in , ,

Pasar Baru Jakarta, Menariknya Sisi Lain Ibu Kota

Menelusuri Jejak Sejarah Ratusan Tahun di Pasar Baru Jakarta

Pasar Baru Jakarta
Pasar Baru Jakarta (c) Putu Rima/Travelingyuk

Liburan ke Jakarta kerap identik dengan jalan-jalan ke mall besar. Namun jika Teman Traveler ingin melihat sisi unik ibu kota, cobalah mampir ke kawasan Pasar Baru Jakarta. Sembari melihat beberapa jejak sejarah masa lalu, kalian bisa memburu aneka benda antik dan mencicipi sejumlah kuliner legendaris.

Baca juga : Jalur Trans Papua Hampir Jadi, Banyak Objek Wisata Memikat Menanti Dikunjungi

Ada Sejak Zaman VOC

lrm_export_1590740509054_20190926_220032948_ENn.jpeg
Pintu masuk Pasar Baru (c) Putu Rima/Travelingyuk

Kawasan ini memiliki nuansa yang cukup unik. Harmonisme budaya Tionghoa, India, dan Melayu-nya benar-benar terasa. Begitu pula dengan jejak sejarahnya. Tak heran, mengingat kawasan yang dulunya bernama Pasar Baroe ini sudah ada sejak masa VOC pada 1820.

Gapura Pasar Baru yang nampak menjulang tinggi merupakan salah satu warisan dari zaman tersebut. Selain itu, beberapa bangunan di sini juga mengusung gaya klasik ala Tiongkok dan Belanda. Semuanya masih dipertahankan dan berdiri kokoh hingga kini. Tak heran jika kawasan ini juga kerap jadi favorit bagi para fotografer untuk berburu gambar keren.

Mudah Diakses

lrm_export_42722709657750_20190926_210349257_4sX.jpeg
Suasana di dalam pasar (c) Putu Rima/Travelingyuk

Kawasan perdagangan tertua di Jakarta ini bisa Teman Traveler temukan di Jalan Pasar Baru, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sawah BesarJakarta Pusat. Sangat mudah diakses dengan menumpang kendaraan umum.

Buat Teman Traveler yang memilih menumpang KRL Commuter Line, bisa mengambil jurusan Jakarta Kota lalu turun di Stasiun Juanda. Berikutnya, cukup berjalan kaki 15 menit untuk sampai ke Pasar Baru.

Jika ingin menumpang bus Trans Jakarta, Teman Traveler tinggal ambil jurusan ke arah Pasar Baru. Begitu turun di halte, kalian tinggal berjalan kaki selama kurang lebih lima menit untuk sampai tujuan utama.

Wisata Belanja

lrm_export_42821556879294_20190926_210528105_M8t.jpeg
Wisata belanja (c) Putu Rima/Travelingyuk

Kawasan ini juga merupakan salah satu dari banyak surga belanja di Jakarta. Beragam barang bisa Teman Traveler temukan di sini, mulai dari alat dapur, perhiasan, jam, pakaian, sepatu, tas, alat elektronik, hingga alat alat musik. Kalian juga bakal mendapati deretan toko tekstil dan garmen di sini.

Beberapa barang biasanya dijual dengan harga miring. Tak heran jika kawasan ini lumayan digandrungi para wisatawan dan warga ibu kota. Banyak yang datang untuk sekedar melengkapi kebutuhan rumah tangga maupun berburu oleh-oleh.

Mencicipi Wisata Kuliner

img_0517_Nn1.JPG
Tahu Gejrot (c) Putu Rima/Travelingyuk

Daerah ini juga bisa jadi pilihan tepat buat Teman Traveler yang ingin berwisata kuliner. Banyak rumah makan berusia puluhan tahun bisa ditemukan di sini. Salah satunya adalah Bakmi Gang Kelinci yang telah eksis sejak 1957.

img_0518_nzj.JPG
Street food khas Indonesia (c) Putu Rima/Travelingyuk

Teman Traveler juga bisa temukan aneka jajanan kaki lima nikmat seperti tahu gejrot. Semuanya dibanderol dengan harga murah dan menawarkan cita rasa khas Indonesia yang nikmat luar biasa.

Bagaimana Teman Traveler, tertarik mampir? Jika kalian sedang wisata ke Jakarta, jangan cuma mampir ke mall saja ya. Cobalah menelusuri beberapa wilayah yang punya nilai historis dan keunikan seperti Pasar Baru Jakarta. Selamat jalan-jalan! Next

ramadan
Kaca Coffee & Eatery

Kaca Coffee & Eatery, Sudah ‘Ngaca’ Belum?

Kuliner Murah Santapan Mahasiswa UGM, Ada yang 6 Ribuan