in , ,

Pantai Teluk Penyu, Nikmati Sunrise Ciamik di Pesisir Selatan Cilacap

Menikmati Senja Memesona di Pantai Teluk Penyu Cilacap

Pantai Teluk Penyu
Pantai Teluk Penyu (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Jika Teman Traveler berkesempatan mampir ke Cilacap, kalian bisa mengunjungi Pantai Teluk Penyu. Tak seperti kebanyakan pantai, destinasi satu ini tampak eksotis dengan hamparan pasir berwarna hitam. Berjarak kurang lebih dua kilometer dari pusat kota, seperti apa menariknya wisata kebanggaan Cilacap ini? Yuk, simak ulasannya.

Baca juga : Monumen Jogja Kembali, Menambah Wawasan Sejarah Nusantara

Sejarah Teluk Penyu

img_20190919_054834_yhZ.jpg
Gerbang masuk pantai (c) Intan Deviana/Travelingyuk
img_20190919_062934_3bH.jpg
Deretan perahu nelayan (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Mungkin sudah ada banyak Teman Traveler yang bertanya-tanya, mengapa pantai ini diberi nama penyu. Menurut cerita warga setempat, dulunya ada banyak penyu hidup dan berkembang biak di sini. Namun seiring padatnya kapal bongkar muat dan tongkang di Pelabuhan Tanjung Intan, hewan-hewan cantik tersebut akhirnya bermigrasi Bali dan Lombok.

Pantai Berpasir Hitam

img_20190919_055958_m5A.jpg
Pantai mengandung bijih besi (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Bibir pantai ini dihiasi hamparan pasir hitam yang membentang luas dari selatan hingga utara. Tak sekedar nampak eksotis dan unik, kabarnya pasir di sini juga mengandung bijih besi. Hmm, sebuah pemandangan yang cukup unik untuk sebuah pantai ya Teman Traveler.

img_20190919_055827_rdB.jpg
Sarang kepiting kecil (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Uniknya lagi, di sepanjang hamparan pasir di sini Teman Traveler bisa jumpai banyak lubang mungil tempat bersarang kepiting kecil. Jika beruntung, kalian bisa bertemu kawanan mereka yang tengah masuk sarang atau saling berkejaran. Lantaran ukurannya benar-benar mungil dan berwarna hitam keabuan, kalian harus benar-benar jeli memperhatikan.

Belasan Trek Dam

img_20190919_060041_U2p.jpg
Salah satu dari track dam di Teluk Penyu (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Satu lagi yang khas dari Pantai Teluk Penyu adalah keberadaan belasan track dam atau pemecah gelombang kokoh di sepanjang garis pantai. Struktur unik ini membentang sejauh kurang lebih 100 meter ke arah laut lepas.

img_3978_KB3.JPG
Bagian bawah track dam (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Meski memiliki fungsi utama sebagai pemecah ombak, track dam ini sering jadi spot favorit warga Cilacap untuk memancing. Ketika laut sedang tidak pasang, mereka bakal habiskan waktu dengan menunggu kail disambar ikan di sekitar sini. Bagaimana, Teman Traveler tertarik melakukan hal serupa di sini?

Pulau Nusakambangan

img_20190919_064123_FtR.jpg
Pulau Nusakambangan berada dekat Teluk Penyu (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Pesona lain Teluk Penyu hadir lewat keberadaan Nusakambangan di sisi selatan. Pulau yang dikenal sebagai lokasi penjara untuk narapidana kelas kakap ini terlihat jelas dari kawasan pesisir. Jika punya waktu lebih, Teman Traveler bisa sewa perahu dan minta diantar menyeberang ke sana. Tarifnya sekitar Rp200.000 untuk perjalanan pulang pergi dan satu perahu sanggup menampung hingga sekitar delapan orang.

Sunrise di Teluk Penyu

img_20190919_055305_uyy.jpg
Sunrise di Teluk Penyu (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Ada sedikit tips buat Teman Traveler yang ingin menikmati keindahan Teluk Penyu secara maksimal. Usahakan datang saat fajar agar kalian bisa mengagumi cantiknya pemandangan matahari terbit di sekitar sini.

Meski pantainya berpasir hitam dan terlihat sedikit kotor, namun pantai ini tetap punya sunrise memesona. Teman Traveler pasti betah berlama-lama mengagumi keindahannya. Jangan lupa pula untuk abadikan momen di sini ya.

img_20190919_055722_BWt.jpg
Bikin betah kan (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Keuntungan lain datang sedari fajar adalah Teman Traveler tak perlu membayar retribusi karena loket pintu masuk masih tutup. Kalian bisa menjelajah seluruh wilayah Teluk Penyu tanpa biaya sepeser pun. Asyik, kan?

img_20190919_060850_OxU.jpg
Spot swafoto (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Nah, bagaimana Teman Traveler, makin penasaran dengan pesona Pantai Teluk Penyu? Jangan lupa mampir jika kalian sedang berwisata di Cilacap ya. Rasakan suasana syahdu yang bikin ampuh bikin pikiran rileks, apalagi tempat ini masih jarang dijamah wisatawan lho. Next

ramadan
Museum Sandi Jogja

Museum Sandi Jogja, Yuk Rasakan Serunya Belajar Bahasa Rahasia

Batun Bedil

Mengenal Kue Asli Indonesia, Kenyal Manis Khas Nusantara