in , ,

Mengikuti Jejak Para Laskar Pelangi di Pantai Tanjung Tinggi Belitung

Pantai Tanjung Tingii
Pantai Tanjung Tingii

Apabila Teman Traveler sedang berjalan-jalan ke Belitung, jangan lupa mampir ke Pantai Tanjung Tinggi.

Baca juga : Pesona Pantai Gondo Mayit yang Tak Seseram Namanya

Jika Teman Traveler pernah menyaksikan film Laskar Pelangi, tentu sudah tidak asing lagi karena beberapa adegan adalam film tersebut mengambil latar di pantai yang indah ini.

Berpose di atas batuan besar (c) Helga Christina/Travelingyuk

Tidak dapat dipungkiri memang setelah hadirnya film Laskar Pelangi, Belitung mendapatkan banyak pengaruh positif terutama pada sisi pariwisata. Kini tidak lagi dikenal oleh masyarakat lokal, namun hingga mancanegara.

Unik, di Pantai Tanjung Tinggi banyak sekali batu-batuan granit besar yang membuatnya berbeda dengan pantai yang lain. Batu-batuan ini juga bisa menjadi spot foto yang instagramable.

Lokasi Pantai yang Mudah Dijangkau

C:\Users\User\Pictures\2017\Belitong SSR (March 2017)\20170316_153641.jpg
Banyak batuan besar di Pantai Tanjung Tinggi (c) Helga Christina/Travelingyuk

Salah satu pantai kebanggaan Kabupaten Belitung ini terletak 30 km dari pusat Kota Tanjung Pandan. Lokasinya sangat mudah di jangkau. Hanya perlu sekitar 30 menit berkendara dari pusat kota Tanjung Pandan, dan sekitar 1 jam dari Bandara Hananjudin, Tanjung Pandan.

Tidak hanya menyoal pernah menjadi tempat syuting film Laskar Pelangi, Pantai Tanjung Tinggi ini memang sangat indah. Hamparan pasir putih dan air laut yang berwarna hijau tosca dihiasi bebatuan besar menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Bersantai di bawah payung (c) Helga Christina/Travelingyuk

Meski cukup mudah untuk dijangkau tapi saya menyarankan Teman Traveler yang tidak membawa kendaraan pribadi untuk menggunakan jasa rental mobil. Karena sangat sulit untuk mencari transportasi umum di Belitung. Pilihan lainnya adalah menggunakan jasa sewa sepeda motor. Dijamin tetap seru!

Apa yang Bisa Dilakukan di Pantai Tanjung Tinggi?

Pantai Tanjung Tinggi berbentuk teluk kecil yang memiliki panjang sekitar 100 meter. Karena berbentuk teluk, ombaknya relatif kecil. Tapi Teman Traveler tetep harus berhati-hati kalau tidak ingin tersengat ubur-ubur yang ada.

Selain berfoto, banyak hal lain yang bisa kamu lakukan di pantai ini. Kamu bisa menyusuri pantai dengan berjalan sembari menikmati pasir putihnya yang sangat lembut. Jangan lupa pakai sunblock, ya!

Memanjat bebatuan tinggi (c) Helga Christina/Travelingyuk

Selain itu kamu juga bisa menaikin batu-batu granit besar yang ada di pantai. Tapi tetap hati-hati ya, jangan sampai kamu jatuh karena batunya cukup licin. Bebetuan granit di pantai ini terkenal karena ukurannya yang sangat besar. Beberapa batu disini nampak sangat eksotis dengan ukurannya kira-kira setara rumah 2 lantai.

Tidak perlu takut panas, kamu bisa juga berteduh di bawah bebatuan yang membentu formasi seperti atap. Banyak pula pepohonan dan jasa sewa payung pantai. Laut dan ombaknya yang tenang juga memungkinkan bagi Teman Traveler untuk bermain air dan berenang.

Berpose lucu (c) Helga Christina/Travelingyuk

Kalau mau mencari, masih banyak spot menarik untuk berfoto dengan gaya lucu hingga keren.

Tidak perlu khawatir kelaparan, di sini banyak warung milik warga sekitar yang menjual makanan dan minuman, yang tak boleh ketinggalan saat ke pantai tentunya es kelapa! Wajib sekali masuk daftar tempat yang harus dikunjungi ketika ke Belitung. Next

ramadan

Written by Helga Christina

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

Museum Kereta Api

Berwisata ke Museum Kereta Api Indonesia, Bisa Sekalian Naik Kereta Uap

Tokomono Bali

Tokomono Bali, Cafe Serba Lengkap Mulai Dari Makan Hingga Olahraga