmati suasana malam pantai dan membakar beberapa ikan untuk disantap. Next

ramadan

Bubur Ayam, Sarapan Nikmat di Patangpuluhan Yogyakarta

Deburan Ombak Sangar Pantai Sanggar yang siap Menyambar