in , ,

Pantai Sedahan, Kemping Ceria Ditemani Milky Way di Gunungkidul

Bermalam Ditemani Indahnya Milyway di Pantai Sedahan

Gunungkidul merupakan salah satu kabupaten di Jogjakarta yang dikenal punya banyak pantai indah. Beberapa bahkan bisa dibilang tersembunyi karena jarang dijamah wisatawan. Salah satu yang cukup recommended untuk disambangi dan bahkan bisa dijadikan tempat kemping adalah Pantai Sedahan.

Baca juga : De Kleine Batu, Kafe Unik ala Swiss di Kota Apel

Pantai Tersembunyi

dscf1517_wTB.JPG
Menikmati pesona Sedahan (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Sedahan merupakan salah satu pantai tersembunyi yang berada di sisi timur Pantai Wediombo, tepat di sebelah Pantai Greweng. Destinasi ini terbuka untuk umum, namun tempatnya memang sedikit tersembunyi. Teman Traveler harus berjalan kaki sekitar 40 menit dari tempat parkir sebelum bisa sampai di tujuan utama.

img_1235_JNZ.JPG
Menikmati api unggun di Sedahan (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Destinasi yang masih jarang disambangi turis ini juga terkenal sebagai surga pemancing. Tak sedikit wisatawan rela datang jauh-jauh hanya untuk menguji kemampuan memancing di sini.

Tak hanya itu, kawasan di sekitar sini memang tidak terlalu luas namun tetap asyik untuk dijadikan lokasi kemping. Teman Traveler bisa merasakan serunya sensasi menyatu dengan alam di Sedahan.

Cocok untuk Kemping

dscf1356_BFN.jpg
Banyak wisatawan mendirikan tenda (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Suasana sepi dan lingkungan yang masih sangat alami menjadi daya tarik tersendiri bagi Sedahan. Tak hanya itu, pantai ini juga diapit dua tebing tinggi yang membuatnya terlihat sangat unik. Teman Traveler bisa bayangkan betapa asyiknya menghabiskan malam di sini bersama para sahabat dekat?

dscf1458_O6U.jpg
Milkyway di Sedahan (c) Nurlaili S/Travelingyuk
dscf1387_BZO.jpg
Menghabiskan malam di Sedahan (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Berada jauh dari hiruk pikuk kota membuat pantai ini jadi minim polusi cahaya. Bisa banget jadi alternatif buat Teman Traveler yang ingin berburu foto milkyway sembari kemping. Tapi jangan lupa perhitungkan faktor cuaca ya. Jangan sampai perjalanan kalian jadi sia-sia karena cuaca sedang mendung atau tidak bersahabat. Jadi gagal deh mengabadikan indahnya langit bertabur bintang.

Rute Menuju Pantai

dscf1529_Zm0.JPG
Nikmati suasana (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Sedahan masuk dalam wilayah Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo. Masih satu jalur dengan Pantai Wediombo dan Jungwok di Kabupaten Gunungkidul. Untuk menuju sini, Teman Traveler cukup arahkan kendaraan menuju Wediombo dan parkir di sekitar sana. Setelah itu lanjutkan perjalanan dengan trekking melewati perbukitan dan ladang-ladang penduduk.

Lelah selama perjalanan takkan terlalu terasa karena Teman Traveler bakal dimanja banyak pemandangan indah. Begitu sampai di sebuah gua kecil dengan mata air, kalian bisa ambil jalur kiri. Beberapa menit berselang, kalian akan sampai di Pantai Sedahan yang sepi dan tersembunyi.

dscf1484_quH.JPG
Kemping di pinggir pantai (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Oh ya, buat Teman Traveler yang berniat kemping di Sedahan, siapkan biaya retribusi sebesar Rp10.000 per tenda. Sementara untuk tiket masuknya, kalian cukup siapkan Rp5.000 per orang. Oh ya, masih ada biaya parkir sebesar Rp5.000 ya. Pastikan kalian membawa uang cukup sebelum mampir ke sini.

Tips Kemping di Sedahan

dscf1493_NlN.JPG
Berfoto ria di sekitar pantai (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Perjalanan menuju Sedahan cukup menguras tenaga. Sebelum berangkat, sebaiknya Teman Traveler memperhatikan beberapa hal penting. Pertama, pastikan tubuh dalam kondisi prima. Berikutnya, pastikan daya peralatan elektronik seperti ponsel, kamera, dan powerbank dalam kondisi terisi penuh, meskipun sinyal di pantai akan sering terputus.

Masak-masak selama kemping bakal jadi aktivitas menarik. Oleh karena itu, Teman Traveler perlu menyiapkan semua bahan dan bumbu
yang diperlukan. Jangan lupa juga membawa peralatan sesuai kebutuhan.

Terakhir, pikirkan juga kemungkinan cuaca buruk agar Teman Traveler bisa memperkirakan peralatan lain yang perlu dibawa. Siapkan jas hujan atau cover ekstra jika memang dirasa perlu.

Itulah sedikit pengalaman kemping ceria di Pantai Sedahan, sebuah destinasi tersembunyi di sudut Gunungkidul. Buat Teman Traveler yang ingin menepi sejenak dari suasana bising kala menjelajah wisata Jogja, tempat ini bisa jadi pilihan. Selamat berlibur! Next

ramadan

Uniknya Festival Nadran, Mengarak Ratusan Patung di Cirebon

Salah satu sudut Museum Zoologi Bogor

Museum Zoologi Bogor, Ada Kerangka Mamalia Terbesar Bumi!