in , ,

Pantai Timang, Uji Adrenalin di Gondola Melintas Lautan

Menikmati Pesona Eksotis Pantai Timang di Sudut Gunung Kidul

Naik gondola Pantai Timang
Naik gondola Pantai Timang (c) Muhamad Zayl/Travelingyuk

Pantai biasanya identik dengan atmosfer santai. Cocok untuk berjemur sambil lupakan penat akan rutinitas harian. Namun di Pantai Timang Gunung Kidul, Teman Traveler justru akan diajak menguji adrenalin di atas gondola melintas lautan. Seperti apa serunya wisata Jogja satu ini? Yuk, simak ulasannya.

Baca juga : Air Terjun Oehala Bertingkat Tujuh di Pulau Timor, Bikin Kamu Susah Move On

Pantai Eksotis nan Terpencil

920368a3_c1c4_4518_a0f9_a77b45646a4d_hSS.jpeg
Panorama Pantai Timang (c) Muhamad Zayl/Travelingyuk

Berada di wilayah Kabupaten Gunung Kidul, Pantai Timang merupakan salah satu yang terbaik di Jogja. Lingkungannya dipenuhi gugusan karang dan perbukitan indah. Tak heran jika destinasi ini lantas cukup populer di kalangan turis lokal dan mancanegara. Bahkan aktor ternama Korea Selatan, Lee Kwang Soo, tercatat pernah menginjakkan kaki di sini.

Destinasi eksotis ini cukup terpencil dan lumayan jauh dari kota. Rute perjalanannya juga tidak mudah. Sebelum dikenal sebagai destinasi wisata unggulan, kawasan ini lebih kondang sebagai tempat berburu lobster oleh warga sekitar. Oleh karena itu, tak sedikit pula yang menyebutnya sebagai Pulau atau Pantai Lobster.

Ombak Ganas

5fd75ac2_77c2_4ee1_a885_cc77293bd61a_3Vi.jpeg
Hantaman ombak hasilkan semburan air (c) Muhamad Zayl/Travelingyuk

Jalan-jalan di sini, Teman Traveler harus ekstra hati – hati. Selain lingkungan sekitarnya berupa karang tajam dan licin, ombak di pantai ini juga sangat ganas, dengan ketinggian bisa mencapai empat meter. Hal ini akibat dorongan angin, sehingga menghasilkan semburan air yang cukup tinggi. Meski sedikit menyeramkan, hal ini sebenarnya justru jadi suatu tontonan menghibur. Namun ingat, tetap hati – hati yah.

Uji Nyali Menaiki Gondola

9c6a04b5_242b_4f4f_b5f1_6f91a7340236_Mqv.jpeg
Gondola tradisional yang menuju Bukit Karang (c) Muhamad Zayl/Travelingyuk

Selain ombak ganas, Teman Traveler juga bisa menguji adrenalin lewat wahana khusus di sini. Kalian boleh coba naik gondola yang dihubungkan dengan tali tambang saja. Ukurannya lumayan mungil, hanya cukup untuk satu orang.

Gondola tradisional ini bakal mengantar wisatawan ke bukit karang di seberang pantai, yang sekaligus merupakan habitat lobster. Sebelumnya transportasi sederhana ini berfungsi sebagai transportasi warga lokal yang ingin memanen lobster. Namun karena banyak pengunjung yang tertarik mencoba, akhirnya disulap menjadi wahana wisata.

sederhana ini berfungsi sebagai transportasi warga lokal yang ingin memanen lobster. Namun karena banyak pengunjung yang tertarik mencoba, akhirnya disulap menjadi wahana wisata.

Hingga tulisan ini dibuat, gondola Pantai Timang masih digerakkan menggunakan tenaga manusia. Masing-masing operator menarik dan mengulur tambang dari dua arah untuk membuat gondola menyebrang ke tujuan.

Teman Traveler juga bisa menjajal melintasi jembatan gantung yang tak kalah ekstrem. Jembatan ini merupakan cara alternatif untuk menyeberang ke bukit karang. Selama perjalanan, kalian bakal melihat betapa dahsyatnya ombak pantai beradu dengan karang tajam di bawahnya.

Bersantai di Pantai

1847db48_037e_4bfb_8ef2_5f8309e59509_67u.jpeg
Bersantai di dekat Pantai Timang (c) Muhamad Zayl/Travelingyuk

Beres menguji adrenalin di Pantai Timang, Teman Traveler bisa menjajal sensasi liburan yang lebih kalem. Di sekitar sini masih ada kawasan pesisir dengan ombak tenang kok. Kalian bisa bebas berfoto dan menikmati suasana santai di sekitar sini. Pasirnya halus dan meski tempatnya tidak terlalu luas, sudah cukup untuk merilekskan pikiran.

20190822_225427067_ios_dGQ.jpg
Olahan laut (c) Muhamad Zayl/Travelingyuk

Jika perut sudah mulai keroncongan, Teman Traveler bisa mampir ke salah satu warung yang sediakan aneka makanan dan minuman. Kalian bisa pesan aneka olahan laut untuk menemani waktu santai. Dijamin memuaskan dan bakal jadi pengalaman liburan yang tak terlupakan deh.

Akses dan Rute

5e29b39c_1d72_4df1_9630_bdac8142d275_29q.jpeg
Pantai Timang Gunung Kidul (c) Muhamad Zayl/Travelingyuk

Pantai Timang terletak di Pedukuhan Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Akses menuju sini cukup sulit karena jalannya masih dilapisi batu kapur. Jika berangkat dari arah kota, Teman Traveler bisa menggunakan bantuan Google Maps. Arahkan kendaraan ke Pantai Baron.

Begitu sampai di Pantai Baron, ubahlah lokasi tujuan ke Pantai Timang. Namun hati-hati, karena kadang titik lokasi yang ditunjukkan GPS tidak begitu akurat. Jangan lupa bertanya pada warga sekitar untuk memastikan Teman Traveler sudah di jalur yang benar.

Kurang lebih 3 km sebelum Pantai Timang, Teman Traveler akan temukan menemukan sebuah pangkalan ojek dan mobil Jeep. Kalian harus berhenti di sini dan menyewa kendaraan. Bukan apa-apa, dari sini menuju lokasi utama jalurnya cukup sulit dilalui dan membutuhkan kendaraan khusus.

Bujet Mahal

Teman Traveler harus sediakan dana cukup lumayan untuk bisa menikmati segala keseruan di Pantai Timang. Masuk lokasi memang tidak ada tiket masuk, namun kalian harus siapkan biaya Rp50.000 untuk sewa ojek atau Rp350.000 untuk naik mobil jip. Sementara untuk akses wahana jembatan gantung dan gondola, masing-masing dibanderol Rp100.000 dan Rp350.000.

Itulah sedikit ulasan mengenai Pantai Timang. Jika Teman Traveler berniat merasakan sensasi keseruan yang berbeda saat sedang menjelajah wisata Jogja, boleh coba mampir ke sini. Selamat jalan-jalan! Next

ramadan

Kenali Perbedaan Wisata Religi, Syariah, dan Halal Biar Gak Salah Paham!

Destinasi Wisata di Slovenia (c) Anggi Paramita Travelingyuk

10 Destinasi Wisata di Slovenia, Wajib Masuk List Itinerari